Harga Daging Burger Bernardi (Ayam dan Sapi)

Hamburger atau burger adalah sejenis berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua lalu diolesi dengan saus berupa mayones, saus tomat, saus sambal, dan mustard. Lalu kedua irisan roti itu ditumpuk dan diisi dengan steak cincang, selada, tomat dan bawang bombay.

Burger Bernardi (sumber: Pinterest)

Burger Bernardi (sumber: Pinterest)

Ada banyak cerita tentang asal mula hamburger. Salah satunya mengatakan, cikal bakal hamburger adalah makanan khas bangsa Tartar di Asia Tengah. Makanan itu berupa daging cincang mentah yang diberi air perasan jeruk. Resep makanan ini kemudian dibawa oleh pelaut Jerman ke negaranya. Karena Hamburg merupakan kota pelabuhan terbesar di Jerman, maka makanan khas Tartar itu menyebar di Hamburg. Namun, orang Hamburg tidak suka makan daging mentah. Sebelum memakannya, mereka menggoreng atau memanggang makanan tersebut menjadi steak.

Pada masa itu banyak penduduk Hamburg yang mengembara ke Amerika Serikat. Di sana mereka memperkenalkan steak daging cincang itu. Orang Amerika menyukainya. Mereka memakannya bersama roti seperti sandwich. Mereka menyebutkan hamburger. Artinya makanan yang berasal dari Hamburg. Banyak orang mengira, hamburger berarti makanan yang mengandung ham (daging asap). Mereka keliru. Nyatanya, makanan ini tidak mengandung ham.

Hamburger menjadi makanan khas Amerika Serikat. Setara dengan sushi makanan khas Jepang, kebab makanan khas Turki, dan pasta makanan khas Italia. Begitu sukanya orang Amerika Serikat makan hamburger, sampai hamburger di Amerika Serikat dalam setahunnya jumlahnya tinggi sekali. Katanya, jika hamburger itu dibariskan, maka panjangnya sama dengan 3,5 kali keliling Bumi.

Kini hamburger sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Tanah Air. Hamburger juga makin bervariasi. Salah satu variannya adalah cheeseburger, yaitu burger yang diberi lembaran keju. Di Indonesia sendiri ada begitu banyak franchise yang menawarkan sajian burger.

Salah satu bagian yang terpenting dalam hamburger sendiri adalah daging. Ada banyak merek daging burger yang ada di , salah satunya adalah Bernardi. Tak hanya terkenal dengan sosis yang lezat, daging burger Bernardi juga dipilih karena rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau.

Sajian burger Bernardi (instagram: @bernardimakassar)

Sajian burger Bernardi (instagram: @bernardimakassar)

Bernardi sendiri merupakan pertama yang melakukan pengolahan daging broiler di daerah Jawa Timur. Hal lain yang berkesan dalam sejarah adalah kisah Burger Bernardi. Banyak masyarakat yang tidak tahu, Bernardi adalah pelopor burger di Surabaya dan sekitarnya jauh sebelum waralaba makanan cepat saji Amerika masuk ke Indonesia. Mulai tahun 1989 lewat merek ‘Burgeria’, Bernardi memperkenalkan burger dari rumah ke rumah dengan becak burger.

Di tahun 1989 berdirilah PT. Eloda Mitra, di mana perusahaan ini kemudian melebarkan sayap ke industri pengolahan daging, , dan bakery dengan hasil produksinya yang menggunakan merek Bernardi. Divisi bakery pun semakin berkembang dan berhasil, bukan hanya memproduksi bun burger tetapi berhasil menciptakan produk cake dengan skala industri yaitu Gold Cake. Produk tersebut dipasarkan dengan merek Rious dan mendapat respon yang sangat baik dari pelanggan.

Seiring dengan itu, penelitian dalam produk bakery terus dilanjutkan untuk menciptakan dan menghasilkan produk-produk unggul. Hingga saat ini pun, Bernardi tetap melakukan penelitian dan improvisasi produk secara terus-menerus dan berkelanjutan, mengingat kualitas dan inovasi merupakan nilai utama perusahaan.

Sebagai informasi, daging burger Bernardi tersedia dalam dua yakni daging sapi dan daging ayam. Keduanya dikemas dalam 3 kemasan berbeda, mulai dari kemasan 250g, 325g (10 biji), dan 475g (isi 12 biji). Banderol harganya bervariasi, mulai Rp38 ribuan hingga Rp 86 ribuan.

Baca juga  Info Harga Menu Ice Cream Sundae McD dan KFC
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Daging Burger Bernardi (Ayam dan Sapi)"