Info Terbaru Biaya & Syarat Membuat SIM C Baru

1 comment31640 views

Surat Izin Mengemudi (atau ) merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia kepada seseorang yang telah memenuhi , sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Di Indonesia, terdapat banyak SIM, yakni SIM A, B1, B2, C, dan D.

Di dalam Surat Izin Mengemudi (SIM) selain merupakan bukti Anda bisa layak mengendarai, juga terdapat identitas lengkap layaknya pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini berfungsi sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalanan, seperti kecelakaan lalu lintas, maka identitas dan alamat tempat tinggal Anda dapat diketahui.

Biaya Pembuatan SIM C - otomotif.wartablora.com

Biaya Pembuatan SIM C - otomotif.wartablora.com

Setiap calon yang ingin mendapatkan Surat Izin Mengemudi, maka ia harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Berikut adalah syarat pembuatan SIM baru.

Syarat Pembuatan SIM Baru

Menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Syarat pertama dalam pembuatan SIM adalah menyerahkan identitas diri (atau KTP) yang masih berlaku. Untuk tahun 2017, semua E-KTP tetap berlaku, meskipun masa berlakunya hingga tahun 2017, hal tersebut karena blangko dari pemerintah belum turun.

Sehat (Jasmani dan Rohani)
Kesehatan jasmani dan rohani merupakan syarat mutlak jika Anda ingin memperoleh surat lisensi ini. Pengendara kendaraan bermotor yang sehat adalah yang memenuhi aspek kesehatan, baik jasmani dan rohaninya. Untuk penyandang disabilitas, pemerintah sudah mengeluarkan SIM khusus penyandang disabilitas tersebut, yakni SIM D.

Mengisi Formulir Permohonan SIM
Anda dapat mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di kantor Polres setempat, di mana tempat Anda mendaftar SIM C baru.

Berpakaian Rapi
Beberapa kantor polisi mensyaratkan pemohon SIM C baru untuk berpakaian rapi. Dengan berpakaian rapi, maka kita bisa dilayani di kantor polisi.

Setelah keempat syarat tersebut terpenuhi, lalu bagaimana cara dalam pembuatan SIM baru tersebut? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Pembuatan SIM Baru

  1. Mengisi formulir pendaftaran SIM C baru.
  2. Melakukan registrasi di bank atau kantor yang telah dirujuk.
  3. Melakukan tes kesehatan di tempat yang telah disediakan oleh Polres setempat.
  4. Melakukan tes tertulis seputar lalu lintas.
  5. Melakukan tes praktik berkendara sepeda motor.
  6. Foto.

Ujian tertulis merupakan gerbang bagi pencari SIM, jika ujian tertulis lolos, maka pemohon akan dapat melanjutkan ke tahapan ujian praktik. Namun, beberapa pemohon terkadang gagal dalam menyelesaikan tugas, maksud dari gagal menyelesaikan tugas adalah mereka tidak lolos tahap tes tertulis ini. Pihak kepolisian dalam hal ini menerapkan, bahwa yang lolos tes tertulis ini adalah mereka yang minimal menjawab 80 % pertanyaan tentang lalu lintas dan rambu-rambu.

Jika kurang dari 80 % maka pemohon SIM baru bisa tes tertulis untuk keesokan harinya. Tes tertulis ini memang susah-susah gampang, susah bagi orang yang belum tahu rambu-rambu, dan gampang bagi mereka yang sudah menguasai.

SIM C - www.merdeka.com

SIM C - www.merdeka.com

Jika pengendara yang tertib dan paham akan undang-undang berlalu lintas, maka akan dapat dengan mudah lolos dalam serangkaian tes tersebut. Namun jika pemohon tidak lolos pada salah satu tes maka ia bisa mengulang setidaknya 3 kali. Namun jika batas maksimum tersebut ternyata masih gagal, maka pengendara harus menunggu pembuatan SIM baru pada tahun berikutnya.

Setelah pengendara mengetahui syarat dan langkah dalam pembuatan SIM baru, satu pertanyaan yang kerap ditemui adalah besaran biayanya. Nah, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, yang merupakan PP pengganti Nomor 50 Tahun 2010 yang berisi tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pada Peraturan Pemerintah terbaru, terjadi kenaikan biaya pada pengurusan STNK dan BPKB hingga 300 persen. Namun, untuk pembuatan SIM telah mengalami penurunan secara signifikan.

Yang menarik adalah besaran tarif pembuatan SIM, BPKB, STNK dan surat penting lainnya di tiap daerah di Indonesia sama. Hal tersebut dilakukan Pemerintah untuk menjaga transparansi dan mencegah terjadinya pungli. Bahkan pemerintah juga telah melakukan inovasi dengan menghadirkan pembuatan SIM C online.

Biaya Pembuatan & Perpanjangan SIM

Jenis SIMBiaya/Tarif Pembuatan SIM BaruBiaya Perpanjang
SIM A

(untuk kendaraan roda 4 dengan berat tidak lebih dari 3.500 kg)

Rp120.000Rp80.000
SIM A UmumRp120.000Rp80.000
SIM B1

(untuk kendaraan dengan berat lebih dari 1.000 kg)

Rp120.000Rp80.000
SIM B1 UmumRp120.000Rp80.000
SIM B2

(untuk kendaraan dengan kereta tempelan yang beratnya lebih dari 1.000 kg)

Rp120.000Rp80.000
SIM B2 UmumRp120.000Rp80.000
SIM C

(untuk kendaraan roda 2 dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam)

Rp100.000Rp75.000
SIM C1

(untuk kendaraan roda 2 dengan kapasitas 250-500 cc)

Rp100.000Rp75.000
SIM C2

(untuk kendaraan roda 2 dengan kapasitas 500 cc ke atas)

Rp100.000Rp75.000
SIM D

(untuk penyandang disabilitas/pengendara berkebutuhan khusus)

Rp50.000Rp30.000
SIM D1Rp50.000Rp30.000
SIM InternasionalRp250.000Rp225.000

Selain dapat diurus dengan cara mendatangi kantor kepolisian, pembuatan SIM baru juga bisa dilakukan secara online. Selain itu, pendaftaran SIM secara online juga dapat dilakukan tidak berdasarkan domisili. Pada sistem terbaru ini, proses pendaftaran harus menggunakan e-KTP dengan pembayaran biaya administrasi dilakukan melalui ATM dan EDC.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat SIM secara online, berikut tahapannya.

Syarat Membuat SIM C Baru - kabarwarta.id

Syarat Membuat SIM C Baru - kabarwarta.id

Langkah Membuat SIM Online

  1. Buka laman sim.korlantas.polri.go.id.
  2. Pilih menu pendaftaran SIM Online.
  3. Pilih jenis permohonan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru. Ikuti alur pendaftaran.
  4. Setelah pendaftaran sukses, maka pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC, atau Teller di seluruh lokasi BRI.
  5. Datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih saat pendaftaran dan tidak lupa untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter.
  6. Identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan).
  7. Pemohon akan menjalani ujian teori dan praktik. Apabila lulus, SIM baru siap dicetak.

Bersamaan dengan peluncuran SIM Online, Korlantas Polri juga merilis aplikasi e-Tilang dan e-Samsat. Terobosan ini diharapkan akan memudahkan masyarakat dan meningkatkan kualitas penegakan hukum terkait pelanggaran lalu lintas.

Pada September 2019, kepolisian juga meluncurkan Smart SIM. Smart SIM kabarnya sudah ditambahkan teknologi baru berupa chip khusus yang berguna untuk merekam data pemegang SIM. Smart SIM memadukan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu dengan Dukcapil, IRSMS dan database lain. Biaya pembuatan Smart SIM pun masih sama seperti PP No. 60 Tahun 2016.

[Dian]

Baca juga  Update Harga Permen Frozz dan Frozz Herbal
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!
  1. author

    DEWI KARTIKA5 tahun ago

    saya mau bkin SIM bgaimana caranya ??

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Biaya & Syarat Membuat SIM C Baru"