Info Terbaru Harga Bow Biola di Pasaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan instrumen musik bernama biola. Ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Nah, untuk menggesek biola tersebut, diperlukan sebuah alat yang diberi nama bow. Ada yang terbuat dari bahan hair maupun fiber, harga bow biola bervariasi, tergantung tipe atau jenisnya.

Bow biola, alat untuk menggesek senar biola agar berbunyi
Bow biola, alat untuk menggesek senar biola agar berbunyi

Sebelum membicarakan tentang harga bow biola, kami akan mengajak Anda mengupas terlebih dahulu mengenai instrumen yang satu ini. Biola, seperti dirangkum dari Wikipedia, adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini diperkirakan berasal dari budaya penunggang kuda di kawasan Asia Tengah, contohnya alat musik bangsa Mongolia Morin huur.

Bacaan Lainnya

Alat musik gesek berdawai dua bangsa Turki dan Mongolia dawainya terbuat dari surai kuda, dimainkan dengan busur surai kuda, dan memiliki ukiran kepala kuda di bagian kepalanya. Biola, viola, dan cello yang busurnya masih dibuat dari surai kuda, menurut sejarah adalah peninggalan bangsa nomaden tersebut.

Banyak kalangan yang percaya bahwa alat musik tersebut pertama kali dibawa ke Asia Timur, India, Bizantium, dan Timur Tengah. Di tempat-tempat tersebut, alat musik ini menyesuaikan dengan lingkungannya dan berkembang menjadi alat musik erhu, esra, harpa tangan Bizantium, dan rebab. Sementara, biola dalam bentuk modern bermula dari Italia bagian utara pada awal abad ke-16, terutama di kota pelabuhan Venice dan Genoa, yang berhubungan langsung ke Asia Tengah lewat jalur sutera.

Biola Eropa modern dipengaruhi oleh berbagai alat musik, terutama dari Timur Tengah dan Bizantium. Tiga jenis alat musik mula-mula yang biasanya disebut sebagai cikal bakal biola adalah rebec (yang diturunkan dari harpa tangan Bizantium dan rebab), vielle (biola abad Renaisans), dan lira da braccio (yang juga diturunkan dari harpa tangan Bizantium). Salah satu deskripsi paling awal tentang biola, termasuk cara setting-nya, ada di dalam Epitome musical karya Jambe de Fer, yang diterbitkan di Lyon pada 1556. Perlahan-lahan, biola mulai menyebar ke seluruh Eropa.

Biola tertua yang pernah dicatat yang memiliki empat senar seperti biola modern dibuat oleh Andrea Amati pada tahun 1555. Biola seketika menjadi populer, baik di antara para pemusik jalanan maupun para bangsawan. Hal ini terbukti ketika Raja Perancis, Charles IX, menyuruh Amati membuat 24 biola untuknya pada tahun 1560. Biola tertua yang masih ada saat ini adalah salah satu dari ke-24 biola ini, dan diberi nama “Charles IX”, dibuat di Cremona pada tahun 1560.

Berbicara mengenai biola Cremona, kota tersebut dikenal sebagai salah satu kota penghasil biola berkualitas unggulan. Cremona terletak di Italia sebelah utara, tepatnya masuk ke dalam wilayah Lombardi. Jaraknya kurang lebih 5 jam perjalanan darat dari Roma, ibukota Italia. Cremona adalah kota penghasil biola nomor satu di Negeri Pizza. Bisa dibilang, biola terbaik di Italia dihasilkan di Kota Cremona. Dan, fakta itu sudah bertahan selama kurang lebih 5 abad lamanya.

Di Kota Cremona, ada kurang lebih 100 bengkel seni yang memproduksi biola, serta alat musik gesek lainnya. Alat musik gesek dari Cremona memang terkenal akan kualitasnya dan sudah digunakan oleh musisi terkenal dari berbagai belahan dunia. Tercatat nama-nama master pembuat biola tersohor seperti Antonio Stradivari hingga Nicolo Amati berasal dari Cremona. Para ahli pembuat biola ini sendiri mendapat sebutan sebagai ‘Liutaia’.

Bagian Biola

Layaknya instrumen musik lainnya, biola juga dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah badan biola yang terdiri atas dua papan suara yang melengkung yang disatukan oleh kayu yang disebut iga biola yang dilem menggunakan lem binatang, lem kulit binatang, atau resin. Badan biola berdesain menyerupai bentuk jam pasir, baik ketika dipandang dari depan maupun dari belakang.

Bagian kedua adalah leher biola yang biasanya terbuat dari kayu mapel yang sejenis dengan bagian belakang dan samping badan biola. Pada leher biola, terdapat papan jari yang dibuat dari kayu eboni atau kayu lain yang dicat hitam. Kemudian, bagian yang terdapat di dalam biola adalah jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu (pasak penyetel untuk setiap senar, ekor biola untuk menahan senar, dan tali untuk menahan ekor biola, beberapa penyetel tambahan pada ekor biola bila diperlukan, dan sebuah penyangga dagu).

Harga Bow Biola di Pasaran - (YouTube: Esther Abrami)
Harga Bow Biola di Pasaran – (YouTube: Esther Abrami)

Fungsi Bow Biola

Selain bagian-bagian di atas, alat musik biola juga tidak dapat dipisahkan dari bow atau busur. Ini adalah bagian terpisah dari unit biola, namun memiliki fungsi penting, yaitu sebagai alat gesek. Bow biasanya terdiri dari sebatang kayu dan berhelai-helai rambut uang dipasang dari satu ujung tongkat ke ujung yang lainnya. Rambut yang biasanya digunakan untuk bow ini biasanya diambil dari rambut ekor kuda putih jantan. Dalam perkembangannya, untuk menekan biaya produksi, digunakan pula serat sintetis.

Sebelum dimainkan, rambut biola harus digosokkan ke rosin terlebih dahulu karena rosin akan membuat rambut bow biola menjadi lebih keset sehingga menghasilkan cengkeraman yang mantap pada senar. Dengan demikian, bow biola akan lebih stabil dan terkontrol, sehingga dapat membantu teknik getaran untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan jelas.

Bagi Anda yang menekuni instrumen musik ini, tidak sulit menemukan bow biola. Anda bisa membeli peralatan tersebut di toko-toko musik maupun situs jual beli online. Harga bow biola bervariasi, tergantung bahan yang digunakan dan kualitasnya. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga bow biola di pasaran dalam negeri.

Harga Bow Biola

Merk & Tipe Bow Biola Harga
Bow Biola Rosin Rp117.810
Bow Biola Vienna Rp194.000
Bow Biola Octagonal 3/4 Rp220.000
Bow Biola AAA White Horse Hair Rp530.000
Bow Biola Carbon Fiber Black Horse Hair Rp550.000 – Rp650.000
Bow Biola Carbon Fiber 4/4 Black Siberian Horse Rp870.000 – Rp1.020.000
Bow Biola Carbon 4/4 Black Mongolian Horse Rp996.000
Bow Biola Mynice Baroque 4 Rp2.269.000
Bow Biola Andreas Eastman BL-90 Rp5.815.000

Harga bow biola di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan situs jual beli online. Harga bow biola tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung kebijakan penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga bow biola Andreas Eastman BL-90 berkisar Rp6,5 juta, sedangkan harga bow biola Carbon Fiber Black Horse Hair Rp500 ribuan.

Tips Merawat Biola

  • Jangan terlalu lama menyimpan di hardcase.
  • Membersihkan rosin yang menempel.
  • Sering dicuci.
  • Stem senar biola dengan benar dan berhati-hati.
  • Lakukan pemberian rosin dengan benar, yaitu searah, bukan sembarangan.
  • Perhatikan kekencangan bow. Jika selesai bermain ada baiknya mengendurkan bow dengan cara memutar screw. Tidak disarankan menyentuh hair bow karena tangan Anda bisa mengeluarkan minyak sehingga memengaruhi kekesetan bow saat digesekkan ke senar.

Selain memperhatikan yang benar, Anda pun disarankan sering memainkan biola. Bukan tanpa alasan, biola yang dipajang saja dapat mudah terkena jamur, retak, dan berbagai masalah lainnya. Jadi, mengingat harga alat musik tersebut tidak murah, maka lebih baik sering memainkannya daripada hanya membuang-buang uang.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *