Manfaat dan Update Harga Akar Tunjuk Langit Segar dan Kering

Sering ditemukan liar di area hutan dan hilir sungai, tanaman tunjuk langit memiliki manfaat sebagai obat. Bagian tanaman yang diolah adalah akar yang menjuntai dan bercabang. Di pasaran, akar tunjuk langit dijual dalam bentuk segar dan kering dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: Akar Tunjuk Langit (credit: Twitter/@ImanAkar)
Ilustrasi: Akar Tunjuk Langit (credit: Twitter/@ImanAkar)

Tunjuk langit atau dikenal dengan nama rawu bekubang dan akar lipan memiliki kandungan antioksidan tinggi dan etanol yang diklaim mampu menurunkan kadar asam urat darah.[1] Selain itu, akar lipan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut.

Bacaan Lainnya

Manfaat Akar Tunjuk Langit

  • Akar tumbuhan tunjuk langit secara tradisional dipakai untuk mengobati batuk 100 hari. Dilansir dari klikdokter, batuk 100 hari merupakan gejala infeksi saluran napas yang disebabkan bakteri Bordetella pertussis dan penyakit ini bisa menyebar lewat terhirupnya droplet liur yang keluar dari penderita batuk sebelumnya. Gejala batuk ini tidak hanya dialami orang dewasa, tetapi juga -anak dan jika dibiarkan bisa menyebabkan lemas, sesak, muka kemerahan, dan gangguan tidur.
  • Akar lipan juga diketahui bisa dijadikan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan disentri pada orang dewasa. Dilansir dari halodoc, disentri merupakan penyakit usus yang menyebabkan diare disertai darah atau lendir. Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri shigella, campylobacter, E.coli, dan salmonella. Jika penyakit ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan muntah, mual, kram, nyeri perut, dan dehidrasi parah.
  • Dilansir dari Taman Nasional Bukit Duabelas, akar tanaman tunjuk langit biasa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit paru. Hal ini karena akar lipan memiliki sifat antiradang dan sitotoksik. Biasanya, penderita penyakit akan mengalami nyeri di bagian dada dan bisa diredakan dengan bahan alami dengan sifat antiradang.
  • Bagi Anda yang mengalami gejala malaria seperti demam, anemia, nyeri otot, dan kepala, Anda bisa menghilangkannya menggunakan akar tunjuk langit. Dicuplik dari halodoc, malaria disebabkan parasit yang menyebar melalui gigitan nyamuk dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.
  • Beberapa orang juga percaya, akar tunjuk langit sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol dan menekan kadar glukosa dalam darah penderita diabetes tipe dua. Hal ini karena tanaman herbal tersebut berpotensi untuk memperbaiki resistensi insulin.
  • Diketahui pula, akar tunjuk langit yang memiliki agen antipiretik dan antiflogistik mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, dengan kandungan antioksidan yang tinggi, dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker.
Baca juga  Update Harga Buah Pinang (Iris, Segar, Kering)

Untuk mendapatkan semua manfaat akar lipan, tentunya Anda harus mengetahui cara konsumsi yang tepat. Memiliki bentuk yang agak menyeramkan dan berukuran besar, Anda tidak bisa sembarangan mengolahnya. Berikut referensi cara mengolah akar tunjuk langit sebagai obat.

Tanaman Tunjuk Langit (sumber: wikipedia.org)
Tanaman Tunjuk Langit (sumber: wikipedia.org)

Cara Mengolah Akar Tunjuk Langit

  • Akar tunjuk langit yang segar dan baru panen atau baru dipotong harus disortir dulu untuk menentukan kualitas dan kelayakan konsumsinya. Pilihlah akar yang sudah tua dengan serat yang banyak dan tidak mudah patah. Setelah itu, potong kecil-kecil sesuai dengan sekat dan ruasnya.
  • Cuci akar lipan dan gosok bagian bonggol serta ujungnya supaya tidak ada sisa tanah yang melekat. Bilas akar menggunakan air hingga sebagian lendirnya hilang, lalu tiriskan. Jemur akar lipan menggunakan panas matahari secara penuh hingga kering, biasanya memakan waktu selama dua malam.
  • Selain bisa dijemur secara langsung di bawah sinar matahari, akar tunjuk langit bisa dikeringkan menggunakan oven bersuhu rendah. Pastikan Anda menggunakan api bawah dan atas dengan panas yang sama supaya tidak gosong.
  • Angin-anginkan akar tunjuk langit yang sudah kering. Setelah dingin, siap untuk digunakan dengan cara direbus atau diseduh seperti teh. Beberapa orang ada yang menumbuknya terlebih dahulu dan mengubahnya menjadi serbuk untuk dicampur dengan bahan jamu lain, seperti rempah-rempah dan gula batu.
Baca juga  Update Harga Pahat Beton di Pasaran (Berbagai Merk dan Ukuran)

Bagi Anda yang membutuhkan akar tunjuk langit untuk obat berbagai penyakit, Anda bisa membelinya di toko obat herbal terdekat atau jual beli online. Sebagai referensi, berikut harga akar tunjuk langit.

Ilustrasi: Manfaat Akar Tunjuk Langit Kering (credit: Suarabali)
Ilustrasi: Manfaat Akar Tunjuk Langit Kering (credit: Suarabali)

Harga Akar Tunjuk Langit

Varian Akar Tunjuk Langit Harga
Akar Tunjuk Langit Bibit 1 pot Rp40.000
Akar Tunjuk Langit Kering 100 gr Rp50.000
Akar Tunjuk Langit Segar 500 gr Rp200.000
Akar Tunjuk Langit Kering 500 gr Rp237.500
Akar tunjuk Langit Segar 1 kg Rp287.750
Akar Tunjuk Langit Kering 1 kg Rp308.000

Harga akar tunjuk langit di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk jual beli online. Harga akar lipan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga akar tunjuk langit tahun 2022 meningkat drastis. Sebagai contoh, akar tunjuk langit kering 100 gr tahun 2021 yang dibanderol Rp19 ribu, naik menjadi Rp40 ribu tahun 2022.

Baca juga  Harga Timbangan Duduk 100 Kg Manual & Digital Terbaru

[Update: Almas]

[1] Rahim, Novia, Hilwan Yuda Teruna, Jasri. 2017. Isolasi dan Karakterisasi Senyawa Metabolit Sekunder dari Ekstrak Metanol Akar Tumbuhan Tunjuk Langit (Helminthostachys zeylanica). Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia Universitas Riau, Vol. 5(2): 62-66.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.