Info Terbaru Harga Isi Ulang Tabung Oksigen (Semua Ukuran)

Tabung gas oksigen adalah perangkat yang cukup banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Tabung gas oksigen biasanya digunakan oleh para pasien yang mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas akibat kondisi tertentu. Tak hanya untuk keperluan medis saja, rupanya tabung oksigen juga kerap digunakan dalam dunia industri untuk keperluan mengelas OAW (Oksigen Asetilin Welding) atau yang lebih akrab dengan sebutan las karbit dan untuk pemotongan pelat (Oksigen Asetilin Cutting). Tabung oksigen dapat dibeli baru maupun isi ulang dengan harga bervariasi.

Isi ulang tabung oksigen (sumber: oxypick.com)
Isi ulang tabung oksigen (sumber: oxypick.com)

Saat ini, sudah banyak toko alat kesehatan yang menjual tabung oksigen dalam berbagai ukuran dengan harga relatif terjangkau, yakni berkisar ratusan ribu rupiah. Nah, apabila Anda memiliki tabung oksigen bekas pakai yang gas oksigen di dalamnya sudah habis, rupanya Anda tak perlu repot-repot membeli tabung oksigen baru. Pasalnya, kini sudah ada berbagai penyedia jasa isi ulang alias refill tabung oksigen dengan yang lebih hemat dibandingkan membeli baru.

Bacaan Lainnya

Dengan menggunakan jasa isi ulang tabung oksigen, setidaknya Anda dapat menghemat pengeluaran, yang tadinya dianggarkan untuk membeli tabung oksigen, bisa dialihkan untuk keperluan lainnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengisi ulang tabung oksigen yang sudah habis atau kosong isinya, ada baiknya Anda melakukan penelusuran dulu untuk menemukan tempat isi ulang tabung oksigen terbaik dan terpercaya yang ada di kota Anda. Anda bisa bertanya rekomendasi dari teman, saudara, rumah sakit, atau sebagainya.

Baca juga  Info Aturan Minum dan Update Harga Asifit Tablet di Apotek untuk Melancarkan ASI

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin melakukan isi ulang tabung oksigen yang sudah kosong, berikut kami sajikan informasi harga terbarunya dalam berbagai ukuran. Daftar harga isi ulang tabung gas oksigen di bawah ini kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat kesehatan serta situs jual beli online di Indonesia.

Harga Isi Ulang Tabung Oksigen

Kapasitas Tabung Oksigen Harga Isi Ulang (Rp)
Tabung 1 m3 46.400
Tabung 6 m3 240.000

Di pasaran tampaknya baru menyediakan jasa isi ulang tabung oksigen dengan dua jenis ukuran di atas. Sebagai perbandingan, isi tabung oksigen 1 m3 yang dibanderol Rp30 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp60 ribu hingga Rp104 ribu tahun 2021, turun menjadi Rp46 ribuan tahun 2022.

Selain menawarkan jasa isi ulang, banyak juga toko peralatan medis yang menjual tabung oksigen dalam keadaan kosong. Nah, berikut kami sampaikan informasi terlengkap kisaran harga tabung gas oksigen dalam keadaan kosong dalam berbagai ukuran.

Tabung oksigen (sumber: air-source.com)
Tabung oksigen (sumber: air-source.com)

Harga Tabung Oksigen Kosong

Kapasitas Tabung Oksigen Harga (Rp)
Tabung Oxygen Portable (500 ml) 81.000
Tabung 1 m3 785.000
Tabung 1,5 m2 910.000
Tabung 2 m3 1.500.000 (paket termasuk tas)
Tabung 6 m3 1.505.000

Jika dibandingkan penawaran tahun 2020 dan 2021, tabung oksigen kosong di pasaran mengalami perubahan harga pada 2022. Misalnya, tabung oksigen kapasitas 1 m3 yang ditawarkan seharga Rp500 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp780 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp785 tahun 2022. Saat ini, sudah banyak produsen yang menjual tabung oksigen dalam berbagai ukuran. Banyak ragam ukuran tabung oksigen yang dijual bebas tentu membuat Anda memiliki banyak pilihan produk apa yang cocok Anda gunakan. Berikut kami sajikan referensi macam-macam ukuran tabung oksigen yang saat ini beredar di pasaran. 

