Harga Clopidogrel (Semua Merek dan Varian)

No comment342 views

Clopidogrel, mungkin nama ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ada juga yang menyebutnya sebagai obat pengencer darah. Obat ini biasanya diberikan kepada orang dengan riwayat sakit jantung tahap awal. Walaupun sudah hadir dalam berbagai merek, dijual di banyak apotek, dan punya relatif terjangkau, tetapi penggunaannya tetap tidak bisa sembarangan.

Pil obat (sumber: kumparan.com)

Pil obat (sumber: kumparan.com)

Indikasi dan Cara Kerja Clopidogrel

Clopidogrel merupakan salah satu obat terpenting yang biasanya disarankan diminum oleh dengan riwayat sakit jantung, stroke, dan yang mengalami gangguan pada sirkulasi darah (peripheral vascular). Umumnya, penggunaan clopidogrel juga didampingi dengan aspirin. Ini berfungsi untuk mengobati sesak napas akibat serangan jantung baru dan untuk mencegah penyumbatan darah setelah cardiac stent. Obat ini juga dapat digunakan oleh orang dengan gangguan detak jantung tak beraturan.

Obat ini akan bekerja dalam 2 hingga 5 menit setelah dikonsumsi. Cara kerja obat ini yaitu dengan mencegah keping darah yang menempel dan menyumbat aliran darah yang berbahaya. Di dalam dunia medis sendiri, clopidogrel adalah obat antiplatelet. Ini dapat membantu untuk menjaga aliran darah agar tetap lancar dan tidak menggumpal di dalam tubuh. Namun, bagi Anda yang akan menggunakan obat clopidogrel, Anda juga perlu memperhatikan aturan pakai dan dosis obat sebagai berikut.

Aturan Pakai dan Dosis Clopidogrel

  • Clopidogrel dapat diminum sebelum atau sesudah makan, ini tergantung dari kondisi pasien dan sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan arahan mengenai pemakaian sesuai dengan keadaan tubuh Anda.
  • Pastikan untuk meminum obat secara rutin pada jam yang sama, setiap harinya. Anda disarankan untuk membuat catatan mengenai jam minum clopidogrel.
  • Hindari beberapa jenis makanan atau minuman yang terbuat dari anggur, karena dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan setelah minum clopidogrel.
  • Obat bisa diminum dengan aspirin selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sesuai dengan kondisi penyakit jantung dan penyumbatan darah yang dialami pasien.
  • Dosis untuk anak berusia di bawah 18 tahun harus mengikuti aturan dokter dan tidak bisa sembarangan.
  • Dosis pada orang dewasa dengan gangguan tromboli, adalah 75 mg 1 kali sehari sebelum atau sesudah makan. Untuk penggunaan aspirin, dapat dilanjutkan bersamaan dengan clopidogrel.
  • Dosis pada orang dewasa dengan sindrom koroner akut adalah 300 mg, lalu dilanjutkan 75 mg sehari sebelum atau sesudah makan. Untuk pendampingan aspirin, dapat dilanjutkan setelah penggunaan clopidogrel.
Ilustrasi: pil obat

Ilustrasi: pil obat

Aturan pakai dan dosis di atas dapat digunakan bagi pasien yang sudah berkonsultasi dengan dokter dan dokter telah menyetujuinya. Beberapa dokter mungkin memiliki aturan penggunaan dan dosis tertentu bagi pasiennya. Inilah pentingnya Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum membelinya di apotek. Pasalnya, obat ini selain memiliki manfaat penting, juga memiliki beberapa .

Efek Samping Clopidogrel

  • Pendarahan pada beberapa bagian tubuh atau mimisan tanpa henti dan tidak wajar.
  • Adanya darah dalam urine atau feses berdarah.
  • Muntah berwarna gelap dan batuk berdarah.
  • Sesak napas dan napas berbunyi.
  • Nyeri pada lengan, bahu, dan tangan, disertai mual dan berkeringat.
  • Mendadak lemas dan mati rasa di bagian tubuh tertentu.
  • Keseimbangan terganggu, sulit bicara, gangguan penglihatan, bingung, dan sakit kepala.
  • Kulit dan mata menguning, mudah memar, terdapat bintik-bintik merah atau ungu pada bagian bawah kulit.

Adakalanya efek samping di atas tidak dialami oleh sebagian besar pasien, namun sebagai pencegahan, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi pada dokter. Apabila Anda mengalami efek samping di atas, Anda juga perlu memeriksakan diri Anda. Selain itu, Anda pun perlu mengetahui bahwa obat ini termasuk ke dalam obat kehamilan golongan C. Obat ini mungkin berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga ada baiknya Anda berkonsultasi lagi kepada dokter mengenai penggunaan obat dalam keadaan mengandung.

Setelah Anda paham mengenai seluk beluk clopidogrel di atas, Anda juga perlu mengetahui harga clopidogrel. Clopidogrel sendiri memiliki banyak merek. Walaupun begitu, setiap merek memiliki komposisi yang umumnya sama, yaitu clopidogrel 75 mg. Untuk 1 , biasanya berisi 3 strip dengan isi 10 tablet. Untuk mendapatkan clopidogrel, Anda perlu menggunakan resep dokter karena tidak bisa sembarangan membelinya.

Daftar Harga Clopidogrel di Apotek

Ilustrasi: aneka kapsul obat

Ilustrasi: aneka kapsul obat

Merek ClopidogrelHarga
Clopidogrel SOHO Rp2.546
Clopidogrel Etercon Rp2.566
Clopidogrel Tempo Rp4.208
Clopidogrel Mahakam Rp5.133
Clopidogrel Promed Rp5.599
Clopidogrel HexpharmRp7.158
Clopidogrel IFRp9.877
Clopidogrel YarindoRp10.902
Clopidogrel Pratapa NirmalaRp11.077
Clopidogrel FahrenheitRp11.163
Clopidogrel FarmaRp12.699
Clopidogrel DexaRp12.699
Clopidogrel IkapharmindoRp13.299

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan clopidogrel. Anda bisa melakukan pengecekan harga terlebih dahulu sebelum membelinya di apotek. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Setiap kemasan clopidogrel memiliki tanggal expired yang berbeda-beda, dan akan berisiko jika Anda tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan terlanjur mengonsumsi obat yang sudah tidak aman untuk dikonsumsi.

Baca juga  Update Harga Salep Gentamicin untuk Kulit (Tube dan Box)
loading...
author

Leave a reply "Harga Clopidogrel (Semua Merek dan Varian)"