Update Harga Alat Penguat Sinyal HP Eksternal

Sinyal menjadi salah satu komponen terpenting dalam perangkat mobile seperti HP atau handphone. Sayangnya, karena satu dan lain hal, tidak jarang HP yang Anda miliki tidak mendapatkan sinyal yang cukup untuk melakukan sambungan telepon atau mengirim pesan. Nah, untuk meminimalkan masalah ini, Anda bisa membeli alat penguat sinyal eksternal yang dijual dengan mulai ribuan rupiah saja.

Ilustrasi: sinyal handphone hilang
Ilustrasi: sinyal handphone hilang

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk bisa memperkuat sinyal pada HP, salah satunya adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Melakukan Airplane Mode dipercaya bisa memperkuat sinyal HP berbasis Android. Pasalnya, saat Airplane Mode aktif, seluruh sinyal akan dimatikan. Sebaliknya, saat Airplane Mode tidak aktif, secara otomatis perangkat akan kembali mencari sinyal.

Bacaan Lainnya

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan metode kunci di satu jaringan. Penguncian jaringan menjadi 2G Only (GSM), 3G Only (WCDMA), atau 4G Only (LTE) bisa digunakan untuk mempertahankan sinyal Anda agar tidak gampang hilang. Selain itu, dengan mengunci di jaringan tertentu, baterai smartphone akan lebih awet dari biasanya karena smartphone tidak akan mencari jaringan berbeda secara terus-menerus.

Tempat yang tinggi juga disebut-sebut memiliki jangkauan sinyal yang lebih bagus daripada di tempat yang rendah. Namun sebenarnya, tidak bisa langsung disimpulkan seperti itu. Keberadaan tower jaringan juga berpengaruh besar terhadap kekuatan sinyal. Meskipun berada di tempat yang tinggi, kalau posisi HP Anda jauh dari tower jaringan, maka sinyal juga pasti akan lemah. Dengan kata lain, pindah ke tempat yang tinggi sangat bagus untuk memperkuat sinyal handphone, tetapi dengan catatan ada minimal satu tower jaringan di daerah tempat tinggal Anda.

Baca juga  Update Harga Lintasan Tamiya (1 Jalur, 2 Jalur, 3 Jalur)

Nah, bagi Anda yang tidak ingin repot dalam mencari sinyal, saat ini Anda bisa memanfaatkan sejumlah alat penguat sinyal HP eksternal yang sudah beredar luas di pasaran. Alat penguat sinyal ini berfungsi untuk memperkuat sinyal di HP Anda ketika berada di daerah atau tempat yang minim jaringan. Antena ini dikatakan bisa memperkuat sinyal 3G maupun 4G. Beberapa merk alat penguat sinyal berbentuk antena bahkan diklaim mendukung 12dB signal yang akan langsung terkoneksi dengan HP Anda.

Antenna ini didesain dengan holder untuk diletakkan di HP Anda untuk dihubungkan ke antena. Pada holder, sudah tersedia port untuk menyambungkan handphone dengan antena penguat sinyal. Penguat sinyal HP ini juga dilengkapi dengan rubber suction agar antena Anda ini bisa ditempelkan pada meja atau tembok dengan kuat.

Penguat sinyal HP ini dikatakan akan tetap bisa menguatkan sinyal Anda walaupun Anda berada di tempat yang kurang sinyal, misalnya di pedesaan, perbukitan, dan medan-medan pegunungan. Sinyal akan menjadi sangat optimal saat antena berada di posisi lebih tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat berada di tempat-tempat yang minim sinyal. Beberapa produk alat penguat sinyal eksternal yang ada di pasaran berikut ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut perbandingan alat penguat sinyal HP tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Ilustrasi: Signal Booster (credit: mobileextenders.eu)
Ilustrasi: Signal Booster (credit: mobileextenders.eu)

Alat Penguat Sinyal HP

Tipe Alat Penguat Sinyal HP Sebelumnya Sekarang
Antena Eksternal TS9 3dbi Huawei E5372s Bolt Slim & Max Rp6.900 Rp5.900
Antenna Sierra Wireless 875U 595U 8781U Rp30.100 Rp36.200
Antenna for Router Network 2.4 GHz 22dbi RP-SMA Rp70.200 Rp75.000
Antenna DVB-T for Huawei E510 Rp97.500 Rp109.500
9dBi Rubber Antenna for 2.4 GHz Magnetic Base M24-9-SR-MB Rp153.525 Rp153.525
4G LTE MIMO External Antenna for Routers Dual TS9 Connector Rp115.000 Rp177.800
Antena Penguat Sinyal Handphone 3G 12dbi dengan Holder – GU-883GC Rp193.000 Rp193.000
4G LTE External Antenna for Routers – SMA Connector Rp164.000 Rp227.000
Penguat Sinyal Handphone 900Mhz GSM Rp950.000 Rp1.014.000
Repeater GSM High 2G & DCS/4G (900MHz & 1800MHz) Rp1.625.000 Rp1.625.000
Repeater GSM RF-980 Single Band 900Mhz Rp3.953.000 Rp3.953.000
Penguat Sinyal 4G LTE BOSETECH GF 1500 Rp5.000.000 Rp5.578.777
Dual Band GSM Repeater 1800Mhz (2,5 G/DCS) & 2100Mhz (3G/WCDMA) Rp4.000.000 Rp3.667.741
Baca juga  Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Telepon Satelit Byru R-910

Berdasarkan tabel di atas, alat penguat sinyal HP eksternal di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Banderol alat penguat sinyal HP tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko elektronik terdekat di kota Anda.

Ilustrasi: Salah Satu Produk Booster Sinyal HP Portable (credit: tech-faq)
Ilustrasi: Salah Satu Produk Booster Sinyal HP Portable (credit: tech-faq)

Namun, jika enggan membeli, Anda pun bisa membuat alat penguat sinyal HP sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat alat penguat sinyal HP ini. Beberapa di antaranya adalah silet dan alumunium foil. Berikut langkah yang bisa Anda terapkan untuk membuat alat penguat sinyal HP.

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal HP 

  • Pertama-tama, gosok magnet ke silet berulang-ulang kali.
  • Setelah itu, silet akan memiliki medan magnet.
  • Selanjutnya, letakkan silet di atas alumunium foil.
  • Lipat alumunium foil agar menutupi semua bagian silet.
  • Setelah itu, gunting aluminium foil.
  • Sesuaikan guntingan dengan bodi HP.
  • Jika sudah, buka casing belakang HP Anda.
  • Letakkan silet alumunium foil di atas baterai.
  • Tutup kembali casing belakang dan lihat bagaimana peningkatan sinyal di HP Anda.
Baca juga  Update Harga Collagen Drink dalam Berbagai Merek

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal adalah dengan menggunakan stiker penguat sinyal. Awalnya, menggunakan stiker penguat sinyal sepertinya tidak masuk akal. Namun, setelah melihat cara kerjanya, banyak orang menjadi yakin kalau stiker tersebut memang bisa menguatkan sinyal.

Stiker ini terbuat dari logam tipis yang fungsinya mirip dengan antena eksternal ponsel. Jadi, ketika ditempelkan di belakang ponsel, stiker ini akan membantu menangkap sinyal yang tidak bisa dijangkau oleh ponsel tersebut. Alhasil, sinyal ponsel Android akan bertambah kuat setelah ditempeli stiker penguat sinyal tadi. Harga stiker penguat sinyal ini cukup murah, sekarang sekitar Rp20 ribu saja, sedikit naik dari harga tahun lalu sebesar Rp14 ribuan, dan biasanya dijual di beberapa toko online populer.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *