Fungsi & Harga Terbaru Toren 500 Liter

No comment2470 views

atau biasa disebut dengan toren (tandon) sering digunakan sebagai tempat untuk menampung . Biasanya terbuat dari bahan plastik, ada juga yang dari logam, toren tersedia dalam beragam . Jika Anda membutuhkan yang berkapasitas 500 liter, harganya di saat ini mulai Rp1 jutaan.

Aneka macam tangki toren (sumber: 99.co)

Aneka macam tangki toren (sumber: 99.co)

Tandon air atau tangki air memang dikenal sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan air. Mengumpulkan di sini lebih mengarah sebagai bentuk penampungan air untuk tujuan tertentu. Air itu dapat berasal dari berbagai sumber, seperti air hujan yang dialirkan menggunakan talang, air sumur yang disedot menggunakan pompa air, dan juga air yang berasal dari PAM atau juga Pamsimas.

Penampung air yang juga biasa disebut dengan toren ini bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan air, baik itu bagi maupun untuk bangunan publik yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti kamar mandi/toilet atau apa pun itu yang membutuhkan air. Pada perkantoran, tempat ibadah, hotel, bandara, dan bangunan publik lainnya hampir semuanya terdapat tandon air. Dikarenakan bangunan yang diperuntukkan untuk umum tentunya harus dapat memenuhi kebutuhan air dengan lancar dan terkendali.

Toren atau tandon juga terdapat pada tempat usaha seperti rumah makan, laundry, tempat pencucian mobil/motor, serta tempat usaha lainnya yang membutuhkan adanya air. Tempat ini seharusnya memiliki tandon air, bahkan sebaiknya dengan ukuran yang besar.

Sebenarnya, berapapun ukuran toren, dianjurkan tersedia baik di setiap rumah maupun bangunan publik. Tentu saja bangunan publik yang dimaksud di sini adalah jika di dalamnya terdapat fasilitas yang membutuhkan air, seperti kamar mandi atau toilet misalnya. Bahkan, untuk rumah makan akan sangat berguna, karena di tempat ini biasanya tidak terlepas dengan air.

Fungsi Toren

Tangki air toren (sumber: kaospolosgrades.com)

Tangki air toren (sumber: kaospolosgrades.com)

Persediaan Air

Dengan tersedianya tempat penampung air (toren) ini, maka dapat dikatakan bahwa persediaan air akan aman terkendali. Artinya, jika suatu saat tiba-tiba sumber air tidak berjalan semestinya, Anda mempunyai cadangan air yang dapat digunakan. Tentu saja, hal ini akan dipengaruhi oleh seberapa besar ukuran tandon yang digunakan, dan juga jika pada saat itu dalam keadaan terisi penuh, atau paling tidak ada isinya walaupun cuma setengahnya saja.

Seperti halnya pada saat listrik padam, jika menggunakan air yang berasal dari sumur, maka pompa air tidak dapat dinyalakan. Dengan begitu, tentu saja tidak dapat mengalirkan air saat Anda membutuhkannya. Nah, ika terdapat penampung air, sambil menunggu pompa air dapat difungsikan kembali, persediaan air akan tetap ada.

Bagi yang mencukupi kebutuhan air dengan memanfaatkan fasilitas PAM, ketika tiba-tiba air tidak mengalir, juga tidak perlu khawatir karena persediaan masih ada. Untuk yang kesulitan mendapatkan air bersih sehingga memanfaatkan air hujan sebagai pemenuhan kebutuhan yang utama, pun disarankan untuk memiliki penampung air.

Menghemat Pemakaian Energi Listrik

Khususnya bagi Anda yang menggunakan air bersumber dari sumur, tentu membutuhkan energi listrik untuk menyalakan pompa air. Semakin sering menyalakannya, listrik akan semakin sering digunakan, dan tentu saja akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan, baik itu untuk membayar biaya rekening listrik maupun untuk membeli pulsa listrik. Lain halnya jika tersedia tandon, pemakaian energi listrik akan lebih hemat. Pompa air akan dinyalakan ketika air dalam tandon habis.

Di pasaran, toren dijual dengan harga bervariasi. Misalnya untuk kapasitas 500 liter, harganya mulai Rp1 jutaan. Selain kapasitasnya yang berbeda-beda, toren juga tersedia dalam berbagai bahan. Ada yang , dan ada yang stainless. Menurut beberapa orang, bahan-bahan tersebut pada dasarnya sama bagusnya karena sudah melalui uji layak lepas pasar. Mengenai atau bahan, kembali lagi kepada preferensi konsumen.

Harga Toren 500 Liter

Tumpukan tangki toren (sumber: jualo.co.id)

Nama BarangHarga (Rp)
Tangki Air SL Sumatera 500 Liter1.000.000
Toren Cap Ikan 500 Liter1.295.000
Toren Air/Tank Penguin 500 Liter TB 55 Ori1.470.000
Tangki Air Penguin Blow Tw55 500 Liter1.540.000
Tangki Air Pendam Penguin 500 Liter TP551.850.000
Tangki Air Stainless Tirta 500 Liter2.075.000
Tangki Air Stainless Penguin TBSK 500 Liter3.875.000

Tips Memilih Toren

Pilih toren yang tidak mengubah kualitas air yang disimpan. Perubahan cuaca (musim hujan atau panas) dianggap bisa membuat benda-benda yang disimpan di luar ruangan termasuk toren (apalagi yang terbuat dari bahan plastik) bisa terpengaruh.

Pilih toren yang lapisan dindingnya bisa hemat energi, bebas lumut, dan tahan cuaca. Toren yang memenuhi ketiganya biasanya terbuat dari material low linear density polyethylene yang berstandar food-grade. Artinya, tidak mudah bocor, mudah dibersihkan, dan air simpanan juga bisa langsung diminum (cocoklah buat air isi ulang).

Kemudian, dinding terdalam alias interior layer sebaiknya yang higienis, licin, dan tanpa rongga sehingga mengurangi partikel yang melekat. Lapisan tengah alias insulation layer sebaiknya dibuat dengan lapisan foam yang berfungsi meredam benturan dan tekanan. Lapisan ini juga menjaga suhu dalam tangki lebih stabil. Sementara, lapisan terluar alias skin layer sebaiknya dibuat agar tahan sinar UV dan kedap terhadap cahaya matahari, dan warna yang tidak mudah pudar.

Apabila Anda masih bingung memilih toren yang sesuai, bisa menanyakan langsung kepada penjual toren terdekat. Anda bisa juga mendapatkan referensi dari orang terdekat yang sudah memakai toren terlebih dahulu sehingga dapat sangat membantu dalam menentukan pilihan.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga 1 Botol Equil, Air Mineral Premium
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Fungsi & Harga Terbaru Toren 500 Liter"