Info Terkini Harga Joran Daiwa Tatula

Bagi Anda yang gemar memancing, terutama kalangan profesional, pasti sudah tidak asing lagi dengan joran produksi Daiwa. Ini adalah merk alat pancing asal Jepang yang diklaim punya kualitas mumpuni. Daiwa sendiri sudah merilis banyak varian joran, termasuk tipe Tatula, dan umumnya dijual dengan harga berkisar jutaan rupiah.

Dilansir dari Wikipedia, Globeride Inc. (sebelumnya Daiwa Seiko Corporation) adalah perusahaan Jepang yang memproduksi peralatan memancing selain peralatan tenis, golf, dan sepeda. Produk Globeride, yang dijual dengan merk Daiwa, adalah penyumbang pendapatan tertinggi untuk perusahaan. Sementara, produk alat tenis dijual dengan brand Prince, sedangkan merk produk golf adalah GIII, dan produk sepeda punya merk Bottechia.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Anak-Anak Sedang Memancing (credit: teespring)
Ilustrasi: Anak-Anak Sedang Memancing (credit: teespring)

Masih menurut sumber yang sama, Globeride didirikan pada tahun 1958 silam dan berkantor pusat di Jepang. Pabrikan ini juga memiliki anak perusahaan yang tersebar di Australia, China, Prancis, Jerman, Taiwan, Thailand, Inggris, hingga AS. Anak perusahaan di Inggris, bernama Daiwa Sports Ltd., berdiri pada 1977 dan memulai produksi pada tahun berikutnya lewat tongkat pancing dan stick golf.

Review Joran Daiwa Tatula

Seperti disampaikan di atas, untuk produk joran atau rod, Daiwa memiliki banyak tipe. Nah, salah satu model yang lumayan laris di pasaran adalah Tatula. Produk ini pertama kali diluncurkan ke pasaran global sekitar tahun 2013 lalu di bawah kampanye pemasaran yang sangat kreatif yang disebut ‘Proyek T’, dan sekarang telah muncul dalam beragam varian.

Model Daiwa Tatula TAT721HFB misalnya, memiliki hasil akhir atau finishing yang jelas dan mengilap di atas bagian yang tidak dikosongkan. Hasil akhir joran ini sangat tipis, karena Anda masih bisa merasakan tonjolan yang dihasilkan dari bungkus plastik di atas bahan kosong yang dipakai untuk menahan grafit saat proses pembuatan. 

Baca juga  Info Terkini Pengertian, Klasifikasi dan Contoh Biaya Tetap

Pegangan joran terbuat dari EVA foam dan terbelah di bagian belakang tanpa celah yang terlihat di setiap ambang batas material. Tidak ada fore-grip pada batang ini, selain mur pengunci mesin untuk dudukan reel. Epoksi di sekitar panduan dan aksen membungkus sempurna, tetapi bagian kosong dari Tatula TAT721HFB memiliki tikungan kecil ke kiri sekitar sembilan inci dari ujung. Jika tidak, panduan ini tampaknya berada pada posisi yang benar di sepanjang bagian yang kosong.

Cocok dengan Daiwa Exceler untuk sebuah tes pengujian, Tatula TAT721HFB menunjukkan kinerja casting yang sangat baik. Tip dimuat sangat mudah dan dapat menangani umpan dengan nyaman dalam peringkat umpan yang direkomendasikan. Joran ini benar-benar menyenangkan dengan setengah ons jig dengan tongkat ini.

Beratnya hanya empat ons untuk sebuah tongkat yang diberi kekuatan besar, mudah untuk menerima begitu saja tulang punggung yang dimiliki tongkat ini. Tatula TAT721HFB merupakan joran yang sama kuatnya dengan MBR844C GLX dan ia juga menghasilkan daya ini di air. Ada lebih dari cukup tulang punggung di batang ini untuk mengatur kait dan mengontrol tangkapan Anda ke kapal.

Model lain yang menjadi favorit banyak pemancing adalah Tatula 6101. Pasalnya, rod ini punya kekuatan dan fleksibilitas yang luar biasa karena ujung ‘mega top  8’ yang kokoh, dengan 2 pemandu kaliber kecil yang melilit. Ini memungkinkan saya untuk mendeteksi ‘gigitan’ ikan dengan mudah. Ujung memberi jalan yang sangat baik ke tulang punggung batang yang kuat dan kaku. 

