Info Terbaru Harga Cabe Kering (Semua Kemasan)

Cabai, biasa juga ditulis cabe, merupakan salah satu dapur wajib untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi bagi mereka yang menyukai pedas. Cabe sendiri sering digunakan sebagai bumbu tambahan dan bahan utama dalam pembuatan makanan. Banyaknya konsumen cabai di pasaran juga seringkali membuat cabe meningkat, walaupun tak jarang pula harga cabe di pasaran menurun. Untuk mengatasinya, banyak orang mencoba berinovasi dengan membuat cabe kering. Jika dibandingkan dengan cabe merah segar, cabe kering juga lebih awet dan tahan lama.

Cabe kering (sumber: finance.detik.com)
Cabe kering (sumber: finance.detik.com)

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cabe kering di pasaran, akan lebih baik jika Anda mengetahui proses pembuatan cabe kering. Ini juga penting bagi Anda yang ingin membuat cabe kering sendiri di rumah. Cabe kering sendiri banyak dipilih orang karena dapat bertahan lebih lama daripada cabe merah segar. Ini menguntungkan bagi Anda yang memiliki bisnis makanan dengan citarasa pedas. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam cara membuat cabe merah kering secara sederhana.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Cabe Merah Kering

  • Alat dan bahan. Langkah pertama yang harus Anda siapkan, yaitu menyediakan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Untuk peralatannya cukup sederhana, Anda hanya memerlukan benang bol atau benang dan jarum. Siapkan juga bahan utamanya, yaitu cabe.
  • Menyiapkan cabe. Cabe yang digunakan bisa jenis cabe apapun, dengan ciri cabe sudah matang dan cukup tua. Kebanyakan orang akan lebih memilih jenis cabe merah besar atau cabe keriting, walaupun ada juga yang memilih jenis cabe rawit.
  • Mencuci bahan. Cucilah cabe menggunakan air hingga bersih dan angin-anginkan hingga cabe kering. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan handuk atau kain karena dapat merusak kulit cabe nantinya.
  • Sortir cabe. Setelah cabe kering, Anda juga perlu menyortirnya berdasarkan ukuran. Kumpulkan jadi satu dalam wadah untuk cabe berukuran besar dan pisahkan dengan ukuran yang lebih kecil. Penyortiran sangat penting agar proses pengeringan dapat merata.
  • Menguntai cabe. Dalam membuat cabe kering secara sederhana, Anda harus bisa menguntai cabe. Caranya dengan memasukkan benang ke dalam lubang jarum dan menusukkannya ke tiap tangkai cabe. Tiap untaian cabe harus terdiri dari cabe dengan ukuran yang sama.
  • Menjemur cabe. Langkah berikutnya, yaitu menjemur cabe dengan mengikatkan ujung untaian cabe ke tiang atau paku di lokasi yang cukup panas. Anda bisa mengikatnya di sekitar area pekarangan, halaman rumah, atau dekat genteng.
  • Menunggu cabe kering. Tunggulah hingga kadar air pada buah cabe menjadi lebih sedikit dengan tekstur cabe yang kering dan renyah. Anda bisa memastikan bahwa cabe benar-benar kering dengan cara mematahkan salah satu buah cabe. Jika terdengar suara patahan dan tidak berair, maka cabe kering sudah jadi. Lamanya proses pengeringan tergantung cuaca di sekitar rumah Anda. Biasanya proses pengeringan cabe berlangsung hingga 1 bulan untuk memastikan cabe benar-benar kering.
  • Melepas tangkai cabe. Jika cabe sudah benar-benar kering, Anda bisa menurunkannya dan melepaskan untaian cabe. Pisahkan juga tangkai cabe jika Anda ingin menggunakannya. Kebanyakan orang biasanya akan menggiling cabe, tetapi banyak juga orang memanfaatkannya tanpa menggilingnya terlebih dahulu.
  • Menggiling cabe kering. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengubah cabe kering menjadi cabe bubuk, salah satunya yaitu dengan menggilingnya. Gunakan gilingan khusus atau jika Anda tidak punya mesin penggiling, bisa menggunakan blender.
  • Memotong cabe kering. Jika Anda lebih suka dengan cabe kering yang bertekstur, Anda bisa memotongnya menjadi kecil-kecil tanpa harus menggiling. Jenis cabe kering potong biasanya digunakan sebagai taburan dalam aneka masakan.
Baca juga  Jenis Tanaman Monstera Termahal dan Harganya

Anda bisa menggunakan cabe kering potong sebagai salah satu bahan taburan berkuah. Agar lebih sedap, campurkan cabe merah kering potong dengan bawang, garam, dan bumbu penyedap. Agar lebih gurih, Anda bisa juga mencampurnya dengan irisan udang kecil. Aneka ragam masakan berkuah hingga masakan tak berkuah akan cocok jika ditaburi dengan potongan cabe kering seperti ini.

Bagi Anda yang ingin menambah nafsu makan, juga bisa menaburkan cabe kering di atas nasi yang dicampur dengan aneka ragam lauk. Sebagai tips, bagi Anda yang tidak suka dengan biji cabe, juga bisa menghilangkan bijinya terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Caranya dengan membelah bagian tengah cabe dan membuang bagian biji menggunakan pisau sebelum diuntai. Berikut informasi cabe kering saat ini.

Cabai/cabe kering (sumber: bobvila.com)
Cabai/cabe kering (sumber: bobvila.com)

Cabe Kering

Kemasan Cabe Kering
Cabe merah kering 50 gr (lokal) Rp8.000
Cabe merah kering 1 ons Rp13.000
Cabe kering pack 50 gr merk MSH Rp18.000
Cabe rawit kering premium 250 gr Rp25.000
Cabe kering kemasan 65 gr merk Lajiao Gan Rp30.000
Cabe merah besar kering 250 gr Rp43.500
Cabe kering impor China kemasan 500 gr Rp45.000
Cabe kering impor India 500 gram Rp73.000
Cabe kering 1 kg Rp87.000
Cabe kering caplak impor 1 kg Rp120.000
Cabe kering 5 kg Rp350.000 – Rp399.000
Cabe rawit kering lokal 7 kg Rp840.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Ikan Mujair per Kg Saat Ini

Informasi cabe kering di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Harga cabe rawit kering lokal kemasan 7 kg, semula Rp532 ribu dan sekarang naik menjadi Rp840 ribuan. Sebaliknya, harga cabe kering 1 kg turun dari Rp119 ribu menjadi Rp87 ribuan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *