Varian dan Update Harga Bolu Talas Bogor Sangkuriang

Lapis Bogor Sangkuriang adalah salah satu outlet kue penjual bolu lapis talas Bogor yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Di Bogor sendiri, sudah banyak cabang outlet Lapis Bogor Sangkuriang yang menjual aneka menu bolu talas dengan harga relatif terjangkau. Anda bisa menemukannya di setiap sudut kota.

Bolu Talas Bogor Sangkuriang (Instagram: sangkurianglapisbogor)
Bolu Talas Bogor Sangkuriang (Instagram: sangkurianglapisbogor)

Keunggulan Bolu Talas Bogor Sangkurian

Setiap lapis Bogor yang dijual di outlet Lapis Bogor Sangkuriang memiliki bahan dasar dari talas asli yang diubah menjadi . Setelah talas menjadi tepung, barulah diolah menjadi kue talas yang lezat dan empuk. Selain memiliki kue yang empuk dan lembut, topping kue talas yang dijual juga tidak pelit.

Bacaan Lainnya

Menurut penelitian, dalam 100 gram talas Bogor, mengandung 98 kkal kalori, 1,9 gr protein, 0,2 gr lemak, 23,7 gr karbohidrat, 28 mg kalsium, dan 61 mg fosfor. Selain itu, talas tersebut juga memiliki komposisi pati sebanyak 70,99%, amilosa sebanyak 10,88%, dan amilopektin sebanyak 89,12%.

Talas kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bolu sebagai jajanan Bogor, karena memang banyak dibudidayakan di wilayah tersebut. Umbi talas yang dibudidayakan di Bogor memiliki cita rasa yang berbeda dibanding talas di daerah lain. Talas Bogor memiliki tekstur yang empuk dan padat, sehingga bolu yang dihasilkan tidak terlalu lembek tetapi masih tetap lembut.[1]

Anda bisa merasakan taburan keju, cokelat, atau selai dan cream yang penuh di mulut. Rasanya yang lezat dengan tampilan kue yang memikat, menjadi daya tarik yang mampu menggoda konsumen untuk membelinya. Meskipun bisa membeli kue bolu di outlet Lapis Bogor Sangkuriang, banyak yang penasaran dengan resepnya seperti berikut.

Resep Bolu Talas Ala Lapis Bogor Sangkuriang

Bolu Talas Bogor Sangkuriang (Instagram: sangkurianglapisbogor)
Bolu Talas Bogor Sangkuriang (Instagram: sangkurianglapisbogor)
  • Anda dapat menyiapkan bahan bolu ala lapis Bogor Sangkuriang, meliputi 150 gr tepung terigu, 50 gr talas, 180 gr gula pasir, 2 butir telur, 1 sendok teh Sp, 150 ml susu cair, 1/4 sendok teh vanili bubuk, 1/2 sendok teh baking powder, 1/4 sendok teh garam, dan 1 sendok makan pasta talas.
  • Selain bahan utama, Anda perlu menyiapkan bahan topping bolu agar tampilan lebih cantik. Beberapa bahan bolu tersebut terdiri dari butter cream, keju, dan kental manis secukupnya.
  • Langkah pertama adalah kukus talas hingga matang dan kupas kulitnya, lalu hancurkan talas hingga lembut menggunakan alat penumbuk atau .
  • Masukkan telur, gula, garam, dan vanili ke dalam wadah baskom plastik dan mixer dengan kecepatan tinggi hingga agak kental, serta berubah warna menjadi putih.
  • Tambahkan SP, lalu mixer lagi adonan hingga kaku.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bersamaan baking powder dan talas yang sudah ditumbuk secara bertahap.
  • Turunkan kecepatan mixer dan masukkan susu cair ke dalam adonan.
  • Agar lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan atau pasta talas ke dalam adonan.
  • Setelah berubah warna, siapkan kukusan yang sudah dipanaskan lengkap dengan loyangnya. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
  • Setelah matang, angin-anginkan bolu hingga suhunya turun.
  • Sebelum bolu talas Bogor dihidangkan, tambahkan topping sesuai dengan selera.

Nah, jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk membuat bolu ala Lapis Bogor Sangkuriang, Anda bisa membelinya langsung di outlet terdekat. Berikut menu lengkap beserta harga bolu Talas Bogor Sangkuriang.

Harga Bolu Talas Bogor Sangkuriang

Bolu Talas Bogor Sangkuriang (credit @sangkuriang)
Bolu Talas Bogor Sangkuriang (credit @sangkuriang)
Varian Bolu Talas Bogor SangkuriangHarga
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Cup Cake CokelatRp15.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Cup Cake KejuRp15.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Original MiniRp19.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Brownies MiniRp19.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Blackforest MiniRp19.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Lapis Bunder Cokelat & BlueberryRp23.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Lapis Bunder CokelatRp23.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Lapis Bunder KejuRp23.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Original KejuRp35.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Sop Duren KejuRp37.000
Bolu Talas Bogor Sangkuriang Brownies CaramelRp37.000

Harga bolu talas di atas telah kami rangkum dari website resmi Lapis Bogor Sangkuriang. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga bolu talas Bogor Sangkuriang di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Bolu Talas Bogor Sangkuriang Sop Duren Keju yang semula dijual dengan harga mulai Rp35 ribu, sekarang menjadi Rp37 ribu. Sama halnya dengan harga Bolu Talas Bogor Sangkuriang Original Mini yang naik dari Rp18 ribu menjadi Rp19 ribu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi outlet Lapis Bogor Sangkuriang terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Dana, Reffa. 2018. Pengaruh Substitusi Tepung Talas Bogor (Colocasia Esculenta L. Schott) pada Pembuatan Eclair terhadap Daya Terima Konsumen (Skripsi). Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner Fakultas Teknik Negeri Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *