Update Kisaran Harga Cetak Poster Ukuran A2 & A3

No comment20933 views

Agar konsumen dapat mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan, promosi yang gencar perlu dilakukan. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan produk Anda, bisa melalui pemasangan banner, menyebarkan pamflet, atau memasang poster. Tidak susah media promosi ini, karena sudah banyak jasa yang menyediakan layanan cetak banner atau poster dengan harga relatif terjangkau. Ukuran kertas yang ditawarkan pun bisa disesuaikan, termasuk A2 dan A3.

Ilustrasi: Digital Printing (credit: Cermati)

Ilustrasi: cetak poster (credit: Cermati)

Dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau masyarakat luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Tujuan yang hendak dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]

Baca juga  Update Harga Pintu Kamar Mandi Aluminium (Semua Model)

Hampir setiap perusahaan menggunakan media promosi dalam rangka memasarkan produk mereka kepada khalayak luas. Contoh media promosi yang lazim digunakan adalah brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, hingga banner. Kemudian, seiring kemajuan teknologi digital, sekarang juga dapat dilakukan via media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, hingga channel YouTube.

Apa Itu Poster?

Dari sekian media konvensional, salah satu yang masih sering digunakan perusahaan atau penyedia jasa adalah poster. Kegunaan poster tersebut adalah untuk mengumumkan acara atau mempromosikan kegiatan, agar pengunjung bisa membaca informasinya dengan baik dan lengkap. Penggunaan poster sendiri menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk tujuan promosi, ajakan, atau informasi mengenai suatu acara atau program tertentu.

Mengutip buku Poster Keren yang ditulis Trik Paten, poster dirancang untuk dibaca seseorang yang sedang bergerak seperti sedang berkendara atau berjalan . Karena itulah, poster harus mampu menarik perhatian audiens dalam waktu singkat lewat desain dan pesan yang menarik. Umumnya, poster ditempelkan di tempat strategis yang dilewati banyak orang, misalnya dinding di pinggir jalan, mading sekolah, dan lainnya. Poster tersebut dapat berupa imbauan atau tawaran barang serta jasa.

Baca juga  Harga Palu Besi Kecil dan Besar

Poster juga dapat diartikan sebagai perpaduan gambar dan tulisan yang memuat pesan dan dipajang di tempat umum guna menarik perhatian pembaca. Karena itu, biasanya poster memiliki ciri-ciri memuat gambar dan tulisan, menggunakan tulisan yang padat, menggunakan kalimat persuasif, serta letak gambar dan tulisan yang dibuat proporsional.

Berdasarkan tujuannya, poster dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Poster niaga misalnya, bersifat memengaruhi pembaca agar membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Sementara, poster hiburan bertujuan untuk menghibur pembaca, poster kegiatan berupaya memberi tahu pembaca tentang informasi suatu kegiatan dan memengaruhi pembaca untuk mengikuti kegiatan tersebut, sedangkan poster pendidikan digunakan untuk memengaruhi pembaca guna melakukan hal yang diimbaukan atau tidak melakukan perbuatan tertentu.

Poster film menempel dinding (sumber: abc.net)

Poster film menempel dinding (sumber: abc.net)

Jika Anda berminat menggunakan poster untuk mempromosikan barang atau jasa yang Anda tawarkan, tidak sulit membuat media ini. Pasalnya, sudah banyak percetakan yang menawarkan jasa pembuatan poster. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung ukuran kertas dan jenis kertas. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran biaya cetak poster ukuran A2 dan A3.

Harga Cetak Poster A2

KuantitasHarga Cetak
1 pcsRp30.000 per lembar
50 pcsRp20.000 per lembar
100 pcsRp12.000 per lembar
300 pcsRp5.000 per lembar
500 pcsRp4.500 per lembar
1000 pcsRp1.650 per lembar
2000 pcsRp1.300 per lembar
Pameran aneka poster

Pameran aneka poster

Harga Cetak Poster A3

KuantitasHarga Cetak
1 pcsRp10.000 per lembar
50 pcsRp7.000 per lembar
100 pcsRp5.000 per lembar
300 pcsRp3.500 per lembar
500 pcsRp1.850 per lembar
1000 pcsRp1.300 per lembar
2000 pcsRp1.000 per lembar
  • Harga cetak poster di atas menggunakan kertas art paper ukuran 150 GSM.
  • Harga tersebut berlaku untuk cetak full colour satu sisi.
  • Jika menggunakan bahan art carton 230 gr, ada tambahan biaya sebesar Rp800 untuk A3 dan Rp1.500 untuk A3.
  • Jika menggunakan bahan art carton 260 gr, ada tambahan biaya sebesar Rp950 untuk A3 dan Rp1.700 untuk A3.
Baca juga  Info Spesifikasi & Harga Meja Pingpong Donic (Semua Tipe)

Informasi biaya cetak poster tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah percetakan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biayanya sebenarnya tidak terlalu banyak berubah. Meski demikian, biaya cetak poster, baik ukuran A2 maupun A3, bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing penyedia jasa.

[1] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. : CV Rajawali, hlm. 4.

[2] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3] Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Kisaran Harga Cetak Poster Ukuran A2 & A3"