Baca juga  Khasiat dan Harga Biovision untuk Mata Terbaru di Apotek

Ukuran Tabung Oksigen

Ukuran Tabung Dimensi Tabung (Tinggi x Diameter) Berat Isi
500 ml 36 cm x 7 cm 2,5 kg
0,5 m3 40 cm x 11 cm 5 kg
1 m3 69 cm x 14 cm 10 kg
1,5 m3 97 cm x 14 cm 15 kg
2 m3 120 cm x 14 cm 20 kg
6 m3 148 cm x 14 cm 60 kg

Selain ukuran, Anda sebaiknya juga mengetahui estimasi pemakaian tabung oksigen. Berikut estimasi pemakaian tabung oksigen menurut setting alat dan ukuran tabung.

Ilustrasi: pengisian ulang tabung oksigen (sumber: atlaswsco.com)
Ilustrasi: pengisian ulang tabung oksigen (sumber: atlaswsco.com)

Estimasi Pemakaian Tabung Oksigen

Ukuran Tabung Bukaan Regulator Estimasi Maksimal
1/4 m3 Angka 2 Habis 1 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 30 menit (nonstop)
1/2 m3 Angka 2 Habis 2 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 1 jam (nonstop)
Angka 6 Habis 30 menit (nonstop)
1 m3 Angka 2 Habis 4 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 2 jam (nonstop)
Angka 6 Habis 1 jam (nonstop)
Angka 8 Habis 30 menit (nonstop)
1,5 m3 Angka 2 Habis 6 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 4 jam (nonstop)
Angka 6 Habis 2 jam (nonstop)
Angka 8 Habis 1 jam (nonstop)
2 m3 Angka 2 Habis 8 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 6 jam (nonstop)
Angka 6 Habis 4 jam (nonstop)
Angka 8 Habis 2 jam (nonstop)
Angka 10 Habis 1 jam (nonstop)
Angka 12 Habis 30 menit (nonstop)
6 m3 Angka 2 Habis 24 jam (nonstop)
Angka 4 Habis 12 jam (nonstop)
Angka 6 Habis 6 jam (nonstop)
Angka 8 Habis 3 jam (nonstop)
Angka 10 Habis 1,5 jam (nonstop)
Angka 12 Habis 45 menit (nonstop)
Baca juga  Update Harga Ekstrak Kulit Manggis di Apotek dan Situs E-Commerce

Terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk mendapatkan pasokan oksigen langsung dari wadah khusus seperti tabung oksigen. Salah satu contohnya adalah hipoksia, yaitu kondisi dengan kadar oksigen dalam darah begitu rendah. Kondisi ini sendiri bisa ditandai dengan sesak napas dan kelelahan, terutama sesudah berjalan atau batuk, dapat disertai dengan keringat dingin. Nah, seseorang yang mengalami hipoksia akan begitu memerlukan penggunaan tabung oksigen. Berikut manfaat lainnya dari tabung oksigen.

Tabung oksigen (sumber: merdeka.com)
Tabung oksigen (sumber: merdeka.com)

Manfaat Tabung Oksigen

Mengulas kondisi hipoksia, gejala lain yang menandai seseorang mengalami hipoksia adalah permukaan kulit yang tampak kebiruan, paling mudah dikenali pada area bibir dan ujung-ujung jari. Kondisi medis lain yang memerlukan tabung oksigen adalah penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), apnea tidur, asma, gagal jantung, dan fibrosis kistik.

Namun, pemakaian tabung oksigen sendiri harus mendapatkan petunjuk dan evaluasi dari tenaga medis yang kompeten agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat bahwa pemakaian tabung oksigen di rumah bukan untuk pertolongan jangka panjang. Selain jangka waktu pemberian, perlu diperhatikan juga petunjuk pemberian dosis yang tepat. Misalnya, pada pertolongan penyakit atau paru-paru, jika sudah mencapai kadar oksigen dalam darah yang normal, maka disarankan untuk menghentikan pemakaian tabung oksigen.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.