Info Terbaru Harga Alcopan per Lembar

Aluminum composite panel, atau biasa disingkat ACP, sekarang telah menjadi salah satu material pilihan untuk membuat tampilan luar bangunan tampak elegan dan mewah. Di pasaran sendiri, ACP sudah hadir dalam berbagai merk, salah satunya Alcopan yang diklaim punya kualitas standar Eropa. Telah tersedia di banyak toko bahan bangunan maupun situs jual beli online, harga Alcopan berkisar ratusan ribu rupiah per .

ACP/Aluminium Composite Material (sumber: comhan.com)
ACP/Aluminium Composite Material (sumber: comhan.com)

Dalam suatu bangunan, entah itu rumah, toko, hotel, pusat perbelanjaan, atau lainnya, fasad atau tampak depan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dihilangkan, bahkan menjadi bagian penting dalam sebuah karya arsitektur.[1] Melalui fasad ini, kita dapat memperoleh gambaran tentang fungsi-fungsi ruang bangunan yang berada di baliknya.

Bacaan Lainnya

Fasad sendiri secara umum dapat dikatakan sebagai salah satu elemen yang dimiliki oleh selubung bangunan, punya makna sebagai muka arsitektur, menghubungkan antara ruang dalam dan ruang luar. Merupakan elemen yang pertama kali dilihat dan diapresiasi, fasad terdiri dari beberapa elemen, antara lain jendela, pintu, dinding, atap, serta sun shading.[2]

Tentu saja, setiap pemilik ingin tampilan bangunan, gedung, atau rumah mereka tampak bagus, mewah, dan elegan. Untuk tujuan ini, ada berbagai yang dapat dilakukan. Cara paling umum adalah mengecat dinding luar dengan berbagai warna. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya pengecatan, terutama untuk bangunan yang luas, Anda bisa mengaplikasikan ACP.

ACP adalah material campuran antara bahan polyethylene (PE) dan aluminium yang disusun berlapis pada kedua sisi PE, lantas dilakukan proses pengecatan coating PVDF yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.[3] Material ini umumnya digunakan sebagai pelapis dinding eksterior guna menonjolkan kesan artistik dan megah pada fasad bangunan komersial, seperti pusat pertokoan, pusat bisnis, hotel, atau ruko.

Secara umum, ACP dapat dibedakan menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah ACP PVDF atau polyvinylidene difluoride, yang sering diaplikasikan untuk eksterior bangunan. ACP ini memiliki keunggulan berupa ketahanan terhadap segala jenis cuaca, yang membuat warnanya lebih awet atau tahan lama meskipun sering terkena hujan dan sengatan sinar matahari. Sementara, model kedua adalah ACP PE atau , yang kerap diaplikasikan pada interior bangunan karena umumnya cuma menggunakan satu lapisan.

Review Alcopan

Apabila Anda berminat mengaplikasikan ACP, ada banyak brand yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Nah, salah satu yang diklaim berkualitas karena berstandar Eropa adalah Alcopan. Sudah eksis di pasaran dalam negeri sejak tahun 2012 silam, Alcopan dibuat menggunakan teknologi Jerman, tetapi ditawarkan dengan harga yang bersaing.

Dilansir dari situs resminya, Alcopan sudah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 untuk sistem manajemen kualitas dan ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan, sehingga konsumen tidak perlu ragu mengenai kualitas produk. ACP Alcopan juga telah diuji coba dan telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perindustrian dan SGS.

Instalasi ACP/Aluminium Composite Panels pada bangunan (sumber: aluwallacp.com)
Instalasi ACP/Aluminium Composite Panels pada bangunan (sumber: aluwallacp.com)

Sejumlah kelebihan material ini antara lain produksi yang mencapai 2.600.000 m2 per tahun atau 3.000 s/d 4.000 m2 per hari, dapat dipesan dengan ukuran atau dengan modul yang diinginkan, kualitas bahan baku yang terjamin dan memenuhi standar internasional, garansi warna sampai dengan 10 tahun yang dikeluarkan oleh PT Kencana Panelindo selaku produsen, waktu pengiriman yang lebih cepat karena pabrik yang terletak di Indonesia, serta hadir dalam banyak pilihan warna dan dapat memenuhi permintaan warna custom.

Jika Anda berminat dengan produk ini, Alcopan sudah tersedia dalam dua tipe, yakni ACP Alcopan PVDF 0.3 dan ACP Alcopan PE 0.21. Untuk varian pertama, memiliki dimensi 1,2 x 2,4 m untuk tipe standar dan 1,2 x 4,8 m untuk tipe jumbo, total 4 , dan tebal coating 0,3 mm. Sementara, model kedua juga punya ukuran yang sama, hanya berbeda bahan pembuatnya.

Harga Alcopan

Tipe AlcopanHarga
Alcopan PE 3 mmRp434.000 per lembar
Alcopan 0.21 PERp525.000 – Rp601.000 per lembar
Alcopan 4 mm PVDF 0.3Rp700.000 per lembar
Alcopan PE 4 mmRp742.000 – Rp771.750 per lembar
Alcopan 4 mm PVDF 0.3 GlossyRp1.011.000 per lembar

Harga Alcopan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Harga tersebut berlaku untuk Alcopan ukuran standar atau 1,2 x 2,4 m. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga Alcopan saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Alcopan PE 4 mm misalnya, awalnya dijual Rp700 ribu dan sekarang menjadi Rp742 ribu sampai Rp771 ribu per lembar. Sebaliknya, harga Alcopan PE 3 mm yang semula Rp572 ribu, sekarang turun menjadi Rp434 ribu per lembar.

[1] Setiawan, Dedi dan Tin Budi Utami. 2016. Tipologi Perubahan Elemen Fasad Bangunan Ruko pada Penggal Jalan Puri Indah, Jakarta Barat. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, Vol. 6(1): 15-24.

[2] Utami, dkk. 2013. Kajian Bentuk dan Fasade Hotel Hilton Bandung. Jurnal Reka Karsa Teknologi Nasional Bandung, Vol. 1(1).

[3] Vioveta, Lavica, Herry Santosa, Wasiska Iyati. 2017. Eksplorasi Fasade yang Dinamis dengan Material Alumunium Composite Panel pada Bangunan MOG di Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 5(1).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *