Indikasi, Dosis, Cara Pemakaian, dan Harga Betametason

Gangguan atau penyakit kulit memang menjadi salah satu permasalahan yang pelik. Pasalnya, selain mengganggu aktivitas, juga membuat penampilan menjadi kurang ideal. Bahkan, kebanyakan penyakit kulit akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, pasien bisa memakai obat Betametason, dengan yang terbilang terjangkau.

Penyakit Kulit Dermatitis (sumber: balancehealth)

Penyakit Kulit Dermatitis (sumber: balancehealth)

Indikasi Betametason

Kebanyakan penyakit kulit yang parah dan sering menimbulkan bekas, adalah penyakit kulit yang disertai inflamasi atau peradangan pada epidermis dan dermis. Dermatitis seperti ini sebetulnya adalah reaksi terhadap pengaruh endogen dan eksogen. Untuk mengatasi dermatitis, biasanya akan meresepkan obat-obatan golongan steroid, seperti Betametason.

Betametason sendiri juga termasuk obat golongan kortikosteroid yang mengandung fluor. Sebagai obat dermatitis, Betametason berfungsi sebagai antiinflamasi atau peradangan lokal pada kulit, alergi, dan sebagai terapi untuk pengobatan penyakit kulit lainnya yang termasuk dermatitis.

Betametason mempunyai daya kerja yang besar atau potensi kuat, akan tetapi penggunaan dalam jangka waktu lama (3-4 minggu) dapat menyebabkan efek samping pelebaran kapiler dan pembuluh nadi halus yang bersifat permanen sampai terjadi atrofi kulit atau penipisan kulit.[1] Di sendiri, Betametason dijual dalam berbagai macam merek dagang, seperti Betamethasone Valerate, Orsaderm, Betason, Benoson, dan masih banyak lagi.

Betametason 0.1% Cream 5 gr (sumber: Halodoc)

Betametason 0.1% Cream 5 gr (sumber: Halodoc)

Selain tidak dianjurkan digunakan dalam jangka panjang, bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, juga harus berhati-hati jika ingin menggunakan Betametason. Obat ini termasuk obat golongan C, merupakan obat dengan studi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Baca juga  Info Lengkap Manfaat, Komposisi, dan Harga Pepsodent Sensitive Expert

Obat hanya boleh dipakai jika manfaat yang didapatkan lebih besar daripada risikonya terhadap janin. Sampai saat ini, Betametason topikal belum diketahui apakah bisa diserap ke dalam ASI atau tidak. Untuk itu, ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan Betametason.

Dosis dan Cara Pemakaian Betametason

Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada obat dan sesuai dengan anjuran dokter. Saat memakai Betametason, jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa seizin dokter. Dosis pemakaian Betametason sebenarnya tergantung pada lokasi dan area kulit, secukupnya Anda bisa mengoleskan Betametason 1 sampai 2 kali sehari. Jangka waktu pemakaian Betametason paling ideal adalah 7 hingga 14 hari hingga gejala yang muncul menghilang.

Penggunaan Betametason tidak bisa dipakai di wajah, ketiak, dan selangkangan, kecuali dianjurkan oleh dokter. Betametason juga tidak diperuntukkan bagi pasien diabetes, kelainan imun, aliran buruk, gangguan ginjal, gangguan hati, infeksi kulit, psoriasis akut, rosacea, dan .

Baca juga  Manfaat, Cara Membuat, dan Harga Toner Cuka Apel

Obat Betametason dalam bentuk apapun tidak dianjurkan digunakan oleh anak-anak berusia di bawah 12 tahun dan dalam jangka panjang. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko gangguan kelenjar adrenal. Untuk itu, sebaiknya Anda menjauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan menyimpannya secara aman di tempat yang sejuk.

Jika Anda tidak sengaja mengaplikasikan Betametason pada mata, hidung, mulut, atau kulit yang terluka, segera bilas dengan air hingga bersih. Beritahu dokter Anda jika gejala dermatitis yang Anda alami tak kunjung membaik dalam waktu lebih dari 3 minggu.

Sebelum mengoleskan Betametason, pastikan tangan Anda dalam keadaan steril. Jangan menggunakan produk pelembap kulit bersamaan dengan penggunaan Betametason. Jika Anda ingin menggunakan produk pelembap kulit, gunakanlah 15 menit sebelum mengoleskan Betametason, sehingga kulit tidak terlalu licin atau basah, dan obat dapat terserap dengan baik.

Ilustrasi: Mengaplikasikan Obat Topikal (sumber: HelloSehat)

Ilustrasi: Mengaplikasikan Obat Topikal (sumber: HelloSehat)

Setelah Anda mengetahui efek samping, dosis, dan indikasi Betametason di atas, pastikan Anda mengetahui berbagai macam merek Betametason yang beredar di pasaran. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui harga Betametason untuk mempermudah memperkirakan anggaran belanja.

Baca juga  Update Harga Vitamin B Kompleks IPI di Pasaran

Harga Betametason

Merek BetametasonHarga (Rp)
Orsaderm 5 gr4.000
Betamethasone Valerate 5 gr5.000
Celestone 5 gr5.250
Nisagon 5 gr5.500
Bevalex 5 gr9.500
Betason 5 gr12.000
Skizon 10 gr20.000
Diprosta 5 gr22.000
Gentamicin 5 gr22.000
Scanderma 10 gr39.000
Benoson 15 gr46.000
Betamethasone Valerate 5 gr 1 box (25 pcs)55.000
Mytaderm 5 gr65.000
Elox 10 gr65.000
Digenta 10 gr80.000
Diprogenta 10 gr90.600

Harga Betametason di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan Betametason sendiri tidaklah sulit, Anda bisa membelinya di apotek terdekat atau bahkan melalui berbagai situs e-commerce lokal.

 

[1] Mardiyanto, dkk. 2018. Optimasi Formula Submikro Partikel Poly (Lactic-co-Glycolic Acid) Pembawa Betametason Valerat dengan Variasi Konsentrasi Poly (Vinyl Alcohol) dan Waktu Sonikasi. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, Vol. 5(1): 55-65.

loading...
author

Leave a reply "Indikasi, Dosis, Cara Pemakaian, dan Harga Betametason"