Cegah Stres dan Rangsang Pertumbuhan Tanaman, Vitamin B1 Dibanderol Rp 20.000

Dalam merawat tanaman, selain konsumsi air yang perlu diperhatikan, vitamin juga menjadi salah satu yang penting. Tanaman juga memerlukan vitamin untuk menunjang kehidupannya.

Liquinox Start Vitamin B1 (sumber: shopee.co.id)

Liquinox Start Vitamin B1 (sumber: shopee.co.id)

Salah satu vitamin yang diperlukan adalah vitamin B yang ada dalam bermerek Liquinox Start. vitamin tersebut dijual seharga Rp 20.000 per botol isi 100ml. Anda dapat membelinya melalui online atau di tempat yang menjual perlengkapan khusus tanaman.

Liquinox Start merupakan cair yang membantu tanaman dengan kandungan vitamin B-1, substansi yang menyerupai hormon, organic yucca extract, zat , dan fosfor. Produk ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dan mengurangi stress akibat pemindahan tanaman.

Kelebihan yang diklaim dari produk Liquinox Start antara lain mengurangi stress pada tanaman akibat pemindahan, merangsang pertumbuhan akar sehingga tanaman lebih cepat tumbuh, dan dapat digunakan untuk segala jenis tanaman.

Baca juga  Update Harga Selang Flexible Tahan Panas (Berbagai Ukuran)

Cara menggunakan vitamin B pada tanaman sesuai anjuran adalah:

  • Campurkan 1 sendok makan Liquinox Start ke dalam 2 liter air.
  • Rendam tanah di sekitar tanaman yang dicampur dengan cairan ke area perakaran.
  • Berikan 2-3 kali.

Salah satu jenis tanaman yang memerlukan vitamin B adalah bunga anggrek. Bunga anggrek (Orchidaceae) menjadi satu diantara yang paling banyak diminati. Dengan bentuk serta warna yang menawan, bunga anggrek menjadi primadona bagi para pencinta di Indonesia.

Tidak jarang, beberapa jenis anggrek pun kerap dijadikan salah satu koleksi tanaman hias di taman rumah. Untuk membuatnya tampil dan segar, Anda pun harus tahu bagaimana merawatnya.

Beberapa jenis anggrek memiliki kepekaan terhadap panas, sehingga Anda perlu mengatur pencahayaannya. Jika tidak, bunga anggrek Anda bisa layu bahkan mati. Untuk jenis anggrek hibrid seperti cattleya, dendrobium, phalaenopsis (anggrek bulan) dan vanda, cenderung membutuhkan cahaya cukup banyak, namun bukan berarti bunga jenis ini harus dipapar langsung di bawah sinar matahari.

Ilustrasi: merawat tanaman dengan menyiram secara rutin (sumber: yours.co.uk)

Ilustrasi: merawat tanaman dengan menyiram secara rutin (sumber: yours.co.uk)

Jenis anggrek hibrida dinilai lebih mudah perawatannya, hal ini disebabkan jenis ini, yang hanya paling perlu diperhatikan adalah pencahayaannya. Anggrek hibrida rata-rata butuh pencahayaan 50-70 persen.

Baca juga  Info Terbaru Harga Buku Pelajaran Kurikulum 2013 (K-13) Untuk SMA/SMK

Selain pencahayaan, tanaman anggrek juga butuh nutrisi untuk membantu pertumbuhan batang, juga merangsang tumbuh bunga. Seminggu sekali, anggrek perlu di semprot dengan vitamin., yaitu vitamin B1.

Sedangkan untuk tanaman buah, vitamin yang biasa diberikan berupa pupuk organik. Pemberian pupuk tersebut dimaksudkan supaya buah dapat tumbuh dengan lebat dan cepat.

Pemberian nutrisi (pupuk) sebaiknya dilakukan sejak awal menanam tanaman buah dengan memberikan pupuk organik cair maupun padat seperti pupuk kompos atau pupuk kandang.

Selain itu, pada tanaman buah sebaiknya diperhatikan juga adanya tunas liar atau batang yang tidak produktif, agar nutrisi tidak terserap ke batang lain, hanya batang pokok saja.

Pemberian hormon pada tanaman juga diperlukan, misalnya perangsang tumbuh dan perangsang buah, misalnya pada tanaman nanas, maka diberikan hormon gibereline  atau sitokinin agar cepat berbuah.

loading...

Leave a reply "Cegah Stres dan Rangsang Pertumbuhan Tanaman, Vitamin B1 Dibanderol Rp 20.000"