Update Harga Vitamin B Complex IPI di Apotek

Salah satu vitamin yang paling sering diresepkan oleh dokter adalah vitamin B kompleks (vitamin B complex) yang terdiri dari Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niacin (vitamin B3), Asam Pantotenat (vitamin B5), Piridoksin (vitamin B6), Asam Folat (vitamin B9), dan Sianokobalamin (vitamin B12). Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak produk vitamin B kompleks, termasuk dari IPI, yang dijual dengan harga cukup terjangkau dan bisa Anda peroleh di sejumlah apotek.

Vitamin B Complex IPI (sumber: Tokopedia)
Vitamin B Complex IPI (sumber: Tokopedia)

Dilansir dari berbagai sumber, vitamin B kompleks adalah kelompok delapan vitamin paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap hari. Sebenarnya, ini merupakan satu vitamin yang dibentuk dari delapan nutrisi yang berbeda. Vitamin ini dibentuk oleh vitamin yang larut air sehingga tidak diserap tubuh sebagai lemak.

Bacaan Lainnya

Vitamin B kompleks bisa Anda temukan di banyak jenis makanan. Beberapa makanan penghasil vitamin B terbaik adalah ikan, telur, daging, produk susu, gandum utuh, biji-bijian, serta sayuran berdaun hijau. Vitamin ini merupakan vitamin yang halus dan mudah larut dalam air, sehingga Anda harus sangat berhati-hati ketika mencuci atau memasak makanan karena vitamin ini bisa dengan mudah rusak.

Baca juga  Cara Memilih dan Update Harga Aquarium Nisso di Pasaran

Manfaat Vitamin B Kompleks

Tubuh membutuhkan bantuan vitamin B kompleks pada saat mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang pada gilirannya menghasilkan energi pada saat beraktivitas maupun latihan. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka proses produksi energi tidak berjalan optimal dan Anda bisa mengalami cepat lelah dan penurunan vitalitas saat latihan dan beraktivitas.

Karena larut dalam air, vitamin B kompleks mampu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida (HCL) yang berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Vitamin B1, B2, B3, dan B6 sangat penting dalam menjaga pencernaan sehingga kekurangan vitamin ini akan memicu masalah pencernaan parah.

Vitamin B kompleks juga dikatakan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi dan konsentrasi. Vitamin ini bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.

Kesehatan kulit, rambut, dan kuku tergantung pada sintesis RNA (ribonucleic acid) dan DNA (deoxyribonucleic acid) yang terjadi setelah dibantu vitamin B kompleks. Gangguan seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kulit keriput merupakan akibat kekurangan vitamin ini.

Baca juga  Prosedur dan Update Biaya Suntik Meningitis di Rumah Sakit

Tidak hanya itu, vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, vitamin ini berperan mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Seperti dikatakan di atas, vitamin B kompleks dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, telur, daging, produk susu, gandum utuh, biji-bijian, serta sayuran berdaun hijau. Namun, apabila Anda ingin yang lebih praktis, sekarang sudah banyak perusahaan farmasi yang menghadirkan vitamin ini dalam bentuk tablet, salah satunya IPI. IPI sebelumnya telah dikenal sebagai salah satu produsen multivitamin C populer. Nah, selain vitamin C, pabrikan tersebut juga memproduksi vitamin B kompleks, yang tersedia dalam kemasan tube kecil berisi 45 tablet.

Vitamin B Complex IPI - www.blibli.com
Vitamin B Complex IPI – www.blibli.com

Harga Vitamin B Complex IPI

Nama Apotek Harga
Viva Apotek Rp5.600 per tube
Apotek Gravita Farma Rp6.000 per tube
Apotek Trio Husada Temanggung Rp6.660 per tube
Apotek K24 Rp7.124 per tube
Baca juga  Info Terkini Biaya Crowning Gigi

Informasi harga vitamin B kompleks IPI di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi apotek yang bersangkutan. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga vitamin B kompleks IPI saat ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Tahun lalu, produk tersebut dijual dengan harga berkisar Rp6.300 hingga Rp6.700 per tube.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.