Info Terbaru Harga Alucobond per Lembar dan per M2

Untuk mempercantik tampilan luar , terutama fasilitas publik seperti gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan atau mall, saat ini para kontraktor sering menggunakan bahan aluminium composite panel alias ACP. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk ACP yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Nah, dari sekian banyak brand yang beredar, ACP Alucobond diklaim menawarkan berbagai , seperti tahan terhadap api, tahan terhadap perubahan cuaca, hingga fleksibel dan mudah dipasang. Produk ini ditawarkan dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah per m2 hingga jutaan rupiah jika membeli dalam bentuk lembaran.

Aplikasi Alucubond untuk dinding eksterior bangunan (sumber: stylepark.com)
Aplikasi Alucubond untuk dinding eksterior bangunan (sumber: stylepark.com)

Anda mungkin masih asing dengan ACP. Material ini adalah salah satu bahan yang kini kerap dipakai untuk bagian luar gedung perkantoran, mall, dan sejenisnya, selain juga dapat dimanfaatkan untuk interior. Secara umum, ACP adalah material campuran antara bahan polyethylene (PE) dan aluminium yang disusun berlapis pada kedua sisi PE, lantas dilakukan proses pengecatan menggunakan teknologi coating PVDF sehingga diklaim dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.[1]

Bacaan Lainnya

Material ACP biasanya memang digunakan sebagai pelapis dinding eksterior untuk menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial, seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko.[2] Umumnya, ACP dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi. Sementara, pada dinding interior, ACP sering diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

Review dan Jenis Alucobond

Seperti disinggung di atas, saat ini sudah banyak merk ACP yang dapat Anda gunakan. Beberapa nama yang populer adalah Alcotuff, yang diklaim memiliki lapisan PVDF yang dapat diaplikasikan untuk luar ruangan dan mengandung material tahan api, serta Decobond yang dikatakan terdiri dari dua lembar aluminium dan bahan baku terbaik sehingga punya daya tahan kuat dan bobot yang ringan.

Selain dua merk tersebut, ada pula Alucobond, sebuah brand ACP yang tidak kalah secara kualitas. Dilansir dari situs resminya, Alucobond dikatakan sebagai singkatan dari kualitas konstruksi berkelanjutan dan standar tertinggi. Bahan fasad ini menonjol berkat atribut produknya yang luar biasa seperti kerataan yang presisi, variasi permukaan dan warna, serta kemampuan bentuk yang sangat baik.

Saat ini, perusahaan setidaknya sudah menyediakan tiga tipe Alucobond yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tipe pertama adalah Alucobond Plus, sebuah panel komposit aluminium dengan inti berisi mineral tahan api. Kemudian, ada Alucobond A2 dengan inti mineral berisi tinggi yang tidak mudah terbakar. Sementara, yang terakhir adalah Alucore, sebuah panel sarang lebah aluminium yang diklaim sangat ringan.

Panel alucobond berbagai ukuran ketebalan (sumber: made-in-china.com)
Panel alucobond berbagai ukuran ketebalan (sumber: made-in-china.com)

Kelebihan Alucobond

Saat merencanakan sebuah bangunan, topik proteksi kebakaran sama pentingnya dengan struktur bangunan. Ini seperti ‘kantong udara’ sebuah bangunan, yang mungkin tidak selalu terlihat pada pandangan pertama, tetapi seseorang harus dapat mengandalkannya jika terjadi keadaan darurat. Jika memungkinkan, tidak boleh merusak estetika arsitektur yang baik. Nah, Alucobond merupakan material yang pas karena dikatakan memiliki ketahanan terhadap api sehingga meminimalkan risiko kebakaran.

Alucobond memiliki banyak opsi pemrosesan dan pemasangan yang sederhana. Bahannya bisa digergaji, digiling, dilipat, dan ditekuk menggunakan alat standar dari logam dan pembuat fasad. Produk ini juga dapat dipaku atau disekrup ke sub-struktur, atau dipasang sebagai kaset yang ditangguhkan. Selain itu, panel komposit aluminium tersedia dalam versi tahan api dan tidak mudah terbakar untuk memenuhi persyaratan keselamatan kebakaran gedung di masing-masing negara.

Panel komposit Alucobond dikatakan tidak melepaskan zat berbahaya bagi lingkungan pada titik mana pun dalam siklus hidupnya. Setelah bertahun-tahun digunakan, produk tersebut tetap dapat didaur ulang sepenuhnya dan dapat dikembalikan ke siklus material. Persyaratan pedoman energi saat ini dapat dengan mudah dipenuhi dengan Alucobond dan fasad berventilasi belakang.

Perkembangan Alucobond lebih dari lima puluh tahun yang lalu merupakan revolusi kecil itu sendiri, yakni jenis komposit aluminium inovatif sebagai senyawa material yang ringan, kaku, sangat mudah dibentuk, dan bahkan tahan korosi dan dapat didaur ulang. Karakteristik luar biasa ini meyakinkan para arsitek, perancang, dan pembangun tidak hanya pada saat itu, tetapi hingga sekarang.

Alucobond untuk Bangunan - (kalmaz.ma)
Alucobond untuk Bangunan – (kalmaz.ma)

Harga Alucobond

Tipe/Ukuran AlucobondHarga
Alucobond 0,30 mmRp3.618.000 per lembar
Alucobond 0,40 mmRp4.036.500 per lembar

Jika dibandingkan tahun lalu, harga Alucobond saat ini sedikit turun. Alucobond 0,40 mm misalnya, awalnya dijual Rp4,2 juta dan sekarang menjadi Rp4 jutaan per lembar. Harga Alucobond memang relatif lebih mahal dari produk sejenis karena material ini merupakan buatan Jerman. Jika Anda ingin lebih terjangkau, saat ini sudah ada beberapa toko yang menawarkan jasa pemasangan ACP Alucobond dengan harga mulai Rp700 ribuan per m2, sedikit naik dari tahun lalu yang ditawarkan Rp685 ribuan per m2. Tentu saja harga ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

(Panca)

[1] Vioveta, Lavica, Herry Santosa, Wasiska Iyati. 2017. Eksplorasi Fasade yang Dinamis dengan Material Alumunium Composite Panel pada Bangunan MOG di Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 5(1).

[2] Bahari, Rizal dan Choirul Anam. 2019. Pemanfaatan Potongan Aluminium Composite Panel sebagai Work Station. Prosiding Setpplan (Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur) ITATS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *