Fungsi dan Harga SikaBond NV (10 Kg & 200 Kg)

Semen merupakan salah satu material penting untuk pekerjaan bangunan, dengan fungsi utama untuk merekatkan batu, bata, beton, batako, maupun bahan bangunan lainnya. Nah, untuk menambah daya rekat semen, Anda bisa memakai produk SikaBond, yang diklaim bisa digunakan dengan semua tipe portland semen. Tersedia dalam kaleng 10 kg dan drum 200 kg, produk ini dapat Anda beli di berbagai toko material bangunan dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Manfaat Semen

Ilustrasi: Manfaat Semen (credit: azobuild)
Ilustrasi: Manfaat Semen (credit: azobuild)

Sebelum membahas mengenai SikaBond NV, tidak ada salahnya jika kita sedikit mengupas tentang semen. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, semen dikatakan sebagai serbuk atau yang terbuat dari kapur dan material lainnya yang dipakai untuk membuat beton, merekatkan batu batas, ataupun membuat tembok. Semen setidaknya memiliki empat unsur pokok, yakni batu kapur sebagai sumber utama, tanah liat, bila perlu ditambahkan pasir kuarsa atau batu silika, dan pasir besi atau bijih besi.[1]

Bacaan Lainnya

Ada beberapa tipe semen yang sering digunakan tukang dan kuli bangunan. Tipe I adalah semen yang digunakan untuk bangunan umum tanpa syarat khusus, dengan nama lain Ordinary Portland Cement (OPC), semen Tipe II yang biasa dipakai jika ada gangguan dari sulfat yang sedang dan panas hidrasi sedang, Tipe III yang memiliki pengerasan yang cepat, Tipe IV yang punya panas hidrasi rendah, dan Tipe V yang dipakai jika ada pembangunan di sekitar tepian pantai.[2]

Baca juga  Update Harga Ikan Kakatua Konsumsi dan Hias Berbagai Ukuran

Fungsi dan Kelebihan SikaBond

Ada kalanya semen tidak dapat memberikan daya rekat sempurna ketika dipakai pada bata maupun beton. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda mungkin bisa menggunakan SikaBond. Ini adalah produk buatan PT Sika Indonesia yang dikatakan dapat menambah daya rekat campuran semen dan bisa dipakai untuk berbagai tipe semen.

Sekadar informasi, PT Sika Indonesia adalah perusahaan yang telah eksis di pasar dalam negeri sejak tahun 1960-an silam, menyediakan berbagai macam produk untuk banyak proyek bergengsi. Sejak saat itu, perusahaan terus memperluas jejaknya untuk mendukung bisnis mereka yang sedang berkembang di Tanah Air. Saat ini, PT Sika Indonesia mempekerjakan lebih dari 300 staf di Indonesia di berbagai kegiatan, termasuk manufaktur, penjualan dan pemasaran, manajemen distribusi, dan manajemen proyek.

Nah, kembali lagi ke SikaBond, mengutip situs resmi perusahaan, SikaBond NV, demikian nama lengkap produk tersebut, adalah bahan perekat dengan bahan dasar emulsi polivinil asetat. Produk ini dapat ditambahkan ke semen untuk menambah daya rekat antara beton lama dan baru. SikaBond NV dikatakan dapat digunakan dengan semua tipe portland semen, termasuk semen tahan sulfat, semen berkadar alumina tinggi, dan plester gypsum.

Baca juga  Update Harga Jigsaw Ryu (Ryu RJS65-1E)

Masih menurut referensi yang sama, SikaBond NV dapat digunakan sebagai bahan perekat untuk beton, mortar, keramik, kayu, dan dinding penyekat. Produk ini juga bisa dipakai pada perbaikan beton. Selain menambah daya rekat dari campuran semen, SikaBond NV juga diklaim mudah dikerjakan, mudah dicairkan dengan air, bisa memperbaiki kelecakan adukan, dan mengurangi retak.

Ilustrasi Produk Sikabond NV 10 Kg (credit: Facebook/Sika Kendari)
Ilustrasi Produk Sikabond NV 10 Kg (credit: Facebook/Sika Kendari)

Cara Penggunaan SikaBond

  • Bersihkan permukaan material dari debu, kotoran, dan basahi terlebih dahulu dengan air.
  • Untuk adukan mortar, campurkan SikaBond dengan air dalam 1:2 dan aduk hingga rata. Kemudian, siapkan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3, tuangkan cairan ke adukan semen, lalu aduk sampai kekentalan yang dikehendaki. Setelah itu, aplikasikan mortar sesuai dengan penggunaannya.
  • Untuk perekat beton lama dan baru, campurkan SikaBond, air, dan semen dengan 1:1:3, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, tuang atau oleskan campuran dengan kuas ke permukaan beton lama. Dalam kondisi masih yang basah, beton baru.
Baca juga  Update Harga Vinyl Lantai Taco (Box dan Satuan)

Apabila Anda juga tertarik memanfaatkan kelebihan SikaBond NV, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko material bangunan atau lewat beberapa situs jual beli online. Seperti disinggung di atas, saat ini SikaBond NV hadir dalam kaleng 10 kg dan 200 kg. Lalu, berapa harga produk tersebut?

Harga SikaBond

SikaBond Harga
SikaBond NV 10 kg Rp363.000 – Rp495.000
SikaBond NV 200 kg Rp5.500.000 – Rp7.750.000

Harga SikaBond NV di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ingat bahwa harga SikaBond NV tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harganya bisa berbeda di masing-masing tempat meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

[2] Ibid,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.