Update Rekomendasi Kamera Prosumer Harga Murah

Dunia memang telah banyak membuat orang kepincut untuk sekadar menjadikannya hobi maupun menekuninya sebagai jenis bidang usaha yang menjanjikan. Nah, bagi pemula yang ingin terjun sebagai seorang fotografer, perlu adanya fasilitas yang mendukung untuk bisa memulai belajar seluk-beluk fotografi. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh produsen kamera dengan merilis model kamera prosumer. Dibandingkan kamera DSLR, varian in memang jauh lebih murah.

Ilustrasi: Pria Memegang Kamera Prosumer (credit: filmdaily.co)
Ilustrasi: Pria Memegang Kamera Prosumer (credit: filmdaily.co)

Kamera prosumer bisa dikatakan merupakan kamera pocket high-end. Sekilas, fitur yang ditawarkan oleh model kamera prosumer ini hampir mirip dengan kamera DSLR untuk kalangan profesional, tetapi dengan harga yang lebih murah. Karena itulah, kamera model prosumer disebut-sebut sangat direkomendasikan bagi para pemula.

Bacaan Lainnya

Model kamera yang satu ini memiliki banyak keunggulan, selain bentuknya yang kecil juga dapat membidik objek dari kejauhan karena dilengkapi dengan lensa zoom super yang sanggup mendekatkan objek hingga 20 kali lipat. Bahkan, saat ini juga ada kamera yang memproduksi kamera prosumer dengan kualitas lebih bagus, yakni dapat menangkap gambar dengan zoom mencapai 60 kali lipat.

Meskipun teknologi yang terdapat pada kamera smartphone semakin lama dirasa semakin canggih, akan tetapi masih banyak keterbatasan dalam penggunaannya. Misalnya, karena lebar lensa yang terbatas, maka hasil pengambilan foto pada kondisi tertentu hasilnya akan kurang memuaskan. Karena itu, model kamera prosumer banyak dijadikan pilihan bagi pemula dalam dunia fotografi ataupun gemar melakukan kegiatan travelling.

Hingga saat ini, telah banyak merk kamera prosumer yang beredar di pasaran, seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan lain sebagainya. Jika Anda berniat untuk membeli model kamera ini, Anda bisa memilih brand kamera mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Nah, bila Anda sedang membutuhkan beberapa referensi kamera prosumer berkualitas dan murah dengan harga di bawah Rp2 jutaan, berikut kami sampaikan terbarunya untuk Anda.

Ilustrasi: fotografer memakai kamera prosumer (sumber: mikeshouts.com)
Ilustrasi: fotografer memakai kamera prosumer (sumber: mikeshouts.com)

Harga Kamera Prosumer Murah

Merk Kamera ProsumerSpesifikasi UmumHarga
BENQ GH610OIS, 21x Optical Zoom, Filter Colored Pencil, Fitur Mirror, Mode Malam, Mode MacroRp1.499.000
NIKON COOLPIX L340Resolusi 20,1 MP, LCD 3 inch, 28x Optical Zoom, ISO 80-1600, Focal Length 4.0-112mmRp1.899.000
FUJIFILM FINEPIX XP120Resolusi 16,4 MP, 5x Optical Zoom, Full HD, layar 3 inch, ISO 6400Rp1.955.000
Sony DSC-W830Resolusi 20,1 MP, layar 2,7 inch, 8x Optical Zoom, Sensor Super HAD CCD, Video HDRp1.967.000
FUJIFILM FINEPIX S8600Resolusi 16 MP, 36x Optical Zoom, LCD 3 inch, Focal Length 25-900 mmRp2.050.000
CANON POWERSHOT SX410 ISResolusi 20 MP, 40x Optical Zoom, 4x Zoom, Prosesor DIGIC 4+Rp2.100.000
CANON SX510 HSResolusi 12.1 MP, Optical Sensor Type / Size CMOS, Optical Zoom 30x (24-720mm)Rp2.200.000
SONY CYBER-SHOT H300Resolusi 20 MP, Prosesor BIONZ, LCD 3 inch, USB 2.0Rp2.433.500
NIKON COOLPIX L610Resolusi 16 MP, Sensor CMOS, SD/SDHC/SDXC, USB, Layar LCD 3 inchRp2.497.500
CANON POWERSHOT S2009x Optical Zoom Plus, Resolusi 10,1 MP, ISO 6400, HDRp3.135.000
SONY DSC H400Resolusi 20,1 MP, 63x Optical Zoom, layar 3 inch, BIONZ R Image ProcessorRp3.499.000

Daftar harga kamera prosumer di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko kamera dan situs jual beli online. Harga kamera prosumer tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing toko dan wilayah. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga Canon SX510 HS berkisar Rp2,5 juta, sedangkan harga Sony DSC-W830 Rp1,549 jutaan.

Nah, setelah menentukan untuk membeli kamera prosumer yang disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki, pastikan kamera yang Anda pilih benar-benar produk terbaik. Untuk Anda yang masih belum terlalu profesional, berikut adalah beberapa tips untuk dapat memilih kamera prosumer yang terbaik, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tips Memilih Kamera Prosumer - (www.markaslaptop.com)
Tips Memilih Kamera Prosumer – (www.markaslaptop.com)

Tips Memilih Kamera Prosumer

  • Lensa merupakan mata atau jendela pada sebuah kamera. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih sebuah kamera prosumer yang memiliki bukaan lensa berkisar f/2.0-2.8. Dengan nilai bukaan lensa sebesar itu, akan memungkinkan Anda untuk dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan nilai zoom yang ditawarkan. Usahakan untuk memilih kamera model prosumer dengan ukuran rentang optical zoom antara 18x sampai 30x. Apabila Anda menyukai teknik fotografi wide-angle, maka usahakan untuk mencari kamera prosumer dengan rentang mulai 24-28 mm.
  • Format foto dianggap penting karena akan memperlihatkan detail foto, degradasi foto, dan ketajaman warna dari foto yang dihasilkan. Format file RAW dianggap memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan format JPEG. Namun, jika kamera prosumer yang akan Anda beli hanya memiliki format JPEG, maka pastikan kamera prosumer tersebut memiliki berbagai pilihan kompresi, minimal normal dan fine.
  • Bagi Anda yang menyukai barang ‘dua dalam satu’ atau 2-in-1, kamera prosumer yang dilengkapi dengan fasilitas merekam video adalah sebuah keharusan. Kemajuan teknologi pada kamera digital prosumer mampu merekam video dengan kualitas HD maupun Full HD. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran Anda.

Meski memiliki banyak kelebihan, kamera prosumer juga tak lepas dari kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh model kamera ini adalah ukuran lingkaran lensa dan sensor yang lebih kecil, yang akan membuat kamera prosumer kurang ‘bertenaga’ saat harus mengambil gambar pada malam hari dengan intensitas cahaya yang kurang. Namun, sudah ada beberapa produsen yang meluncurkan tipe kamera prosumer yang juga menawarkan fitur tambahan berupa dudukan flash external.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *