Info Terbaru Harga Angciu Botol Kecil dan Botol Besar

Jika makanan Korea paling sedap jika ditambah saus gochujang, maka kuliner asal China konon rasanya lebih mantap apabila dibubuhi angciu. Punya citarasa manis dan berbentuk cairan kemerahan, saus atau kecap ini sering dijadikan untuk memberikan aroma sedap pada nasi goreng, tumis sayur, hingga saus untuk ayam goreng. Biasanya dikemas dalam wadah botol beling, harga angciu bisa dikatakan tidak terlalu mahal.

Ilustrasi Angciu Untuk Masak (sumber: idntimes.com)
Ilustrasi Angciu Untuk Masak (sumber: idntimes.com)

Saat ini, hampir semua kota di Indonesia telah dilengkapi dengan fasilitas restoran. Tidak hanya menyajikan makanan dari dalam negeri, sejumlah tempat juga menawarkan kuliner luar negeri, termasuk dari kawasan Timur. Meski masakan khas Korea dan Jepang sedang booming, namun Chinese food menjadi primadona banyak orang, terlebih di Indonesia memang juga banyak warga yang merupakan keturunan Tionghoa.

Bacaan Lainnya

Masakan asal Negeri Panda sendiri dikatakan sebagai masakan yang paling cepat dalam proses penyajian serta punya gizi tinggi.[1] Dengan proses memasak yang cepat, orang China percaya bahwa kandungan gizi setiap bahan makanan akan tetap terjaga. Di samping itu, karena China merupakan salah satu negara yang mementingkan adat dan budaya, maka hampir setiap kuliner asal negara tersebut memiliki cerita tersendiri, terutama asal-asal resepnya.

Nah, untuk menambah kelezatan setiap Chinese food, biasanya ditambahi dengan saus bernama angciu. Dilansir dari berbagai sumber, juga dikatakan sebagai huangjiu, ini adalah saus yang diperoleh dari hasil fermentasi beras ketan atau tape dengan warna cokelat agak kemerahan dan bening. Saus ini biasanya digunakan dalam masakan khas Tionghoa, dan beberapa memakainya untuk nasi goreng. Selain itu, sejumlah restoran Thailand juga memakai saus ini, terutama untuk menumis.

Angciu (credit: Tokopedia)
Angciu (credit: Tokopedia)

Harga Angciu

Merek AngciuHarga (Rp)
Angciu Shuang Lung 100 ml15.000
Angciu Cap Bunga17.000
Angciu Lao Hwang 330 ml25.000
Angciu merk Xiang Jiu 600 ml50.000

Jika dibandingkan 2020, harga beberapa produk angciu mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, Angciu Lao Hwang 330 ml yang ditawarkan mulai harga Rp19 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp21 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp25 ribu tahun 2022. Begitu pula dengan angciu merek Xiang Jiu yang naik sedikit dari harga Rp40 ribu di tahun 2020, menjadi Rp41 ribu di tahun 2022, naik lagi menjadi Rp50 ribu tahun 2022.

Saus ini sendiri sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di sejumlah minimarket, swalayan, atau melalui beberapa jual beli online. Perlu diketahui, harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

Saus Angciu Botol - www.tokopedia.com
Saus Angciu Botol – www.tokopedia.com

Status Angciu

Sekilas, botol saus sari tapai ini mirip dengan botol kecap asin atau kecap ikan. Botol hitam berukuran 600 ml ini berlabel merah dengan aksara Tiongkok. Namun terkadang, penjual melepas labelnya sehingga pelanggan tidak mengetahui cairan apa yang ada dalam botol tersebut. Pasalnya, angciu dikatakan mengandung alkohol sehingga memabukkan dan karenanya haram dalam hukum agama Islam.

Tapai ketan memang halal. Namun, jika sudah dijadikan saus sari tapai, hukumnya menjadi haram. Lewat kolom Surat Pembaca di Jurnal Halal No. 107 edisi Mei-Juni tahun XVII 2014, LPPOM MUI memperjelas status haram saus sari tapai yang dicampurkan dalam aneka masakan. Menurut lembaga ini, saus sari tapai tersebut arak merah atau angciu dengan kadar alkohol cukup tinggi. Jadi, walau bahan lainnya halal, kalau menggunakan angciu, maka masakannya menjadi haram karena terkontaminasi bahan haram.

Halal sendiri dalam syariah Islam dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang diperbolehkan untuk dilakukan, digunakan, atau diusahakan, karena telah terurai tali atau ikatan yang mencegahnya atau unsur yang membahayakannya dengan disertai perhatian cara memperolehnya, bukan dengan hasil muamalah yang dilarang. Bahkan, mengonsumsi makanan dan minuman yang halal merupakan bagian dari perintah syar’i dan amal saleh.[2]

Lalu, jika angciu memang haram, bagaimana membuat masakan China tetap memiliki rasa yang lezat dan halal disantap? Sebenarnya, ada sejumlah bahan yang dapat Anda jadikan pengganti untuk membuat Chinese food yang akan Anda santap menjadi lebih sedap. Anda bisa memakai kecap asin, irisan jahe, dan air . Ketiga campuran bahan tersebut dikatakan dapat menghasilkan rasa asin-asam dengan sensasi hangat di lidah serta efektif menghilangkan bau amis pada masakan. Jika tidak ingin sensasi hangat, cukup menambahkan campuran kecap asin dan perasan jeruk limau ke dalam masakan.

[Update: Almas]

[1] Utama, Elisabeth Kristina. 2013. Perancangan Interior Resto Edukasi Masakan China di Surabaya. Jurnal Intra, Vol. 1(1): 1-4.

[2] Ali, Muchtar. 2016. Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Industri Halal. Ahkam, Vol. XVI(2): 291-306.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *