Harga Cordless Drill Bosch (Semua Tipe)

Selain dengan kabel, saat ini sudah tersedia mesin bor tanpa kabel, atau kerap disebut cordless drill. Peralatan tersebut kini semakin dilirik karena menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemudahan pengoperasian, performa yang unggul, hingga portabilitas untuk segala lingkup pekerjaan. Di sendiri, ada banyak merk yang telah merilis varian bor tersebut, termasuk Bosch, dan ditawarkan dengan harga yang sebenarnya cukup terjangkau.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin bor. Mesin bor adalah sebuah mesin dengan gerakan memutarkan alat pemotong dengan arah pemakaian mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut (pengerjaan pelubangan).[1] Seperti namanya, mesin ini digunakan untuk mengebor atau membuat lubang berbentuk bulat pada lembaran kerja.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Seorang Pria Menggunakan Cordless Drill Bosch (credit: ecmag)
Ilustrasi: Seorang Pria Menggunakan Cordless Drill Bosch (credit: ecmag)

Ada banyak jenis mesin bor yang telah tersedia di pasaran dalam negeri. Mesin bor tangan misalnya, adalah varian yang sering dipakai, yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran mata bornya. Kemudian, ada mesin bor impact, yang hampir mirip dengan mesin bor tangan, tetapi mampu bergetar dan memiliki getaran yang cocok untuk melubangi dinding.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Varian lainnya adalah mesin bor SDS+, yakni mesin bor dengan mode penggunaan dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan, di antaranya mode putaran saja atau mode putaran yang disertai getaran (impact). Ada pula mesin bor magnet, yang seperti namanya, mesin bor yang sudah dilengkapi dengan magnet sebagai perekat di sisi besi yang akan dibor, yang biasanya digunakan melubangi material yang tempatnya sulit dijangkau mesin bor duduk biasa.[2]

Apa Itu Cordless Drill?

Model lainnya yang saat ini semakin dipilih banyak orang adalah cordless drill, yakni mesin bor tanpa kabel yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Peminat mesin ini semakin meningkat karena menawarkan sejumlah kelebihan, termasuk penggunaan yang mudah, kinerja yang lebih unggul, hingga portabilitas untuk segala jenis pekerjaan. Tidak hanya itu, mesin bor ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obeng listrik, dengan cara hanya memasangkan mata obeng.

Kerap juga disebut sebagai bor baterai, cordless drill umumnya digunakan untuk mengebor material aluminium, besi, serta kayu. Produk ini biasanya juga sudah didukung sistem keyless (tanpa kunci) serta pengatur torsi yang dapat memudahkan untuk penyekrupan. Ada pula fungsi kecepatan yang dapat diatur, dan jika tombol switch off atau mati, mesin bor langsung berhenti berputar, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Ilustrasi: Salah Satu Varian Produk Cordless Drill Bosch (credit: protoolreviews)
Ilustrasi: Salah Satu Varian Produk Cordless Drill Bosch (credit: protoolreviews)

Varian Cordless Drill Bosch

Tidak sulit menemukan cordless drill karena sudah banyak merk yang merilis produk tersebut, termasuk Bosch. Brand ini pun memiliki sejumlah tipe cordless drill, salah satunya Bosch Cordless Drill Driver GSB 1080-2-LI. Produk dengan berat sekitar 1 kg ini dikatakan memiliki kecepatan tanpa beban 0 hingga 380 per 1300 rpm, serta torsi terukur hingga 30 Nm.

Produk berikutnya adalah Bosch GSB 120 Li, sebuah cordless drill yang didukung sejumlah fitur menarik. Varian ini membawa rotasi maju dan mundur untuk memasukkan dan melepas sekrup, chuck kunci otomatis 1 hingga 10 mm, serta kontrol rpm yang mudah dan tepat berkat kecepatan variabel. Tidak hanya itu, Bosch GSB 120 Li juga memiliki torsi yang dioptimalkan untuk obeng dan kecepatan untuk pengeboran berkat gearbox planetary 2 kecepatan, serta pergantian aksesori yang mudah karena adanya keyless chuck.

Model yang lebih canggih, ada Bosch GSR 18-V-EC, sebuah cordless driver yang sudah didukung baterai Li-ion berkapasitas 12 Volt, dengan chuck capacity sebesar 1 hingga 10 mm. Produk ini memiliki torsi 15/30 m, no-load speed 0 – 400/0 – 1300 rpm, serta jangkauan pengeboran 10 sampai 30 mm. Fitur lainnya termasuk internal hexagon tool holder 1/4 inch, flexiclick system, metal gear, fleksibilitas system.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Cordless Drill Bosch

Tipe Cordless Drill Bosch Harga
Bosch GSB 120 Li Cordless Drill Driver Rp1.472.000
Bosch GSB 1080-2-Li Cordless Drill Driver Rp2.621.260
Bosch GSR 12V-15 FC Cordless Drill Driver Rp4.480.000
Bosch GSR 18-V-EC Cordless Drill Driver Rp6.160.000

Harga cordless drill buatan Bosch di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan teknik dan beberapa situs online. Perlu Anda catat bahwa harga cordless drill Bosch tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga alat di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Ferdianto, Muhammad. 2020. Pengoperasian Perawatan dan Perbaikan Mesin Bor di Kapal Motor Dharma Kencana PT. Janata Marina Indah (Karya Tulis). Universitas Maritim AMNI, hlm. 4.

[2] Purnama, Jaka, Bambang Setyono, Hanif Amrullah. 2016. Perancangan Mesin Bor Magnet Pendekatan Ergonomi untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi. Prosiding Seminar Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK (Sendi_U).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *