Update Estimasi Biaya Resepsi Pernikahan

Menikah tentunya menjadi impian banyak orang. Namun, pria dan wanita memiliki perbedaan persepsi terkait pernikahan. Umumnya, wanita ingin sebuah pernikahan yang terkesan mewah, sebaliknya pria justru ingin pernikahan yang sederhana saja. Tak jarang pasangan yang hendak menikah biasanya akan berdebat terkait anggaran yang akan digunakan untuk menggelar acara resepsi pernikahan. Agar Anda dan si dia tidak memperdebatkan hal-hal yang tak perlu, simaklah estimasi biaya pernikahan berikut ini, mulai dari pendaftaran di KUA hingga pesta pernikahan:

Ilustrasi: Cincin Pernikahan (credit: wisheschoice)
Ilustrasi: Cincin Pernikahan (credit: wisheschoice)

Biaya Mengundang Penghulu

Sebenarnya, menikah di KUA tak akan dipungut biaya alias gratis. Namun. jika Anda memutuskan untuk mengundang penghulu, maka Anda setidaknya harus mempersiapkan biaya sekitar Rp600 ribuan dan biaya tes kesehatan sekitar Rp150 ribuan per orang. Sebagai perbandingan, biaya tes kesehatan pra-nikah tahun lalu Rp200 ribuan per orang.

Bacaan Lainnya

Biaya Gedung

Pemilihan gedung biasanya harus disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan Anda undang. Jangan sampai menyewa gedung berukuran kecil dengan total undangan mencapai 1.000 orang. Namun, jangan pula buang-buang uang dengan memaksakan diri menyewa gedung super besar di hotel berbintang lima padahal Anda hanya akan mengundang sekitar 200-300 tamu undangan. Untuk kawasan Jakarta, sebenarnya ada banyak gedung yang bisa disewa untuk resepsi, dengan rincian sebagai berikut.

Harga Gedung Resepsi

Nama Gedung Kisaran Tarif
Balai Pertemuan Bukit Permai Jakarta Timur Rp4 jutaan (kapasitas 600 tamu)
Aula Al-Muhajirin Duren Sawit Jakarta Timur Rp5 jutaan (kapasitas 800 tamu)
Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara Rp6 jutaan (kapasitas 1.000 tamu)
Aula Masjid Babussalam Walikota Jakarta Rp10 jutaan (kapasitas 1.000 tamu)
Masjid Al-Bina Senayan Jakarta Selatan Rp6,5 juta (kapasitas 1.500 tamu)
Masjid Agung Al-Muchlisin Grogol Jakarta Barat Rp7,3 juta (kapasitas 700 tamu)
Balai Makarti Muktitama Depnakertrans Jakarta Selatan Rp8 jutaan (kapasitas 800 tamu)
Gedung Aldevco Octagon Kalibata Jakarta Selatan Rp10,5 jutaan (kapasitas 600-800 tamu)
Gedung Puslitbang PLN Duren Tiga Jakarta Selatan Rp9 jutaan (kapasitas 800 tamu)
Auditorium Kementerian Pertanian Ragunan Jakarta Selatan Rp10,5 juta (kapasitas 1.000-1.500 tamu)
Gedung Puspa Pesona Taman Anggrek Jakarta Barat Rp10 juta (kapasitas 1.400 tamu)
Baca juga  Update Harga Beras Kemasan 5 Kg di Alfamart & Indomaret

Harga gedung untuk acara pernikahan di tiap tempat tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hanya biaya sewa Aula Masjid Babussalam Walikota Jakarta yang mengalami perubahan, yakni dari Rp9 juta, naik menjadi Rp10 juta. Sementara itu, biaya sewa gedung untuk pernikahan lainnya masih sama seperti tahun lalu.

Ilustrasi: Sewa Gedung Pernikahan (credit: marriott)
Ilustrasi: Gedung Pernikahan (credit: marriott)

Biaya Katering

Urusan yang tak kalah penting adalah makanan. Katering bisa menjadi bahan pergunjingan jika makanan yang Anda suguhkan ternyata kurang enak atau jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan para tamu yang datang. Setidaknya, bila tamu yang diundang berjumlah 500, maka makanan yang Anda sediakan setidaknya harus cukup untuk 1.000 tamu, sebab biasanya tamu yang diundang akan membawa pasangan atau teman untuk diajak datang ke hajatan. Biaya catering untuk 1.000 orang berkisar Rp70 jutaan, ini terbilang naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp45 juta.

Biaya Rias Pengantin

Daripada mengeluarkan biaya mahal untuk membuat baju pengantin sendiri, lebih baik baju pengantin saja agar lebih murah. Biaya rias dan sewa baju pengantin sekitar Rp7,5 jutaan, masih sama seperti tahun lalu. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk rias dan baju untuk mempelai pria dan wanita, orang tua, hingga penerima tamu.

Baca juga  Daftar Harga Kaca Asahimas (Eksterior, Interior, Mobil)

Biaya Undangan & Souvenir

Sebenarnya, pengeluaran untuk urusan undangan dan souvenir bisa Anda tekan seminimal mungkin. Daripada mengeluarkan biaya banyak untuk membeli undangan mahal yang kemudian akan dibuang atau dijadikan alas gelas oleh sang penerima undangan, lebih baik beli saja undangan sederhana, tetapi memuat informasi yang cukup jelas. Saat ini, banyak juga mempelai yang menggunakan undangan dalam bentuk digital dan menyebarluaskannya lewat aplikasi messaging atau sosial. Lebih murah memang, tetapi Anda nantinya tidak bisa memprediksi berapa jumlah tamu yang akan hadir.

Untuk undangan, usahakan mencari yang harganya berkisar Rp7.500 saja. Kemudian, untuk souvenir, juga tak perlu yang terlalu eksklusif. Anda bisa memberikan barang-barang berguna seperti kipas, handuk, atau sarung HP. Untuk souvenir seperti ini, Anda bisa membeli di situs e-commerce, biasanya lebih murah, yakni berkisar Rp999 hingga Rp1.700.

Ilustrasi: dokumentasi resepsi pernikahan (sumber: alienco.net)
Ilustrasi: dokumentasi resepsi pernikahan (sumber: alienco.net)

Biaya Dokumentasi

Urusan dokumentasi juga penting dalam pernikahan. Para pasangan muda biasanya ingin acara pernikahan mereka didokumentasikan secara menarik, tak hanya dalam bentuk foto, namun juga video ala-ala drama Korea. Biaya jasa fotografer untuk foto pernikahan ini bervariasi, biasanya mulai Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan, harga ini terbilang turun dari tahun lalu yang dipatok Rp1,2 juta hingga Rp12 juta. Sementara, untuk paket cinematic, biasanya akan ditarik biaya tambahan sekitar Rp2,7 juta hingga Rp3,5 juta.

Biaya Hiburan Musik

Jika Anda menggelar pernikahan di gedung, rasanya tak akan lengkap bila tak ada hiburan berupa live music untuk mengiringi acara ramah tamah pernikahan. Saat ini, sudah banyak band-band akustik yang bisa tampil memukau menyanyikan berbagai lagu-lagu romantis untuk mengiringi pernikahan Anda. Paling murah, Anda bisa menyewa band dengan tarif sekitar Rp1 juta hingga Rp3,5 jutaan, turun dari tahun lalu yang dibanderol mulai Rp2 juta hingga Rp7 juta.

Baca juga  Ciri dan Harga Minyak Cendana Asli Terkini

Biaya Pembawa Acara (MC)

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa memberikan uang sebagai ucapan terima kasih untuk MC, pembaca doa, hingga saksi pihak mempelai. Biaya total keperluan ucapan terima kasih ini sekitar Rp1 juta, bisa lebih atau kurang, tergantung dari kondisi Anda.

Biaya Lainnya

Bagi Anda yang mengundang sanak-saudara dari luar kota bahkan luar pulau, maka Anda perlu mempersiapkan biaya lain-lain seperti biaya transportasi untuk mobil hingga biaya akomodasi bagi saudara-saudara Anda yang rela datang jauh-jauh dari luar kota untuk menghadiri pernikahan Anda. Setidaknya, sediakan sekitar Rp7 jutaan untuk keperluan ini.

Ilustrasi: Estimasi Biaya Resepsi Pernikahan (credit: todayonline)
Ilustrasi: Estimasi Biaya Resepsi Pernikahan (credit: todayonline)

Estimasi Biaya Resepsi Pernikahan

Keterangan Biaya
Penghulu Rp600.000
Tes kesehatan Rp150.000
Gedung & dekorasi Rp4.000.000
Catering Rp70.000.000
baju dan rias pengantin Rp7.500.000
Undangan & souvenir Rp5.000.000
Dokumentasi Rp1.000.000
Cinematic Rp2.700.000
Musik Rp1.000.000
MC dll Rp1.000.000
Lain-lain Rp7.000.000
Total Rp99.950.000

Perlu Anda ketahui, perkiraan biaya resepsi pernikahan di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, estimasi biaya menggelar resepsi pernikahan sekitar Rp80,7 juta.

Biaya di atas tentu saja merupakan estimasi berdasarkan pengamatan kami untuk standar pernikahan yang umum saat ini. Berbagai komponen biaya bisa sangat variatif kenaikannya jika Anda memutuskan untuk menggunakan yang lebih berkelas. Namun demikian, juga masih mungkin ditekan jika Anda memperoleh provider yang memberikan paket khusus, misalnya vendor catering yang memberikan langsung paketnya sekaligus dengan dokumentasi dan/atau dekorasi.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.