Info Harga Bekatul dalam Berbagai Merek di Pasaran

Nasi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Nasi diperoleh dari pengolahan padi hingga menjadi produk akhir beras yang siap untuk dimasak sebagai nasi. Selama ini masih belum banyak orang melirik bekatul yang merupakan produk sampingan dari padi sebagai bahan pangan. Sebagian orang justru lebih sering memanfaatkan bekatul sebagai ternak. Padahal, bekatul bisa jadi alternatif pangan dengan harga yang relatif terjangkau dan memiliki nilai cukup tinggi.

Ilustrasi: Bekatul (credit: Klikdokter)
Ilustrasi: Bekatul (credit: Klikdokter)

Proses penggilingan padi menghasilkan 70 persen beras (endosperm) sebagai produk utama, serta beberapa produk sampingan seperti sekam (20 persen) dan bekatul (8–10 persen). Dalam proses penggilingan padi, bagian sekam akan terpisah dan diperoleh beras pecah kulit (brown rice). Tahapan selanjutnya adalah proses penyosohan beras yang bertujuan untuk menghilangkan dedak dan bekatul dari bagian endosperma beras, sehingga diperoleh beras yang berwarna putih. Semakin tinggi derajat penyosohan beras, maka beras yang diperoleh akan semakin putih, namun semakin miskin zat gizi. Bekatul merupakan bagian terluar bulir beras yang terbuang selama proses penyosohan beras.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Kipas Angin Kecil Maspion (Semua Tipe)

Secara morfologi, bekatul terdiri atas lapisan perikarp, testa dan lapisan aleuron. Lapisan-lapisan ini mengandung sejumlah nutrien seperti protein, lemak dan serat pangan, serta sejumlah vitamin dan mineral. Kandungan asam amino esensial, antara lain dalam bekatul antara lain: triptofan, histidin, sistein, dan arginin. Jenis serat pangan terdiri atas selulosa, hemiselulosa, pektin, arabinosilan, lignin, dan β-glukan. Selain itu, bekatul juga mengandung beberapa bioaktif, seperti γ-oryzanol, asam ferulat, asam kafeat, tricine, asam kumarat, asam fitat, isoform vitamin E (α-tokoferol, γ-tokoferol, tokotrienol), fitosterol (β-sitosterol, stigmasterol, kampesterol), dan karotenoid (α -karoten, β -karoten, lutein, likopen).

Berbeda dengan serealia, seperti jagung, gandum, dan oat, fraksi lipid bekatul beras mengandung rasio isoform vitamin E, γ-oryzanol, dan β-sitosterol yang unik. Komposisi kimia bekatul bervariasi tergantung pada varietas padi, lingkungan tanam padi, derajat penggilingan gabah, dan kontaminasi sekam pada proses penggilingan.

Pemanfaatan bekatul sebagai produk pangan di Indonesia masih sangat terbatas, misalnya sebagai makanan tradisional bubur atau jenang bekatul dan bangket bekatul. Saat ini bekatul lebih banyak digunakan sebagai ternak. Bekatul terkadang juga menjadi limbah yang mencemari lingkungan, terutama di sentra produksi padi saat panen musim penghujan. Keadaan ini sangatlah berbeda dengan beberapa negara lain di dunia, seperti Amerika Serikat dan Jepang, yang sudah banyak mengembangkan bekatul sebagai produk pangan, misalnya sebagai sereal sarapan dan minyak bekatul (rice bran oil).[1]

Baca juga  Update Harga Tiket Alive Museum & Alive Star Ancol

Nah, agar memperoleh gambaran, berikut kami rangkum daftar harga bekatul dalam berbagai merk dan ukuran di pasaran.

Ilustrasi: Salah Satu Produk Bekatul di Pasaran (credit: technology-indonesia)
Ilustrasi: Salah Satu Produk Bekatul di Pasaran (credit: technology-indonesia)

Harga Bekatul

Merek Bekatul Harga (Rp)
Dedek Bekatul 1 kg ayam 4.000
Bekatul Premium Pak Boss 200 gr 14.900
Bekatul dr Liem 200gr 18.000
Gasol Organic Tepung Bekatul 200 24.400
Bekatul Beras Hitam Organik 100 gr 26.000
Bekatul Merah Sereal Instant Organik 500 gr 30.000
Bekatul Beras Merah Naturefarm 18 sachet 31.900
ACM Katul Alami 400 gr 33.000
Red Branz Bekatul Instant CRP Queen Series 350 gr 46.500
Seguro Bekatul Organic 400 gr 58.900
CRP Bekatul Beras Merah 59.000
Katul Gandum 59.000
Beras Hitam CRP Bekatul 67.300
Serbuk Minuman Tepung Mata Beras CRP Nature Farm 88.000
Vitayang Bekatul Beras Merah 105.000

Informasi harga bekatul di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga bekatul dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga bekatul yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Terbaru Harga Nastar Kiloan di Pasaran

Apabila Anda sedang mencari produk bekatul untuk pangan, Anda bisa mencarinya di toko-toko atau makanan organik yang ada di sekitar Anda. Sedangkan bekatul untuk bisa Anda cari di toko-toko pertanian atau pakan ternak. Jika kesulitan mencari bekatul di toko terdekat, tak ada salahnya membeli bekatul secara online lewat sejumlah marketplace.

[1] Budijanto, S dkk. 2017. Pengembangan Bekatul sebagai Pangan Fungsional: Peluang, Hambatan, dan Tantangan. Jurnal Pangan. 26(2): 1-11.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *