Info Harga Dakron Lembaran dan Kiloan di Pasaran

Dacron atau dakron merupakan sebuah bahan sintetis yang sedang populer untuk kebutuhan tekstil sebagai bahan untuk pengisian boneka, guling, dan juga bantal. Dacron sendiri sebenarnya adalah nama merek dagang dari serat tekstil yang dibuat oleh perusahaan Du-Pont asal Inggris. Nama asli dakron adalah material Polietilena tereftalat, yakni resin polimer termoplast dari kelompok poliester.

Dakron lembaran (sumber: vehicleinsulation.co.uk)

Dakron (sumber: vehicleinsulation.co.uk)

Meskipun sifat dakron agak keras namun bisa digunakan untuk isian bantal, guling, dan boneka supaya tampak lebih berisi dan rapi, serta memiliki bobot yang ringan dan dapat mengembang dengan baik. Kelebihan lain dari dakron, apabila di-press atau divakum, maka setelah dilepas atau dibuka kemasannya, bentuk dakron akan kembali seperti semula. Oleh sebab itu dakron kini lebih banyak dipilih sebagai bahan pengganti kapuk untuk isian bantal. Berikut ini ulasan lengkap mengenai macam-macam dakron.

Jenis-Jenis Dakron

Silicon

Dakron jenis cukup populer di masyarakat. Dacron silicon biasanya terbagi ke dalam beberapa kategori, yakni kelas 1 dan 2 atau grade B. Dakron kelas 1 biasanya merupakan jenis yang bagus, dengan serat yang sangat halus dan warnanya pun putih bersih. Sedangkan untuk dakron kelas 2 warnanya agak kehitaman. Jika ditinjau dari segi , dakron kelas dua umumnya dijual dengan yang relatif lebih murah dibanding dakron kelas 1.

Siliconized Polyester Fiber

Dakron siliconized polyester fiber atau dakron serat polyester silikon disebut-sebut sebagai jenis dakron terbaik saat ini. Dakron jenis ini mempunyai serat-serat yang daya kembangnya tinggi. Ciri-ciri dakron siliconized polyester fiber antara lain memiliki serat halus, berwarna putih, dan bobotnya ringan serta sangat mengembang. Oleh sebab itu dakron jenis siliconized polyester fiber terasa begitu empuk ketika dipakai. Apabila dakron siliconized polyester fiber dipakai sebagai isi bantal, maka bantal tersebut terasa sangat empuk dan lembut. Produk dakron jenis ini disebut-sebut mempunyai kualitas yang bagus dengan harga bersaing.

Baca juga  Harga Daun Kelor Kering dan Segar di Pasaran

Dakron Reguler

Dakron reguler bahan bakunya terbuat dari recycle atau daur ulang. Serat dakron reguler mempunyai tekstur yang agak kasar dan kualitasnya ada di bawah dakron silikon dan juga dakron polyester fiber. Dakron jenis reguler dianggap kurang bagus apabila dipakai sebagai bahan isi bantal, isian boneka, bed cover, dan furniture lainnya karena karakternya yang kurang lembut dan tidak mengembang. Untuk urusan harga, jenis dakron reguler adalah yang biasa dijual dengan harga termurah di pasaran.

Kelebihan Dakron

Dakron kiloan (sumber: Bukalapak)

Dakron kiloan (sumber: Bukalapak)

Dapat Dicuci

Seluruh produk yang terbuat dari dakron bisa dicuci, baik dicuci langsung menggunakan sarungnya atau hanya isinya saja. Setelah dicuci dan dijemur, bantal dengan bahan isi dakron tak akan rusak, justru akan semakin mengembang maksimal. Jadi jika Anda termasuk orang yang peduli pada kesehatan dan kebersihan, bantal atau guling dari dakron mungkin bisa dipertimbangkan.

Baca juga  Update Daftar Harga Minyak Atsiri di Pasaran

Lebih Higienis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahan dakron terbuat dari serat yang berkualitas dan tidak menimbulkan debu, sehingga relatif lebih anti alergi. Para penderita asma biasanya lebih disarankan untuk menggunakan bantal dari dakron dan tak diizinkan menggunakan bantal dari bahan isian kapuk lantaran kapuk lebih mudah menimbulkan debu yang bisa memicu alergi.

Praktis

Dakron disebut-sebut sebagai bahan yang mempunyai tingkat elastisitas tinggi. Jadi untuk pengemasan bantal atau guling dari dakron bisa dipress atau divakum agar tidak memakan terlalu banyak tempat, sehingga memudahkan proses penyimpanan dan juga pengiriman barang.

Karena berasal dari bahan sintetis, tak heran bila dakron tidak mudah ciut meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Yang lebih menarik lagi, dakron begitu disukai sebagai isian bantal, guling, maupun boneka karena dapat dicuci dan sifatnya tidak menyerap air. Dengan demikian, bantal dari dakron yang telah dicuci bisa dikeringkan dengan mudah dan cepat.

Selain untuk isian boneka atau bantal, dakron kini juga banyak dikreasikan untuk keperluan dekorasi atau efek layaknya asap maupun awan di dunia fotografi. Dakron biasanya dijual dalam bentuk menyerupai kapas yang bisa diambil secukupnya saja atau dibeli kiloan (per kilogram), dan ada pula yang dijual dalam bentuk lembaran untuk isi jaket, bedcover, atau sebagainya. Berikut harga dakron lembaran dan kiloan di pasaran.

Baca juga  Harga Honda Blade 110 & 125 Bekas

Harga Dakron Lembaran dan Kiloan

Harga dakron lembaran Hilon dengan tebal 3 cm dan lebar 240 cm dijual dengan harga Rp 30 ribuan per meter, yang tebalnya 2,5 cm dengan 100 x 200 cm dijual seharga Rp 40 ribuan per meter, dan untuk dakron lembaran dengan ketebalan 0,5 cm (5 mm) atau paling tipis (no. 2) harga per 1 meter dengan lebar 160 cm hanya Rp 9 ribuan saja.

Nah, untuk dakron kiloan kualitas bagus yang memiliki serat lembut serta warnanya putih bersih dan empuk dijual dengan harga Rp 40 ribuan per 1 kg, sedangkan dakron dengan kualitas setingkat di bawahnya biasanya dihargai relatif lebih murah, hanya Rp 35 ribuan per kilogram. Namun untuk harga dakron silikon lebih mahal, sekitar Rp 50 ribuan per kg.

Mencari dakron juga tidak terlalu sulit, hampir di setiap kota besar seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, hingga Surabaya biasanya terdapat produsen atau pabrik dakron yang menjual dakron dalam jumlah besar dengan harga yang murah. Dakron biasanya juga banyak dijual di toko-toko aksesoris, toko kerajinan tangan, dan sebagainya. Apabila kesulitan untuk menemukan dakron di toko-toko terdekat, Anda dapat pula membeli dakron secara online di sejumlah situs e-commerce.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Dakron Lembaran dan Kiloan di Pasaran"