Info Penyebab, Cara Mengatasi, dan Update Biaya Merapatkan Gigi Renggang

Tidak semua orang terlahir dengan kondisi yang sempurna, terutama bagian gigi. Beberapa orang mungkin ada yang cukup beruntung karena memiliki susunan gigi yang rapi, , dan ukurannya ideal. Tapi sebagian orang lainnya terkadang merasa kurang percaya diri atau bahkan malu untuk tersenyum lantaran ukuran giginya terlalu besar, susunan giginya berantakan, atau bahkan mengalami gigi yang renggang atau susunannya jarang-jarang. Mereka bahkan rela membayar biaya mahal untuk merapatkan gigi renggang.

Bracket untuk atasi gigi renggang (sumber: alodokter.com)
Bracket untuk atasi gigi renggang (sumber: alodokter.com)

Pertumbuhan gigi yang renggang biasanya terjadi di bagian gigi atas bagian depan dan hal ini bisa cukup mengganggu kepercayaan diri seseorang. Jika dilihat dari jauh atau bahkan dari dekat, gigi yang renggang itu seolah seperti menampakkan adanya celah atau lubang yang kurang sedap dipandang ketika Anda berbicara, tersenyum, apalagi tertawa. Oleh sebab itu, beberapa orang yang mengalami kasus gigi semacam ini biasanya rela melakukan berbagai cara agar susunan gigi mereka bisa rapat atau normal seperti orang-orang pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Gigi yang renggang atau adanya celah di antara dua gigi disebut diastema. Kondisi adanya ruang kosong di antara dua gigi ini biasanya kerap terjadi pada gigi depan seri atas kanan dan kiri, atau disebut diastema garis tengah rahang atas. Gigi yang renggang di bagian depan ternyata bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Gigi Renggang

Gigi yang susunannya jarang-jarang atau renggang bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain seperti frenulum bibir yang rendah, adanya celah (sumbing) garis tengah tulang rahang atas, atau penyebab multifaktor seperti bagian dari proses tumbuh kembang yang normal pada anak-anak (pada masa gigi campuran), akibat kebiasaan buruk layaknya menggigit bibir bawah dan mengisap jari, ketidakseimbangan otot-otot pada rongga , jumlah gigi yang berlebih, adanya kista pada garis tengah rahang atas, atau frenulum bibir yang terlalu besar.

Selain itu, penyebab gigi renggang juga bisa sebagai akibat dari struktur lengkung rahang atas yang tidak normal serta anomali gigi dan maloklusi lainnya seperti ketidaksesuaian antara ukuran gigi dan atau lengkung rahang, gigi yang hilang, maupun gigitan rahang atas dan bawah yang tidak harmonis. Sebelum menentukan teknik yang tepat untuk merapatkan gigi yang renggang, dokter gigi biasanya akan mencari terlebih dahulu apa penyebab dari diastema.

Solusi Merapatkan Gigi Renggang di Tengah

Banyak dari Anda yang mungkin akan bertanya-tanya, gigi yang jarang apa bisa dirapatkan? Pada kasus gigi renggang atau diastema garis tengah rahang atas pada orang dewasa, dokter biasanya akan menawarkan beberapa cara atau teknik, antara lain penggunaan kawat gigi untuk menggerakkan gigi dan menutup diastema. Metode behel atau bracket gigi ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah celah gigi yang terlalu besar.

Jika tidak mau kawat gigi, dokter biasanya juga menyarankan solusi berupa pemasangan veneer langsung, yakni dengan melakukan tambal gigi untuk menutup diastema. Namun sayangnya penambalan gigi ini hanya bisa dilakukan untuk celah gigi yang kecil saja. Selain veneer langsung, ada pula veneer tidak langsung, yaitu dengan membuat mahkota buatan di laboratorium, kemudian merekatkannya di bagian depan gigi asli yang renggang, sehingga dapat menutupi diastema secara sempurna.

Akan tetapi, bila penyebab gigi renggang Anda ternyata karena frenulum bibir rendah, maka solusi yang mungkin dilakukan adalah melakukan frenektomi, yaitu pemotongan frenulum dan memposisikannya untuk kembali ke posisi normal. Teknik ini biasanya dilanjutkan dengan penggunaan kawat gigi yang dapat menggerakkan gigi dan menutup diastema atau celah gigi. Berikut kisaran biaya merapatkan gigi renggang pada 2023.

