Update Cara Buka Token & Biaya Administrasi KeyBCA Pin Lock

menggunakan kini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Hal tersebut dikarenakan kepraktisan dan kemudahannya. Dengan i-, Anda bisa melakukan berbagai transaksi finansial seperti transfer uang (ke sesama atau berbeda ), membayar tagihan (listrik, Wi-Fi, kartu kredit, dan lainnya), membeli pulsa, dan transaksi lainnya.

Ilustrasi: transaksi perbankan lewat internet banking (sumber: thestatebankgroup.com)

Ilustrasi: transaksi perbankan lewat internet banking (sumber: thestatebankgroup.com)

Layanan internet banking sendiri sudah disediakan oleh banyak bank yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA). Bank swasta ini berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Pada layanan i-banking, BCA memberlakukan kebijakan privasi dan pengamanan di dalam menjaga privasi dan keamanan Anda pada saat mengunjungi situs dan internet banking BCA.

Kebijakan privasi yang ditetapkan BCA antara lain BCA tidak menjual, menukar, atau memperlihatkan segala informasi yang berkaitan dengan nasabah atau pengunjung situs dan internet banking BCA; BCA tidak melacak pengunjung situs BCA; dan BCA akan menggunakan cookie yang akan berakhir pada saat Anda logout. Semua transaksi perbankan Anda dan informasi lainnya disimpan secara rahasia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia serta kebijakan internal BCA.

BCA sendiri mewajibkan pengguna untuk memasukkan User ID dan PIN sebelum Anda dapat melakukan akses ke internet banking BCA. Untuk memastikan proteksi bagi Anda dalam melakukan akses ke internet banking BCA, mohon lakukan hal-hal sebagai berikut.

  • Jagalah kerahasiaan User ID dan PIN Anda, jangan diberitahukan kepada orang lain, kecuali untuk melakukan transaksi-transaksi tertentu yang mengharuskan Anda untuk memberitahukan User ID milik Anda, antara lain untuk transaksi pembelian barang secara on-line, dan jangan disimpan dalam Internet Explorer Anda.
  • Jangan memberitahukan PIN atau sebagian PIN Anda kepada orang lain, walaupun orang tersebut mengaku sebagai karyawan BCA. BCA tidak pernah menanyakan PIN Anda.
  • Gantilah PIN Anda secara periodik di internet banking BCA pada menu -Ganti PIN atau jika Anda tidak yakin terhadap kerahasiaan PIN Anda. Jangan menggunakan PIN yang mudah diterka seperti 111111, 222222, 123456, 654321, tanggal lahir, nomor mobil, alamat, dan lain-lain. Jangan menulis PIN Anda di tempat di mana orang lain dapat membacanya.
  • Gunakan PIN internet banking BCA yang berbeda dengan PIN yang Anda gunakan untuk mengakses situs lain.
Perangkat KeyBCA (sumber: termudah.com)

Perangkat KeyBCA (sumber: termudah.com)

Selain itu, BCA juga memberlakukan sistem pengamanan dengan menggunakan 3 (tiga) lapis sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi Anda di internet banking BCA, yaitu:

  • Secure Socket Layer (SSL). SSL adalah teknologi pengamanan yang ‘mengacak’ jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.
  • User ID dan Personal Identification Number (PIN).
  • One Time Password yang dihasilkan oleh KeyBCA. One Time Password adalah teknologi pengamanan yang selalu menghasilkan password yang berbeda setiap kali alat/token pengamannya digunakan.

BCA mewajibkan Anda menggunakan security token yang dinamakan KeyBCA untuk menghasilkan One Time Password yang digunakan untuk mengautentikasi setiap transaksi finansial Anda dan sebagai tanda persetujuan Anda terhadap transaksi yang dilakukan. Anda harus memasukkan One Time Password yang dihasilkan oleh KeyBCA jika Anda melakukan transaksi finansial seperti transfer dana, pembelian dan pembayaran, dan transaksi non-finansial misalnya aktivasi KeyBCA, tambah koneksi, hapus koneksi, dan registrasi inquiry tagihan kartu kredit BCA.

Untuk memastikan proteksi bagi KeyBCA, nasabah disarankan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut.

  • KeyBCA diamankan dengan PIN pengguna sendiri. Gantilah PIN KeyBCA Anda segera setelah menerima KeyBCA, dan gantilah PIN KeyBCA secara periodik atau jika Anda tidak yakin terhadap kerahasiaan PIN.
  • Jangan menggunakan PIN yang mudah diterka seperti 111111, 222222, 123456, 654321, tanggal lahir, nomor mobil, alamat, dan lain-lain. Jangan menuliskan PIN Anda di tempat di mana orang lain dapat membacanya.
  • Jangan meminjamkan KeyBCA Anda kepada orang lain.
  • Jagalah kerahasiaan PIN KeyBCA Anda, jangan diberitahukan kepada orang lain.
  • Jangan memberitahukan PIN atau sebagian dari PIN KeyBCA Anda kepada orang lain, walaupun orang tersebut mengaku sebagai karyawan BCA. BCA tidak pernah menanyakan PIN KeyBCA Anda.
  • Hubungi Halo BCA jika KeyBCA Anda hilang, rusak, atau terblokir. Ikuti instruksi mereka bagaimana mendapatkan KeyBCA baru atau mengaktifkan KeyBCA Anda kembali.
Ilustrasi: penerangan prosedur penggunaan KeyBCA kepada nasabah (sumber: prokal.co)

Ilustrasi: penerangan prosedur penggunaan KeyBCA kepada nasabah (sumber: prokal.co)

Untuk cara menggunakan KeyBCA, Anda dapat melihat pada petunjuk yang disertakan pada KeyBCA yang diterima. Sebagai pengguna, Anda disarankan untuk memperhatikan token (KeyBCA) supaya tidak mudah rusak (error). Namun, pada sebagian kasus, pengguna seringkali mengalami token error, hilang, atau KeyBCA terblokir atau KeyBCA PIN Lock. Umumnya, hal tersebut terjadi karena pengguna memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Bisa secara sengaja atau karena lupa PIN dan mencoba memasukkan kode yang salah, atau bisa juga secara tidak sengaja terpencet.

Cara Buka KeyBCA PIN Lock

Lalu, bagaimana mengatasi KeyBCA PIN Lock atau Anda lupa PIN? Cara buka yaitu menghubungi Halo BCA di 1500888. Ikuti instruksi mereka bagaimana cara untuk mengaktifkan fasilitas internet banking Anda kembali. Apabila cara tersebut masih belum membantu, Anda dapat datang ke kantor cabang BCA terdekat. Sebelum mendatangi kantor cabang, diharapkan Anda membawa syarat-syarat seperti tanda pengenal (KTP atau KITAS), buku , kartu ATM.

Lamanya blokir PIN Anda akan terbuka biasanya relatif singkat. Pada saat itu juga, setelah customer service selesai melakukan membuka blokir, maka token Anda dapat digunakan kembali, atau saat itu juga Anda akan menerima KeyBCA baru jika diganti dan langsung bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

KeyBCA

Nah, untuk mendapatkan KeyBCA yang baru, nasabah akan dikenakan biaya administrasi. Untuk KeyBCA baru, nasabah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp25.000, sedangkan penggantian KeyBCA dalam masa garansi (enam bulan sejak nasabah mendapatkan KeyBCA) adalah gratis. Namun, jika ingin mengganti KeyBCA di luar masa garansi atau karena kelalaian nasabah, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp50.000.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Produk dan Biaya Tabungan BNI Syariah Lengkap
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Cara Buka Token & Biaya Administrasi KeyBCA Pin Lock"