Update Fungsi & Harga Karung Beras

No comment2279 views

Dikarenakan berbahan ringan dan lebih tahan terhadap air dibandingkan goni, karung plastik dalam kurun waktu singkat telah menggantikan fungsi karung goni di berbagai jenis usaha produksi.

Karung baru (sumber: jualo.com)

Fungsi Karung Beras

  • Karung biasanya digunakan untuk melindungi produk dari sinar panas, kelembapan udara, benturan, serta kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas dari produk tersebut.
  • Karung juga dapat digunakan sebagai tempat atau wadah selama proses distribusi dari produsen ke agar tidak rusak ataupun tercecer.
  • Selain sebagai wadah untuk menyimpan hasil produksi, karung juga dapat menjadi label atau dari produk tersebut dengan mencantumkan nama merk sehingga dapat dibedakan dengan produk-produk lainnya.
  • Penggunaan karung sebagai juga dapat menjadi sarana informasi dan iklan. Semakin banyak produk yang dipasarkan, ditambah dengan penampilan yang unik mampu menarik konsumen untuk mencoba produk tersebut. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas dan kuantitas yang baik pula dari produk yang dipasarkan tersebut.

Tetapi sayangnya, karung beras tidak bisa digunakan dalam permainan balap karung, karena karung ini tidak terlalu kuat. Beda halnya bila dibanding dengan karung goni. Sebab karung goni mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan karung beras.

Fungsi Karung Sebagai Kemasan Multifungsi

  • Tidak jarang pula karung dipakai melindungi produk dari sinar panas, kelembapan udara, benturan, serta kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas dari produk tersebut.
  • Karung juga dapat digunakan sebagai tempat atau wadah selama proses distribusi dari produsen ke konsumen agar tidak rusak ataupun tercecer.
  • Tidak hanya berfungsi sebagai wadah penampungan untuk menyimpan hasil produksi, karung pun bisa menjadi label atau merek dari produk tersebut dengan mencantumkan nama merk sehingga dapat dibedakan dengan produk-produk lainnya.
  • Pemakaian karung untuk bungkusan pun bisa menjadi sarana informasi dan iklan. Semakin banyak produk yang dipasarkan, ditambah dengan penampilan kemasan yang unik mampu menarik konsumen untuk mencoba produk tersebut. Pastinya hal inilah yang harus diimbangi dengan kualitas dan kuantitas yang baik juga dari produk yang dipasarkan tersebut.
Tumpukan beras dalam kemasan karung (sumber: republika.co.id)

Tumpukan beras dalam kemasan karung (sumber: republika.co.id)

Jenis Karung Beras

  • Karung Beras Polos. Karung ini yaitu jenis karung yang tebal, tidak ada cap atau print pada karung tersebut. Karung ini dilengkapi dengan list di samping kanan dan kiri berwarna kuning/orange dan juga ada list biru.
  • Karung Plastik (karung plastik cuma untuk beras 5kg). Karung beras yang satu ini terbuat berbahan plastik yang tahan lama dan mutunya cukup bagus.
  • Karung Transparan. Karung beras jenis ini lebih transparan dibandingkan dengan jenis karung yang polos. Pada karung transparan terdapat list merah, dan hijau.
  • Karung Laminasi. Karung beras ini jenis karung berbahan plastik dan warnanya full colour. Ada merk dari seperti Bunga, Pak Tani, Putri Agri, Leopard, Lele Super, Bianglala, Cendrawasih, Kepala Singa, Aprikot. Anda juga bisa memesan sendiri (estimasi selesai pemesanan kurang lebih 2 bulan).
  • Karung Laminating Spesial (Metalizing)
  • Karung Krem. Karung krem ini merupakan karung yang terbuat dari bahan campuran daur ulang. Biasanya digunakan oleh pupuk, petani garam, batubara, cangkang kelapa, kelapa sawit dan lain sebagainya. Jenis ini merupakan jenis karung plastik yang paling murah jika dibandingkan dengan karung yang lainnya. Karung jenis ini tidak terlalu banyak digunakan untuk kemasan barang pabrikan. Lebih banyak digunakan untuk pengemasan hasil pertanian atau pertambangan.

Ciri-Ciri Yang Harus Dimiliki Oleh Karung Sebagai Pengemas Beras

  • Kualitas bahan yang digunakan haruslah kuat, tidak tipis, tidak mudah sobek maupun tidak mudah bocor dan mampu menahan beban berat beras itu sendiri. Tidak hanya itu, bahan yang dipakai mesti bersifat netral, dan tidak boleh bereaksi dengan beras juga aman digunakan.
  • Hal yang pertama kali dilihat dari seorang pembeli atau konsumen terhadap suatu produk baru adalah kemasannya. Corak kemasan yang mempesona cenderung menjadi pertimbangan para konsumen dalam memilih produk, sehingga bila Anda menginginkan produk Anda diminati banyak orang, buatlah desain kemasan yang unik, menarik dan eksklusif, sehingga orang dapat percaya pada brand Anda.
  • Setelah melihat desain kemasan, biasanya orang akan cenderung membaca tulisan pada kemasan tersebut. Penulisan yang Anda pakai hendaknya yang singkat, jelas dan padat supaya bisa menggambarkan keseluruhan produk dengan singkat.
  • Pilihlah warna yang mudah diingat orang dan eye catching atau minimal membuat mata orang sejuk dipandang sehingga orang akan ingat kepada produk Anda, ketika orang tersebut lupa dengan nama beras produksi Anda.
  • Tidak lupa masukkan kode produksi, izin produksi dan kelengkapan administrasi lainnya, agar orang percaya pada legalitas produk Anda.

Harga Karung Beras

Karung beras bekas (sumber: pertanian77.com)

Karung beras bekas (sumber: pertanian77.com)

Jenis Karung Beras KarungHarga per (Rp)
Karung polos putih35 x 55 cm (10 kg)950
40 x 70 cm (20 kg)1.200
45 x 75 cm (25 kg)1.350
50 x 80 cm (30 kg)1.600
56 x 90 cm (50 kg)1.850
60 x 90 cm (60 kg)2.100
Karung polos transparan35 x 55 cm (10 kg)1.050
40 x 70 cm (20 kg)1.300
45 x 75 cm (25 kg)1.450
56 x 90 cm (50 kg)2.000
Karung laminating (OPP print)30 x 45 cm (5 kg)1.800
35 x 55 cm (10 kg)2.200
40 x 70 cm (20 kg)2.800
45 x 75 cm (25 kg)3.050
Karung sablon10 kg1.450
20 kg1.650
25 kg1.750
Karung bagor24 m40.500
50 m90.000

Harga karung beras tahun 2020 ini tampaknya ada beberapa yang mengalami penurunan dibanding tahun 2018 lalu. Misalnya saja karung beras polos putih 50 kg yang sebelumnya dibanderol Rp2.000, kini hanya Rp1.850 saja per lembar. Demikian pula dengan karung beras transparan yang kini berkisar mulai seribuan rupiah saja. Anda bisa membeli karung beras baik langsung di atau secara online. Pembelian karung beras dalam jumlah banyak biasanya akan diberi harga lebih murah daripada Anda membelinya secara satuan.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Info Terbaru Harga Beras Kemasan 5 Kg di Alfamart
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Fungsi & Harga Karung Beras"