Update Biaya Tes CD4 di Klinik dan Laboratorium

No comment7605 views

Anda pernah mendengar tentang sel CD4? Sel CD4 merupakan salah satu bagian penting dari kekebalan kita. Sel ini merupakan jenis sel putih atau limfosit yang terkadang disebut juga dengan sel-T.  Secara umum, ada dua macam sel CD4, yaitu sel T-4 yang kadang disebut sel CD 4 atau sel CD+ (sel pembantu), dan sel T-8 atau CD8 yang merupakan sel penekan atau sel pembunuh.

Tes CD4 - www.burnet.edu.au

Tes CD4 - www.burnet.edu.au

Sel CD4 telah lama dikaitkan dengan virus HIV penyebab AIDS. HIV umumnya menulari sel CD4. Kode genetik HIV menjadi bagian dari sel tersebut. Ketika sel CD4 menggandakan diri (melakukan replikasi) untuk melawan infeksi apa pun, sel tersebut juga membuat tiruan HIV. Nah, ketika seseorang terinfeksi HIV dan belum melakukan anti-retroviral (ART), sel CD4 semakin menurun. Hal itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh semakin rusak. Semakin rendah sel CD4, maka semakin tinggi risiko seseorang untuk jatuh sakit.

Untuk mengetahui kondisi sel CD4, ada baiknya Anda melakukan tes CD4. Dalam tes ini, contoh kecil darah akan diambil dan dites untuk menghitung beberapa tipe sel. Tetapi, jumlah sel CD4 tidak dapat langsung diukur. Laboratorium biasanya akan membuat hitungan berdasarkan jumlah sel darah putih, dan proporsi sel tersebut yang CD4. Karena itu, jumlah CD4 yang dilaporkan oleh tes CD4 tidak persis.

Karena tidak selalu persis, tes CD4 sebaiknya dilakukan berulang setiap tiga hingga enam bulan untuk pasien yang belum diobati dengan ART, atau jangka waktu dua hingga empat bulan untuk pasien yang memakai ART. Tes tersebut sebaiknya diulangi bila hasil tidak konsisten dengan kecenderungan sebelumnya, dan frekuensi akan berbeda-beda tergantung keadaan masing-masing individu.

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk melakukan tes CD4 ini? tes CD4 ini sebenarnya cukup terjangkau, berada di kisaran ratusan ribu rupiah, tergantung kebijakan masing-masing dan laboratorium. Berikut kami sajikan terbaru biaya melakukan tes CD4 di beberapa laboratorium maupun .

Tes CD4 di Laboratorium - bloodtestslondon.com

Tes CD4 di Laboratorium - bloodtestslondon.com

Biaya Tes CD4

Nama Laboratorium atau KlinikBiaya Tes CD4
Klinik Yayasan Angsa Merah (Jakarta Selatan)Tes : Rp190.000
Administrasi : Rp75.000 – Rp100.000
Klinik Flamboyan RSUD Kota BekasiTes : Rp200.000
Administrasi : Rp15.000
Laboratorium ProdiaRp250.000
Bali MedikaTes CD4 : Rp300.000
Paket Pra-ARV Standard : Rp850.000
Paket Pra-ARV Komplet : Rp1.450.000

Pelaporan Hasil Tes CD4

Hasil tes CD4 biasanya dilaporkan sebagai jumlah sel CD4 yang ada dalam satu milimeter kubik darah. Jumlah CD4 yang normal biasanya berada di rentang 500 sampai 1.600 mm3. Namun, karena jumlah CD4 bisa berubah-ubah, maka hasil tes CD4 juga umum dilaporkan dalam bentuk persentase. Misalnya, jika hasil tes CD4 adalah sebesar 34 persen, ini berarti 34 persen limfosit darah kita adalah sel CD4. Persentase ini diklaim lebih stabil jika dibandingkan pelaporan dengan menggunakan jumlah sel CD4 mutlak, dengan angka normal berkisar antara 30 persen sampai 60 persen.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Harga Paket Perawatan Impressions Body Care Center
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Tes CD4 di Klinik dan Laboratorium"