Cara Transfer BNI ke Bank Mandiri Lewat SMS, ATM, dan Aplikasi

Bagi Anda yang baru saja membuat BNI, pastinya sudah tidak sabar untuk memakainya. Sebagian orang lebih suka memakainya untuk transfer uang melalui . Layanan transfer uang yang disediakan oleh BNI tidak hanya bisa dilakukan antar- BNI, tetapi ke lainnya, seperti ke dengan cara mudah dan praktis.

Ilustrasi: Transaksi Uang di ATM (sumber: twomonkeystravelgroup)

Ilustrasi: Transaksi Uang di ATM (sumber: twomonkeystravelgroup)

Transfer uang sudah menjadi salah satu komponen penting dalam kehidupan di era digital seperti sekarang. Transfer tidak hanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan debit, tetapi juga untuk keperluan . merupakan komponen utama dalam setiap kegiatan transaksi perdagangan barang dan jasa. Dengan adanya layanan transfer yang disediakan oleh bank, nasabah bisa membeli atau menjual barang dengan konsep transaksi yang aman dan lebih efisien. Bisa dibilang, perpindahan dana yang ditukar menjadi barang atau jasa akan lebih mudah dan cepat.[1]

Salah satu bank yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Nusantara yang menyediakan layanan transfer ke berbagai rekening, yaitu BNI. Nasabah yang memiliki rekening BNI dapat mentransfer uangnya ke rekening bank lain, misalnya Bank Mandiri. Lalu, bagaimana cara transfer uang dari BNI ke Bank Mandiri?

Transfer via BNI

Untuk menggunakan fitur ini, tentunya rekening Anda sudah harus terdaftar dapat memakai BNI SMS banking. Cara mendaftarkan rekening Anda tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengunjungi customer service BNI sebelum melakukan transfer, atau Anda bisa meminta CS untuk mendaftarkan rekening Anda saat pembuatan rekening. Selain itu, Anda bisa mendaftarkan rekening Anda sendiri melalui ATM.

Baca juga  Update Terkini Pendaftaran dan Biaya SMS Banking BRI

Untuk transfer dari rekening BNI ke Bank Mandiri, Anda perlu membuka ponsel Anda dulu. Setelah itu, masuk ke fitur SMS di HP Anda. Ketik SMS dengan format, TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>(Kode Bank+Rek.Tujuan)<spasi>(Nominal Transfer)<spasi>##. Untuk kode Bank Mandiri, Anda bisa mengisikan 008. Kirim SMS tersebut ke 3346. Setelah SMS dikirim, Anda akan mendapatkan balasan berupa pemberitahuan bahwa transaksi Anda telah berhasil.

Perlu Anda ketahui bahwa layanan transfer melalui SMS Banking dari BNI ke Bank Mandiri akan dikenakan sebesar Rp6.500. SMS banking BNI tidak hanya menyediakan layanan untuk transfer, Anda bisa memakainya untuk membayar berbagai macam keperluan, seperti asuransi, pinjaman personal, pendaftaran SBMPTN, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi.

Transfer via ATM BNI

Cara paling mudah yang banyak dipakai orang untuk transfer antar-bank, yaitu lewat ATM. Untuk transfer dari rekening BNI ke Bank Mandiri, Anda hanya perlu pergi ke ATM BNI terdekat, ATM Bersama, atau ATM Citilink. Masukkan pada mesin dan pilih bahasa yang ingin Anda pakai. Sebaiknya Anda menggunakan bahasa Indonesia untuk menurunkan risiko terjadi kesalahan saat transfer.

Baca juga  Update Info Lengkap Layanan & Produk Bank Mandiri
Ilustrasi: Transfer Menggunakan ATM (sumber: yle.fi)

Ilustrasi: Transfer Menggunakan ATM (sumber: yle.fi)

Masukkan pin ATM dan tekan Enter, setelah itu pilih menu Transfer . Masukkan kode Bank Mandiri, yaitu 008, di bagian depan, ditambah dengan nomor rekening tujuan Anda. Tekan Benar lalu masukkan nominal yang ingin Anda transfer dan tekan Ya di bagian ujung layar ATM. Pilihlah sumber dana yang dikeluarkan dari rekening, Anda bisa memilih atau giro. Setelah itu, tekan proses dan tunggu notifikasi bahwa proses transfer sudah berhasil. Bila Anda menemui kendala t, Anda bisa minta tolong kepada satpam bank atau menelepon nomor 1500046.

Perlu Anda ketahui, transfer uang dari BNI dikenakan biaya administrasi berbeda. Jika Anda mentransfer uang dari rekening BNI ke BNI, maka biayanya gratis alias tidak perlu bayar. Namun, jika Anda mentransfer uang dari rekening BNI ke Bank Mandiri atau bank lain, Anda akan dikenakan biaya Rp6.500.

Transfer via BNI Mobile Banking

Bagi kaum millennial, pastinya sudah tidak asing dengan layanan BNI Mobile Banking. Layanan tersebut menyediakan berbagai fitur, mulai dari cek saldo hingga transfer ke berbagai rekening bank. Untuk menggunakan layanan tersebut, pastikan rekening Anda sudah terdaftar di BNI Mobile Banking. Cara mendaftarkan rekeningnya bisa melalui customer service atau ATM.

Baca juga  Info Terbaru Produk, Syarat dan Biaya KPR BTN

Setelah rekening Anda terdaftar, download aplikasi BNI Mobile Banking dari Google Play Store. Buatlah akun terlebih dahulu dan isi e-formulir dilengkapi dengan mengisi nomor PIN ATM, nomor rekening, email, dan NIK. Lanjutkan proses pendaftaran dengan memasukkan kode registrasi yang sudah dikirim BNI ke email Anda.

BNI Mobile Banking (sumber: bnisyariah.co)

BNI Mobile Banking (sumber: bnisyariah.co)

Setelah Anda berhasil mengaktivasi akun BNI Mobile Banking, login ke akun Anda dan pilih fitur transfer antar-bank. Masukkan kode Bank Mandiri, yaitu 008, ditambah nomor rekening tujuan Anda. Setelah itu, masukkan nominal yang ingin Anda transfer dan pilih sumber dananya. Proses transfer melalui BNI Mobile Banking ke rekening Bank Mandiri akan dibebankan biaya administrasi Rp6.500.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika ingin mentransfer dana dari BNI ke Bank Mandiri. Pastikan Anda sudah mengecek saldo di rekening Anda. Ini karena untuk melakukan layanan transfer, setidaknya Anda harus memiliki saldo minimal di rekening mulai Rp100.000.

[1] Hayati, Isra & Raja David Indra Kijai. 2019. Penerapan Real Time Gross Settlement dalam Kegiatan Usaha Nasabah di PT Bank SUMUT Syariah Cabang Medan. Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 10(1): 39-54.

loading...
author

Leave a reply "Cara Transfer BNI ke Bank Mandiri Lewat SMS, ATM, dan Aplikasi"