Update Harga Alat dan Software Simulator Bus

Untuk melatih calon pengemudi agar mahir mengendalikan kendaraan di jalan raya yang sebenarnya, banyak perusahaan yang telah didukung dengan fasilitas simulator. Dalam perkembangannya, simulator kemudian dikemas lebih menarik dan hadir dalam model game. Khusus untuk bus, alat dan software simulator saat ini dijual di kisaran ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Mengendarai Bus (credit: drivebigtrucks)
Ilustrasi: Mengendarai Bus (credit: drivebigtrucks)

Simulator mengemudi awalnya digunakan sebagai permainan (game) serta pelatihan program pendidikan pengemudi yang diajarkan di lembaga pendidikan dan bisnis swasta. Alat tersebut juga digunakan untuk penelitian di bidang faktor manusia dan penelitian medis, untuk memantau perilaku pengemudi, kinerja, dan perhatian, sedangkan dalam industri mobil untuk merancang dan mengevaluasi kendaraan baru.

Bacaan Lainnya

Meski berkesan sangat modern, tetapi ide membuat alat latih mengemudi virtual telah muncul sekitar tahun 1950-an, ketika seorang teknisi asal Amerika Serikat bernama Conkling Chedister membuat simulator bernama Aetna Roadometer. Bentuk dasar simulator tersebut tidak jauh berbeda dengan simulator masa kini. Perbedaannya hanya lebih berat dan kurang interaktif, sehingga pengguna hanya duduk dan dihadapkan pada sebuah layar yang menampilkan video keadaan jalan raya. Pada prosesnya, reaksi berkendara mereka harus menyesuaikan rintangan sesuai skenario di dalam tayangan itu.

Simulator mengemudi awalnya dipergunakan untuk melatih seseorang agar mampu mengendarai mobil. Kemudian, dalam perkembangannya, simulator mengemudi digunakan untuk berbagai keperluan pelatihan mengemudi dalam kondisi mengemudi kritis, analisis perilaku mengemudi, tanggapan pengemudi, dan kinerja pengguna mobil. Penelitian telah menunjukkan bahwa simulator mengemudi terbukti baik sebagai alat pendidikan praktis dan efektif untuk memberikan pelatihan teknik mengemudi yang aman untuk semua sopir. 

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Infusion Pump (Berbagai Merk)

Jenis Simulator

  • Simulator desain modular. Jenis ini dapat dikonfigurasi untuk digunakan sebagai traktor atau trailer truk, dump truck, dan kendaraan konstruksi lain, bandara yang dioperasikan kendaraan, tanggap darurat dan kendaraan polisi yang mengejar, bus, kereta api kereta bawah tanah, kendaraan penumpang, dan peralatan berat seperti sebagai crane.
  • Stasiun simulator mengemudi multi. Jenis ini memungkinkan seseorang melatih instruktur driver dalam waktu terbatas. Sementara, jenis yang terakhir adalah simulasi balap. Simulasi tersebut merupakan istilah kolektif untuk perangkat lunak komputer (permainan simulasi kendaraan) yang mencoba untuk mensimulasikan balap mobil (sebuah video game balap) secara akurat.

Saat ini, simulator memang lebih banyak dikemas sebagai permainan atau game. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian lebih umum ditemukan software game simulator yang dirilis berbagai pengembang. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berburu alat dan software simulator untuk bus, berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Ilustrasi: simulator bus (sumber: gocdkeys.com)
Ilustrasi: simulator bus (sumber: gocdkeys.com)

Alat & Software Simulator 

Nama Simulator 
Euro Truck Simulator 2  Mod Indonesia Software Rp62.000 – Rp100.000
UKTS Bus Simulator Mod Indo (Bus & Map) Software Rp128.000
Bus Simulator AKAP 16 Software Rp139.000 – Rp306.600
Astragon Bus Simulator 2012 Software Rp400.000
Alat Stir Bus Simulator Android Rp400.000 – Rp569.000
Amazon City Bus Simulator New York Extra Play Software Rp495.000
Baca juga  Info Terkini Biaya Kursus Brevet Pajak A dan B

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, alat dan software simulator bus saat ini mengalami kenaikan. Misalnya saja untuk UKTS Bus Simulator Mod Indo (Bus & Map) Software yang sebelumnya dibanderol seharga Rp100 ribu, sekarang sedikit naik menjadi Rp128 ribu. Demikian pula untuk Alat Stir Bus Simulator Android yang sebelumnya dilepasi Rp350 ribu, kini dijual dengan rentang harga mulai Rp400 ribu hingga Rp569 ribu.

Saat ini, sudah banyak permainan simulator yang bisa Anda mainkan di perangkat elektronik. Salah satu yang cukup populer di kalangan gamer Tanah Air adalah Bus Simulator 16. Permainan tersebut memiliki sudut pandang orang ketiga. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat karakter yang dimainkan. Biasanya, di game simulasi profesi seperti ini, Anda hanya mendapatkan tampilan first person.

Di awal permainan, karakter Anda dipanggil oleh seorang kakek bernama Ben, sesepuh angkutan transportasi bus di kota fiksi Sunny Springs. Ia yang akan memberikan tutorial menyalakan mesin, lampu, dan mengendarai bus hingga halte terakhir. Tujuan utama dari Bus Simulator 16 adalah mengatur dan mengendarai rute perusahaan bus agar sistem transportasi umum di Sunny Springs berjalan efektif. Karena itu, Ben akan tetap menghubungi Anda sepanjang game. Pemain bisa melihat arahan dari Ben, misi selanjutnya, peta Sunny Springs, mengatur rute perjalanan, membeli dan memodifikasi bus, serta melihat calon supir bus yang bisa dipekerjakan melalui sebuah tampilan tab.

Game Simulator Bus - www.konyoha.com
Game Simulator Bus – www.konyoha.com

Misi di Bus Simulator 16 dinilai cukup menantang. Anda dapat mengatur target dan berusaha mencapainya untuk mendapatkan penghargaan. Sebagai contoh, ada misi pertama yang mengharuskan pemain untuk mengatur rute baru dan mengoperasikan bus yang akan memberikan hadiah sebuah bus tambahan bila Anda dapat menyelesaikannya.

Baca juga  Info Terbaru IP Camera (CCTV) Harga Murah di Bawah Rp1 Juta

Untuk membuka seluruh peta dan memiliki rute di setiap distrik, Anda harus menyelesaikan satu per satu misi. Bentuk misi juga termasuk sulit, misalnya saat Anda harus membeli bus bendy (semacam bus gandeng yang lentur) dengan cukup mahal, atau mengikuti peraturan kota yang mengharuskan pemain memperbarui bus.

Menurut beberapa pemain, permainan Bus Simulator 16 memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal yang dianggap sebagai kelebihan yaitu adanya misi dan kondisi tertentu yang cukup menantang, penumpang dapat berinteraksi dengan penumpang lain, kota fiksi Sunny Springs berisi karakter berbeda di tiap distrik, serta permainan yang bukan hanya menyetir bus, tetapi juga mengelola perusahaan.

Sementara, kelemahan game ini adalah kurang variatif jenis dan modifikasi bus, gratis dan animasi yang masih kaku, tidak adanya bus saingan, serta kurang adanya kesempatan berdialog dengan penumpang. Selain itu, kendali bus di Bus Simulator 16 lebih sulit dan tidak senyaman kendali truk di seri Truck Simulator. Untuk bisa familiar dengan kontrol di Bus Simulator 16 dibutuhkan waktu cukup lama.

[Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.