Harga Elgato (USB, Stream Deck, Capture Game, Green Screen, Dock)

Bagi para gamer sejati, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Elgato. Ini adalah yang terkenal akan serangkaian produk perekaman , yang disebut dengan EyeTV, yang merekam dari antena over-the-air, TV satelit, atau perangkat seluler. Di dalam negeri, produk Elgato saat ini ditawarkan di kisaran harga jutaan rupiah per unit.

Seperti dilansir Wikipedia, Elgato adalah merek produk teknologi konsumen. Pabrikan ini didirikan pada tahun 1992 oleh Markus Fest dan berkantor pusat di Munich, Jerman. Elgato terkenal karena serangkaian produk perekaman video yang disebut EyeTV, yang merekam video dari antena over-the-air, TV satelit, atau perangkat seluler.

Elgato Green Screen - (Youtube: Shane Miller - GPLama)

Elgato Green Screen - (Youtube: Shane Miller - GPLama)

Masih menurut sumber yang sama, perangkat keras EyeTV pertama diperkenalkan pada November 2002. Itu adalah perangkat bertenaga USB kecil yang berisi tuner kabel dan encoder perangkat keras untuk mengubah video televisi menjadi format MPEG-1 untuk ditonton di komputer. Perangkat ini juga memiliki colokan koaksial dan RCA untuk menghubungkan dengan VCR atau camcorder. Sebuah artikel tahun 2002 di Macworld mengatakan bahwa ini adalah ‘langkah pertama dalam menjembatani komputer dan televisi, meski masih ada beberapa kekurangan’.

Iterasi berikutnya dirilis pada tahun 2004 dan disebut EyeTV 200. EyeTV 200 memperkenalkan remote control dan mengonversi pemrograman video ke format MPEG-2 berkualitas lebih tinggi. Sebuah tinjauan Macworld memberikannya 4 dari 5 bintang untuk kategori ‘sangat bagus’, dengan menekankan kualitas video dan kemudahan penggunaan. Pada tahun yang sama, juga memperkenalkan produk EyeTV pertama untuk televisi satelit, yaitu EyeTV 310, yang kemudian dihentikan dan diganti dengan EyeTV Sat.

Di tahun 2004 juga, server rumah bernama EyeHome diluncurkan. Perangkat ini memiliki rekaman yang mirip dengan produk EyeTV lainnya, tetapi juga dimaksudkan untuk mengalirkan komputer ke televisi. Model ini menghubungkan komputer Mac dan televisi yang berbagi jaringan rumah yang sama. Sebuah ulasan di Macworld memberikannya bintang tiga atau peringkat ‘baik’, mengatakan bahwa itu mudah untuk instalasi dan bekerja dengan baik dengan aplikasi Apple, tetapi beberapa aspeknya unik atau membuat frustrasi.

Selang setahun kemudian, beberapa produk EyeTV lainnya dirilis, seperti EyeTV untuk DTT, EyeTV EZ, dan EyeTV Wonder. EyeTV untuk DTT (digital terrestrial TV) adalah perangkat bertenaga USB kecil dengan antena untuk menerima siaran televisi over-the-air gratis. Sementara, Eye TV Wonder hanya tersedia dari Juli 2005 hingga Januari 2006, sebelum dihentikan dan diganti dengan EyeTV EZ. EyeTV EZ adalah produk entry-level dasar dengan tuner analog untuk menonton TV di komputer Mac.

Pada tahun 2006, versi 2.1 dari perangkat lunak EyeTV dihadirkan dengan antarmuka pengguna baru, panduan TV terintegrasi dari TitanTV, dan kompatibilitas dengan remote Apple. Antarmuka model ini mirip dengan produk Apple lainnya. Sebuah artikel di Macworld memuji pembaruan dan terutama fitur pengeditan baru, tetapi mengatakan ada beberapa keanehan, seperti tombol Edit yang sulit ditemukan.

Produk Elgato

Dilansir dari situs resminya, perusahaan saat ini setidaknya telah menyediakan empat varian produk ke pasaran global, yaitu Capture, Stream Deck, Green Screen, dan Dock. Masing-masing kategori terbagi lagi menjadi beberapa produk, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai merekam gambar dan lainnya.

Produk Capture misalnya, Elgato menghadirkan Game Capture HD yang memiliki bentuk menyerupai hard disk eksternal, berwarna hitam dan tebal. Produk ini telah dilengkapi dengan dua port HDMI ini/out, port A/V in, dan mini USB. Game Capture HD diklaim mampu merekam video dari perangkat Xbox 360, PS3, atau perangkat HDMI lainnya ke dalam PC atau Mac.

Penggunaannya terbilang cukup sederhana dan mudah. Anda cukup menghubungkan konsol game ke port HDMI in Game Capture HD, sedangkan port HDMI out dihubungkan ke TV. Lalu, untuk menyimpan video rekaman, sambungkan kabel mini USB ke PC atau Mac. Khusus untuk konsol Sony PS3, Elgato menyediakan sebuah kabel A/V sebagai ganti HDMI, karena Game Capture tidak mendukung video dengan enkripsi HDCP. Saat diaktifkan, perangkat ini akan merekam gambar tanpa memengaruhi jalannya permainan yang berlangsung. Hasil rekaman akan disimpan dalam beberapa format seperti 1080i @30fps, 720p @60fps, 576p@60fps, atau 480p/I @60fps, tergantung dari sumbernya.

Elgato Stream Deck Mini - www.windowscentral.com

Elgato Stream Deck Mini - www.windowscentral.com

Untuk membedakannya dari yang lain, Elgato melengkapi ini dengar fitur eksklusif yang dinamakan Flashback Recording. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat tayangan ulang permainannya selama satu jam ke belakang dan mulai merekam pada menit yang diinginkan. Hal ini membuat perekaman lebih efisien karena pengguna tidak perlu merekam seluruh permainan dan kemudian mengeditnya.

Sementara, untuk Stream Deck, ini adalah alat dengan layar berukuran 15 inch, sebagai dek pengontrol pembuatan konten. Sebanyak 15 tombol siap untuk meluncurkan hingga 210 tindakan, menghilangkan kebutuhan untuk memetakan dan menghafal jalan pintas keyboard. Satu sentuhan memungkinkan Anda beralih adegan, meluncurkan media, menyesuaikan audio, dan banyak lagi, sedangkan umpan balik visual mengonfirmasi setiap perintah Anda. Secara tradisional, kontrol ini eksklusif untuk hiburan arus utama.

Harga Elgato

Produk ElgatoHarga
Elgato Mouse MatRp757.900
Elgato Eve Weather Rp1.428.900
Elgato Cam Link USBRp2.150.000 – Rp2.350.000
Elgato Thunderbolt 2 DockRp2.200.000
Elgato Stream DeckRp2.695.000 – Rp3.245.000
Elgato HD60 ProRp3.575.000
Elgato HD60 SRp3.600.000 – Rp4.887.000
Elgato Stream Deck MiniRp3.899.000
Elgato Green ScreenRp8.901.000

Harga produk buatan Elgato di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online di pasar dalam negeri. Harga produk Elgato tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi langsung toko perlengkapan game atau toko elektronik terdekat di kota Anda.

Baca juga  Harga Speaker Subwoofer 18 Inch di Pasaran
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Elgato (USB, Stream Deck, Capture Game, Green Screen, Dock)"