Tidak susah mendapatkan joran Daiwa Tatula. Pasalnya, produk ini sudah dijual bebas  ke pasaran global, termasuk di Indonesia. Anda bisa mendapatkan alat pancing ini di berbagai toko peralatan memancing atau situs beli online. Nah, berikut kami sajikan kisaran harga joran Daiwa Tatula dalam berbagai tipe pada tahun 2020 dan 2021

Joran Daiwa Tatula - www.tokopedia.com
Joran Daiwa Tatula – www.tokopedia.com

Harga Joran Daiwa Tatula

Tipe Daiwa Tatula Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Daiwa Tatula 702 MHS Rp2.000.000 Rp2.000.000
Daiwa Tatula 602 MHST Rp2.193.000 Rp2.030.000
Daiwa Tatula 711 MHXB Rp2.035.000 Rp2.100.000
Daiwa Tatula 6101 MXB Rp1.820.500 Rp1.750.000
Daiwa Tatula 602 MHS Rp2.149.000 Rp2.140.000
Daiwa Tatula 702 MB Rp2.150.000 Rp2.000.000
Daiwa Tatula 662 MB Rp2.700.000 Rp2.000.000
Daiwa Tatula 704 MHS Rp2.020.000
Daiwa Tatula 694 MS Rp1.850.000
Daiwa Tatula 664 MLS Rp1.850.000
Baca juga  Info Terbaru Tarif Pasang dan Biaya Langganan IndiHome

Sebagai bahan perbandingan, tahun 2019 lalu harga joran Daiwa Tatula dibanderol antara Rp1,65 juta sampai Rp2,5 juta. Kemudian, tahun 2020 naik ke kisaran Rp2 juta sampai Rp2,7 juta. Tahun 2021 ada beberapa tipe joran baru, seperti 704 MHS, 694 MS, hingga 664 MLS. Harga joran merk Daiwa Tatula di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat pemancingan dan situs beli online. Harga joran Daiwa Tatula tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko alat pancing terdekat di kota Anda.

Ilustrasi: Tips Memilih Joran (credit: sports-blogging)
Ilustrasi: Tips Memilih Joran (credit: sports-blogging)

Tips Memilih Joran

  • Karena teknik memancing dan sasaran memancing sangat banyak dan luas, maka memilih joran pancing harus disesuaikan dengan hal-hal tersebut. Joran untuk teknik jigging pasti tidak sama dengan joran untuk teknik fly fishing. Demikian juga memancing di air laut, tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam air tawar.
  • Mengetahui bahan pembuat joran juga bisa menjadi kunci agar kegiatan memancing Anda berlangsung menyenangkan. Setidaknya, ada empat material yang sering digunakan untuk membuat joran, yakni fiberglass, carbon, medium mix carbon dan fiberglass, serta high carbon composite.
  • joran juga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Untuk joran fiberglass, umumnya kuat dan elastis, namun cukup berat. Sementara, joran carbon cenderung ringan namun mudah getas atau patah dibandingkan joran fiberglass.
  • Ketahui juga model handle joran. Joran pendek biasanya dipakai untuk single-hand casting, sedangkan yang panjang untuk double-hand casting. Sementara, untuk jenis medium, umumnya digunakan untuk single-hand casting dengan posisi ujung joran yang panjang dapat membantu pemancing menahan beban joran.
  • Sebaiknya, pilih joran dengan diameter yang tidak terlalu besar. Pasalnya, joran dengan diameter besar umumnya akan membuat tangan pemancing menjadi tidak nyaman saat memegang. Namun, apabila Anda hendak memancing di lautan dengan target ikan besar, maka joran dengan diameter besar adalah pilihan terbaik.
  • Tentukan juga apakah Anda memilih memakai fast tapper atau slow tapper. Untuk fast tapper, cenderung keras di bagian pangkal hingga ke bagian tengah, lalu sedikit lemas di ujung. Sebaliknya, untuk model slow tapper, cenderung lentur mulai dari ujung joran dekat handle atau grip.
  • Sebaiknya, gunakan joran 1 section atau satu batang, alias tidak ada sambungan. Namun, untuk joran dengan panjang lebih dari 180 cm, memang agak sulit untuk memaksa memakai one piece.
Baca juga  Info Terbaru Harga Drum Plastik 500 Liter

Nah, itu tadi sedikit tips sebelum Anda memutuskan untuk membeli joran idaman Anda. Tips di atas diharapkan dapat membantu Anda menemukan tipe dan ukuran joran yang paling tepat, sehingga kegiatan memancing Anda pun bisa menjadi lebih menyenangkan dan berkesan, baik di kolam pemancingan, sungai, danau, maupun laut.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.