Cara Merapatkan Gigi Renggang - (www.waltortho.com)
Cara Merapatkan Gigi Renggang – (www.waltortho.com)

Biaya Merapatkan Gigi Renggang

Metode Merapatkan Gigi RenggangKisaran Biaya
Behel Metal Ortho Classic USA3.500.000 – 6.000.000
Behel Metal Mini Comfort USA5.000.000 – 8.500.000
Behel Metal Praxis Mini Comfort USA4.850.000 – 8.600.000
Behel Metal Mini Master American Ortho USA4.900.000 – 8.700.000
Behel Metal Mini Diamond5.250.000 – 9.500.000
Behel Metal Infinity3.025.000 – 5.000.000
Behel Metal Authentic2.525.000 – 4.000.000
Aligner Basic10.000.000
Aligner Advance15.000.000
Behel Sapphire Inspire Ice8.500.000 – 15.000.000
Behel Sapphire Radiance8.000.000 – 14.500.000
Behel Ceramic Infinity5.000.000 – 9.000.000
Behel Ceramic Authentic4.000.000 – 7.000.000
Infinity Ligner50.000.000
Invisalign75.000.000

Biaya untuk memperbaiki gigi yang renggang sifatnya relatif, tergantung seberapa parah kasus yang Anda alami dan teknik perbaikan apa yang digunakan. Namun, tahun 2023 biaya merapatkan gigi renggang belum banyak berubah dari tahun 2022 lalu.

Sebagai gambaran, tahun 2020 dan 2021 lalu untuk kawat gigi permanen atau fixed orthodonti dari bahan metal classic braces harganya dapat mencapai Rp10 juta, biaya tersebut menjadi patokan di salah satu rumah sakit spesialis orthodonti Siloam Hospitals Surabaya. Untuk behel dari material metal mini comfort USA braces dipatok biaya mulai Rp8,5 jutaan, dan behel jenis ceramic invisible braces biaya pembuatannya sekitar Rp7,5 jutaan. Biaya tersebut tak jauh berbeda dari tahun lalu.

Sementara itu untuk behel permanen berbahan safir (invisible braces) biayanya pada 2020 dan 2021 sekitar Rp14,5 jutaan sampai Rp15 jutaan, naik dari harga tahun 2019 lalu yang hanya Rp11,5 jutaan. Kemudian, bracket damon metal mulai Rp14 jutaan, damon ceramic Rp29,5 jutaan, empower metal American ortho Rp7 jutaan, dan empower ceramic/clear American ortho berkisar Rp9 jutaan. Harga yang lebih mahal lagi berlaku untuk behel jenis transparan seperti Invisalign seharga Rp60 juta, turun dari harga tahun 2019 Rp77 juta, atau estetiklign Rp25 jutaan.

Apabila Anda menggunakan teknik veneer untuk merapatkan gigi yang renggang, biayanya masih relatif lebih murah dibandingkan behel. Sebagai contoh untuk veneer gigi komposit direct berkisar Rp770 ribu – Rp13 jutaan, kemudian untuk direct composite (kompomer) sekitar Rp2 juta per 1 gigi (naik dari sebelumnya Rp1,9 jutaan), dan veneer gigi all porcelain emax sekitar Rp3,25 juta per gigi, turun dari sebelumnya yang mencapai Rp3,5 juta.

Kemudian untuk crown atau jaket gigi berbahan all acrylic biayanya mulai Rp850 ribu (naik dari sebelumnya Rp775 ribu), crown metal porselen Rp2,25 juta, crown all porselen emax mulai Rp3,025 juta, dan crown all porselen zirconia berkisar mulai Rp4 juta. Biaya merapatkan gigi renggang dengan berbagai teknik di atas bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya yang diterapkan di setiap klinik atau dokter gigi bisa saja berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing tempat.

Sebelum memutuskan untuk memperbaiki susunan gigi yang renggang, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi karena kasus diastema memerlukan diagnosis yang akurat. Solusi untuk setiap permasalahan gigi pasien pun bisa berbeda-beda, tergantung dari struktur rahang dan kasus yang dialami.

[Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *