Update Harga Kompor Gas Quantum 1 Tungku Semua Tipe

Kompor gas 1 merupakan pilihan yang menarik bagi rumah tangga yang tidak terlalu sering memasak di rumah serta mereka yang tinggal di kost atau kontrakan. Selain lebih praktis, kompor gas satu tungku umumnya juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak merk yang dapat dipilih, termasuk Rinnai, PROGAS, Maspion, hingga Quantum.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kompor gas. Sejak konversi ke bahan gas, kompor ini menjadi pilihan utama banyak masyarakat untuk memasak di rumah. Penggunaan bahan yang lebih hemat membuat pemerintah menggalakkan penggunaan kompor gas ini. Menurut sebuah penelitian, biaya merebus lima liter air dalam kompor gas ini cuma Rp11,6 per menit, dibandingkan Rp13,8 per menit dengan kompor minyak tanah.[1]

Nyala api kompor gas

Nyala api kompor gas

Sejak ada kompor gas, kebutuhan memasak menjadi lebih ringan untuk dijangkau. Bahkan, memasak tidak lagi butuh banyak tenaga. Cukup sekali klik pada pemantik kompor gas, dan kompor akan segera menyala. Metodenya, tabung gas yang terhubung ke regulator kemudian ke selang dan dihantarkan ke kompor gas. Setelah pemasangan fix, pemantik bisa dinyalakan menuju ke tombol On atau aktif. Waktu memasak menu yang akan diolah pun tiba ketika nyala api bermunculan.

Baca juga  Update Harga Globe (Bola Dunia) di Pasaran

Umumnya, kompor gas ini memang hadir dalam dua tungku. Namun, untuk kebutuhan rumah tangga kecil, usaha mikro, maupun kost, banyak merk yang menghadirkan kompor gas satu tungku. Kompor gas satu tungku ini dapat dibedakan menjadi tekanan tinggi dan tekanan rendah. Kompor gas bertekanan tinggi menggunakan regulator tinggi, sedangkan kompor gas tekanan rendah memakai regulator tekanan rendah.[2]

Kelebihan Kompor Gas Quantum

Sudah banyak brand yang merilis produk kompor gas untuk dalam negeri, dan salah satu nama yang cukup populer adalah Quantum. Merek ini menjadi andalan banyak ibu rumah tangga untuk memasak di dapur. Pasalnya, kualitas kompor gas yang dilahirkan Quantum memang tidak perlu diragukan lagi dan sudah mengantongi standar SNI.

Soal kualitas bahan material, kompor gas Quantum memang telah diakui. Di setiap produk Quantum, kompor gas terbuat dari bahan berkualitas bagus, sehingga tidak mudah penyok, berkarat, maupun rusak. Perusahaan pun mengklaim bahwa produk buatan mereka mudah dioperasikan karena menggunakan mode pemantik mekanik dan otomatis, selain mudah juga dibersihkan.

Ada banyak model kompor Quantum yang dapat dipilih konsumen. Jika Anda membutuhkan kompor gas satu tungku, ada, demikian juga kompor gas dua tungku dan tiga tungku. Masing-masing varian ini masih dibagi lagi menjadi beberapa tipe, sehingga konsumen memiliki banyak opsi yang dapat disesuaikan kebutuhan dan anggaran belanja mereka.

Baca juga  Harga Batang Gorden (Semua Varian)

Hadir dalam banyak model, masing-masing kompor gas Quantum pun dibekali dengan fitur yang tidak sama. Ada model yang memakai mode pemantik mekanik, ada juga yang menggunakan mode pemantik otomatis. Selain itu, beberapa varian juga sudah dilengkapi aksesoris berupa timer yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur waktu pemakaian kompor gas.

Ilustrasi: Kompor Gas Quantum 101 RB (credit: Shopee)

Ilustrasi: Kompor Gas Quantum 101 RB (credit: Shopee)

Kelebihan lainnya, kompor gas Quantum sudah tersedia di banyak toko peralatan rumah tangga, bahkan situs jual beli online. Jika Anda malas mendatangi toko, Anda bisa memesan kompor ini secara online sehingga lebih mudah dan praktis. Sementara, soal harga, harga kompor gas Quantum dijamin tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Nah, setelah mengetahui kelebihan kompor gas Quantum di atas, apakah Anda sudah tertarik dengan perangkat ini? Jika iya, Anda bisa memilih model yang satu tungku, dua tungku, atau tiga tungku. Untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak, kompor satu tungku mungkin menjadi pilihan yang akal, dan berikut kisaran harga kompor satu tungku Quantum di pasaran dalam negeri.

Harga Kompor Quantum 1 Tungku

Tipe Kompor QuantumKisaran Harga
Kompor Quantum QGC 101 RRp119.500 - Rp150.500
Kompor Quantum QGC 101 RBRp147.000 – Rp223.000
Kompor Quantum QGC 112 DMPRp175.000
Kompor Quantum KU 112Rp312.500
Baca juga  Update Harga Aluminium Alexindo per Batang (Berbagai Tipe dan Ukuran)

Jika dibandingkan 2020 lalu, kompor Quantum 1 tungku mengalami perubahan harga pada 2021. Misalnya, kompor Quantum QGC 101 R yang semula berada pada kisaran Rp109.000 – Rp139.000, sekarang Anda harus menyiapkan kocek lebih antara Rp119.500 - Rp150.500. Begitu pula dengan tipe lain yaitu kompor Quantum QGC 101 RB yang ikut naik dari kisaran harga Rp140.000 – Rp299.000 menjadi Rp147.000 – Rp223.000.

Harga kompor satu tungku Quantum di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko peralatan rumah tangga dan sejumlah situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga kompor satu tungku Quantum tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Jika membutuhkan info lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan rumah tangga terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Kurniawan, M. Andri dan Gunawan Tjahjadi. 2016. Pengaman Otomatis Kompor Gas LPG Satu Tungku Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. JETri Vol. 14(1): 19-34.

[2] Republik Indonesia, Menteri Perindustrian. 2009. Lampiran Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 56/M-IND/PER/5/2009 Tentang Spesifikasi Teknik Kompor Gas Bahan Bakar LPG Satu Tungku dengan Sistem Pemantik Mekanik Khusus untuk usaha Mikro.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kompor Gas Quantum 1 Tungku Semua Tipe"