Info Harga Atasan Batik Wanita dan Tips Memilihnya

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Pada umumnya batik memiliki motif yang indah dan beragam. Siapa pun yang memakainya dapat terlihat elegan dan berkelas.

Ilustrasi: canting untuk membuat batik tulis (sumber: pinterest)
Ilustrasi: canting untuk membuat batik tulis (sumber: pinterest)

Berbicara soal atasan batik wanita, item fashion satu ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis bawahan, seperti rok, celana, atau kain panjang. Atasan batik wanita juga dapat digunakan untuk berbagai acara, seperti acara formal, semi formal, maupun kasual.

Bacaan Lainnya

Mengapa Batik Semakin Populer?

Sebelum melangkah lebih jauh, penting memahami alasan mengapa batik semakin diminati. Pertama-tama, dilansir dari Indotimes batik adalah simbol kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO. Ini membuatnya menjadi pilihan unik dan berharga, khususnya bagi mereka yang menghargai keindahan budaya. Kedua, beragam corak dan motif yang dimiliki kain batik, menjadikannya fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai macam mode fashion.

Oleh karena itu, batik menjadi pas dipakai dalam berbagai kesempatan. Anda dapat mengenakan atasan batik wanita dengan rok atau celana panjang untuk acara formal atau di kantor. Anda juga bisa memadukannya dengan celana atau rok mini untuk tampilan kasual yang lebih santai. Fleksibilitas ini membuat atasan batik wanita menjadi pilihan serbaguna untuk berbagai momen.

Harga Atasan Batik Wanita

Harga atasan batik wanita sangat beragam, tergantung kualitas bahan, motif, dan mereknya. Atasan batik wanita yang terbuat dari katun premium harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan katun biasa. Perbedaan motif biasanya juga menjadi faktor penentu harga item fashion dari kain batik.

Berikut kisaran harga atasan batik wanita dari berbagai merek yang dirangkum dari official store masing-masing produsen. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan toko.

Batik Keris

Dikutip dari situs resminya, Batik Keris memiliki sejumlah koleksi atasan untuk wanita, di antaranya blouse dan jaket. Harga terendah untuk blouse aneka motif berkisar mulai Rp268.000,-. Sementara untuk item-item premium, blouse Batik Keris dibanderol hingga Rp1,12 juta-an. Sedangkan untuk model atasan lain, yakni jaket, harganya berkisar mulai dari Rp904.000,- sampai yang termahal mencapai Rp2 juta-an.

Batik Semar

Koleksi atasan batik wanita dari brand satu ini juga cukup beragam. Ada berbagai pilihan blouse dengan harga mulai dari Rp250.000,- sampai sekitar Rp500.000,-. Lalu atasan batik model outer, dress, hingga tunik yang banderolnya berkisar antara Rp450.000,- hingga Rp700 ribu-an.

Batik Danar Hadi

Batik Danar Hadi memiliki sejumlah koleksi atasan batik wanita. Di antaranya varian Danar Hadi Basic, Exclusive, DAYS, dan Danadi. Koleksi Danar Hadi Basic dan Exclusive dibanderol mulai harga Rp400 ribu-an. Sementara untuk DAYS, harganya mulai dari Rp429.000,- sampai Rp539.000,-.

Ilustrasi: atasan batik wanita (sumber: shopee)
Ilustrasi: atasan batik wanita (sumber: shopee)

Batik Iwan Tirta

Batik Iwan Tirta merupakan brand premium yang telah berkiprah sejak ’60-an. Jadi, kualitas produk Batik Iwan Tirta sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Soal atasan batik wanita, Iwan Tirta memiliki sedikitnya enam koleksi model atasan batik wanita elegan, harganya berkisar antara Rp8,1 juta sampai Rp9,45 juta-an. Cukup fantastis, bukan?

Batik Alleira

Nama Alleira masih tergolong baru di ranah fashion, khususnya. Namun koleksi-koleksinya cukup banyak diminati, terutama oleh para penggemar kain batik. Beberapa koleksi atasan batik wanita keluaran Alleira Batik, meliputi dress, blouse dan outer. Harganya berkisar antara Rp1,95 juta sampai dengan Rp2,75 juta-an.

Batik Parang Kencana

Kalau brand batik yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena masih mempertahankan teknik tradisional. Koleksi atasan Batik Parang Kencana untuk wanita, termurah adalah Sekar Taruni yang dibanderol Rp525.000,-. Sedangkan varian termahal adalah varian Adya Tisya yang harganya mencapai Rp7,5 juta.

Selain enam merk batik populer di atas, sebenarnya masih terdapat beberapa lagi yang patut disimak koleksinya. Sebut saja Batik Trusmi, Bateeq, Galeri Batik Jawa, Batik Rodeo, dan Batik H. Santoso. Anda dapat dengan mudah menemukannya di platform e-commerce favorit.

Tips Memilih Atasan Batik Wanita

Sebelum membeli atasan batik wanita, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan produk terbaik.

  1. Kenali Jenis Batik: Ketahui perbedaan antara batik tulis, cap, dan printing. Batik tulis adalah yang paling bernilai karena hasil karyanya yang unik dan dibuat secara tradisional.
  1. Perhatikan Kualitas: Pilih atasan batik wanita dengan kualitas kain yang baik, serta jahitan yang rapi untuk memastikan ketahanan dan kenyamanan saat dipakai.
  1. Sesuaikan Desain dengan Gaya Personal: Pilihlah desain atasan batik wanita yang mencerminkan kepribadian dan gaya fashion Anda.
  1. Periksa Ukuran: Pastikan memilih ukuran yang tepat untuk memastikan atasan batik Anda nyaman dipakai.
  1. Perhatikan : Ketahui petunjuk perawatan baju batik Anda agar tetap awet dan cantik selama mungkin.
  1. Beli di Penjual Tepercaya: Pastikan Anda membeli atasan batik dari toko yang terpercaya, agar Anda mendapatkan barang yang berkualitas.

Dengan memakai baju batik, Anda  dapat tampil modis dan elegan sekaligus ikut berbangga dengan warisan budaya . Selain itu, berbagai koleksi item dengan harga yang beragam membuat Anda memiliki banyak pilihan, tinggal sesuaikan dengan anggaran dan selera fashion Anda. Jadi, pilihlah atasan batik wanita yang paling memikat dan Anda akan menjadi pusat perhatian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *