Update Harga Abon Ayam (Berbagai Merk)

Banyak orang mengonsumsi abon tidak hanya sebagai camilan tetapi juga lauk sehari-hari. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis membuat abon semakin digemari masyarakat, terlebih harga abon lebih murah jika dibanding dengan harga daging. Abon sendiri ada berbagai jenis, tergantung dari bahan utamanya, seperti abon sapi, abon , abon rusa, abon babi, abon kambing, dan abon ayam. Dari semua jenis abon yang ada, abon ayam terbilang cukup laris karena dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Harga Abon Ayam (credit: Omiyago)
Ilustrasi: Harga Abon Ayam (credit: Omiyago)

Abon ayam merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari daging ayam dengan bumbu rempah dan gula jawa. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai harga abon ayam di pasaran, ada baiknya Anda mengetahui manfaat abon ayam. Dengan mengetahui manfaat abon ayam, Anda bisa mengetahui bahwa mengonsumsi abon ayam juga baik untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

Manfaat Konsumsi Abon Ayam

  • Sumber . Abon ayam terbuat dari olahan daging ayam, tentunya memiliki jumlah protein yang cukup bagi kebutuhan tubuh Anda. Abon ayam juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan mengonsumsi makanan berprotein lainnya. Anda bisa menjadikannya sebagai lauk harian untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh Anda.
  • Sumber energi. Abon ayam juga mengandung kalori sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, selain memiliki kandungan protein yang cukup. Bagi Anda yang ingin bugar seharian dan tidak mudah lelah, bisa mengonsumsi abon ayam sebagai salah satu asupan makan siang setelah lelah beraktivitas.
  • Lebih hemat. Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai abon ayam, yaitu lebih hemat. Sebagai salah satu jenis lauk, abon ayam bisa menjadi pilihan Anda yang ingin menghemat di tanggal tua. Hal ini karena harga abon ayam yang cukup terjangkau di pasaran.
  • Lebih praktis. Menjadikan abon ayam sebagai teman lauk sehari-hari juga lebih praktis. Anda tidak perlu memasak atau mengolah bahan makanan. Bisa dibilang, abon ayam juga salah satu jenis makanan siap saji yang praktis dan instan. Anda bahkan hanya perlu membuka kemasannya saja dan menuangkan abon di atas nasi panas untuk mengonsumisnya.
  • Bisa dijadikan campuran kue. Beberapa jenis kue atau roti memilih abon ayam sebagai salah satu campurannya. Sebagai inovasi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Beberapa kue atau roti dengan bahan campuran abon ayam, seperti sumpia, bakpao, kroket, dan masih banyak lagi.
  • Meningkatkan nafsu makan. Beberapa bahan campuran yang digunakan dalam pembuatan abon ayam, seperti rempah-rempah, dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Ini baik bagi Anda yang sedang sakit dan kehilangan nafsu makan. Aroma dan rasa abon ayam yang menggugah selera juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda.
  • Bisa dikonsumsi hingga berbulan-. Salah satu manfaat sekaligus keunggulan abon ayam yang menjadi alasan banyak orang membelinya, yaitu abon ayam termasuk salah satu makanan olahan yang awet. Abon ayam mampu bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan lamanya tanpa harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Hal ini karena abon ayam memiliki tekstur yang garing dan renyah, selain itu juga karena banyaknya rempah-rempah yang digunakan.
  • Baik untuk kesehatan tulang. Abon ayam memiliki kandungan vitamin D dan fosfor yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, abon ayam juga mampu mencegah osteoporosis di kemudian hari.
  • Baik untuk pertumbuhan anak. Manfaat abon ayam bagi anak-anak tidak hanya mencerdaskan otak saja karena kandungan proteinnya, tetapi juga membantu proses pertumbuhan mereka lebih cepat dan baik.

Ada baiknya juga Anda tidak mengonsumsi abon ayam secara berlebihan, apalagi jika Anda telah memasuki usia paruh baya. Pasalnya, abon ayam juga memiliki kandungan lemak walaupun tidak banyak. Jika Anda memakannya terlalu berlebihan, bisa berisiko terhadap kenaikan kadar kolesterol dalam darah.

Ilustrasi: Abon Ayam (credit: Merdeka)
Ilustrasi: Abon Ayam (credit: Merdeka)

Harga Abon Ayam Homemade

Harga abon ayam di beragam, tergantung merk dan ukuran kemasan. Di pasar, abon ayam repack atau homemade tanpa kemasan 250 gr saat ini dijual mulai Rp65 ribu, sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp40 ribuan. Sementara itu, harga abon ayam kiloan hingga sekarang relatif stabil berada di kisaran Rp250 ribuan per kemasan.

Selain abon ayam homemade dan kiloan, di pasaran juga dijual abon ayam bermerk dengan harga bervariasi. Pada lalu, abon ayam merk Dapur Sehati dan Aboni masing-masing dijual dengan harga Rp23 ribuan per kemasan. Kemudian pada 2021, harga abon ayam merk Dapur Sehati naik menjadi Rp30 ribu, sedangkan harga abon ayam Aboni menjadi Rp25 ribu per kemasan. Berikut perbandingan harga abon ayam antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Abon Ayam

Abon Ayam (sumber: klikdokter)
Abon Ayam (sumber: klikdokter)
Merk Abon Ayam Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Abon Ayam Bu Ajeng 25 gr Rp9.900 Rp9.900
Abon Ayam Dapur Nenk Anin 60 gr Rp10.000 Rp10.000
Abon Ayam 244 80 gr Rp12.500 Rp12.500
Abon Ayam Cap Jago 60 gr Rp15.000 Rp15.000
Abon Ayam Karwati 125 gr Rp17.000 Rp18.000
Abon Ayam Karwati Toples Merah Rp20.500 Rp20.500
Abon Ayam Bibon Rp25.000 Rp25.000
Abon Ayam Cahaya Solo Rp30.000 Rp30.000
Abon Ayam Haji Ghoniyah 100 gr Rp23.000 Rp26.000
Abon Ayam Dapur Sehati Rp30.000 Rp26.000
Abon Ayam Cap Jago 125 gr Rp28.000 Rp28.000
Abon Ayam Dapur Nenk Anin 200 gr Rp30.000 Rp30.000
Abon Ayam Pak Gondo 100 gr Rp38.000 Rp33.999
Abon Ayam Aboni 100 gr Rp25.000 Rp34.500
Abon Ayam Nafisa 50 gr Rp35.000 Rp35.000
Abon Ayam Cap Jago 250 gr Rp45.000 Rp50.000

Harga abon ayam di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga abon ayam di pasaran saat ini relatif stabil, meski ada beberapa produk yang harganya turun. Perlu diingat, harga abon ayam tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi pasar atau pusat perbelanjaan terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *