Fungsi dan Update Harga Cat Meni Kayu (All Merk)

Saat ini telah tersedia banyak macam dan cat yang bisa disesuaikan dengan kegunaannya, seperti cat , cat kapur, cat minyak, cat kayu, hingga cat meni kayu. Khusus untuk jenis cat meni kayu atau cat minyak dasar, adalah cat yang digunakan sebagai cat dasar pada proses pengecatan. Cat meni kayu umumnya tidak memiliki banyak pilihan warna, tetapi dijual dengan harga lumayan terjangkau.

Ilustrasi: mengoleskan cat meni kayu (facebook: Indaco Warna Dunia)
Ilustrasi: mengoleskan cat meni kayu (facebook: Indaco Warna Dunia)

Biasanya, jika Anda memiliki ornamen yang berbahan kayu, ada baiknya untuk merawatnya agar tidak cepat rusak. Cara yang paling mudah untuk merawat bahan kayu tersebut adalah melalui pengecatan. Sebelum diaplikasikan dengan cat, kayu perlu diperlakukan sedemikian rupa melalui serangkaian proses persiapan sampai mencapai kondisi siap untuk dicat.

Bacaan Lainnya

Fungsi Cat Meni Kayu

Cat meni sendiri berbahan dasar dari alkyd yang mengandung red lead dan berfungsi untuk menahan getah kayu dan serangan rayap, serta untuk mencegah karat pada besi. Karena itu, sebelum menutup permukaan dengan menggunakan cat kayu, benda yang akan dicat bisa terlebih dahulu diberi sentuhan cat meni. Penggunaan cat meni kayu juga bisa menghemat cat, karena tanpa pemakaian cat meni, maka cat yang kemudian akan dipakai bisa sangat boros.

Seperti halnya plamir, cat meni untuk kayu pun berfungsi untuk menutupi pori-pori kayu agar penggunaan cat finishing nantinya tidak boros. Fungsi plamir dan cat meni tersebut lain dengan cat chromate. Fungsi cat dasar untuk kayu dan besi ini hanya sebagai pelapis terhadap karat sehingga menjadi lebih awet dan tahan lama.

Di pasaran, tidak susah mendapatkan cat meni untuk kayu karena sudah banyak perusahaan yang merilis produk tersebut. Avian Brands misalnya, memiliki Yoko Loodmeni, yaitu cat dasar berkualitas dengan harga ekonomis yang dapat digunakan untuk permukaan kayu atau besi. Selain itu, pabrikan juga merilis Yoko Yzermenie, sebuah cat dasar yang dapat digunakan untuk permukaan eksterior maupun interior, serta furniture.

Pabrikan lain, Warna Agung, memiliki cat Meni Kayu A, yaitu cat dasar berbahan dasar alkyd yang mengandung red lead dan berguna untuk menahan getah kayu dan serangan rayap. Cat ini fitur semi-kilap, dengan kepadatan isi 50 persen untuk kemasan 1 kg, serta memiliki daya sebar 10 m2 per kg, tergantung tingkat porositas media, jenis warna, dan metode .

Lalu, bagaimana cara mendapatkan cat meni untuk kayu? Anda bisa membeli beragam produk cat meni kayu di berbagai toko bahan bangunan, toko cat, maupun situs jual beli online. Harga cat meni kayu umumnya terjangkau, namun tergantung merek dan kemasannya. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga cat meni kayu di pasaran Tanah Air.

Harga Cat Meni Kayu

Cat meni kayu (sumber: indigopaints.com)
Cat meni kayu (sumber: indigopaints.com)
Merk Cat Meni KayuHarga
Cat Meni Cap 2 Tang 1 kgRp22.000
Cat Meni Avian Yoko Loodmenie 1 kgRp31.500
Cat Meni Nusatex 1 kgRp39.000
Cat Meni Oktan 1/2 kgRp44.500
Cat Meni Altex 1 kgRp46.300
Cat Meni Oktan 1 kgRp54.000
Cat Meni Cap Pedang 1 kgRp69.000
Cat Meni Nippon Paint Bee Brand Junior 66 1 kgRp71.500
Cat Meni Tawon Kembang 5 kgRp150.000 – Rp186.150

Harga cat meni kayu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Cat meni Avian Yoko Loodmenie 1 kg misalnya, awalnya dijual Rp27 ribuan, sekarang naik menjadi Rp31.500. Sementara itu, harga cap meni Oktan 1 kg, turun dari Rp75 ribu menjadi Rp54 ribu.

Penggunaan cat meni pada benda atau bangunan berbahan kayu sangat mudah. Langkah awalnya, permukaan yang akan dicat perlu dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran lainnya, kemudian biarkan hingga permukaan benar-benar kering. Anda bisa melakukan pengamplasan pada permukaan jika terdapat karat atau sisa cat yang mengelupas.

Sebelum digunakan, aduk cat sampai rata, aplikasikan satu lapis cat meni kayu secara merata dan kemudian didiamkan sampai kering, atau minimal sekitar 24 sebelum mengaplikasikan cat akhir. Kemudian, kayu siap untuk dicat sebanyak dua lapis untuk menghasilkan tampilan kilap pada kayu. Untuk mendapatkan hasil pengecatan kayu yang sempurna, sebaiknya permukaan yang akan dicat harus rata dan licin. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *