Update Harga Vitonal (Semua Varian)

Kebutuhan ibu hamil tidak hanya ditujukan untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayinya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh ibu hamil, mulai dari makanan, minuman, hingga suplemen atau tambahan vitamin. Nah, salah satu vitamin dengan harga terjangkau yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah Vitonal.

harga, vitonal, di, apotek, cara, konsumsi, ibu, hamil, bayi, suplemen, makanan, vitamin, minuman, daging, sushi, susu, keju, lembut, keras, kandungan, ekstrak, jahe, mual, muntah, masa, kehamilan, apotik
Kemasan Vitonal M untuk ibu hamil (sumber: Bukalapak)

Sebagian besar ibu hamil mungkin sudah tidak asing dengan asam folat atau dikenal juga vitamin B9. Selain mendukung pembentukan sistem organ pada janin, nutrisi satu ini juga dapat memastikan janin tetap tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam kandungan. Asupan nutrisi ini juga berperan penting dalam mencegah terjadinya penyakit cacat bawaan lahir pada saraf dan otak, seperti anensefali dan spina bifida. Dari banyaknya merk suplemen di pasaran, Vitonal dikatakan menawarkan suplemen lengkap, baik asam folat dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan ibu hamil.

Bacaan Lainnya

Suplemen Vitonal

Vitonal merupakan suplemen multivitamin dan mineral yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui serta mencegah anemia. Vitonal memiliki kandungan yang baik untuk janin, seperti asam folat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12 yang berfungsi untuk menguatkan janin serta meningkatkan daya tahan tubuh selama menjalani kehamilan.

Baca juga  Update Biaya Tes IGRA Deteksi TBC (Tuberculosis)

Ada beberapa macam Vitonal, seperti Vitonal M. Produk tersebut dinilai bisa membantu meredakan rasa mual dan muntah pada masa kehamilan. Di dalam produk tersebut, terdapat kandungan ekstrak jahe dan vitamin B6. Selain itu, ada Vitonal Genio dan Vitonal F yang diklaim mampu menambah nutrisi asam folat pada ibu hamil. 

Setelah melahirkan, tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan jumlah ASI yang relatif sedikit. Untuk memenuhi kebutuhan ibu muda, telah tersedia Vitonal ASI yang berperan membantu melancarkan air susu ibu sekaligus menambah nafsu makan. Vitonal Calci Capsul menjadi suplemen pelengkap yang mengandung kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui. Lalu, berapa harga Vitonal saat ini?

Daftar Harga Vitonal

Vitonal Harga Sebelumnya Harga Sekarang 
Vitonal Lacta per strip Rp5.500 Rp5.500
Vitonal Calci Capsul Rp8.000 Rp8.000
Vitonal M Capsule 30’S Rp8.000 Rp10.000
Vitonal M Sirup 60 ml per botol Rp12.000 Rp10.500
Vitonal Asi kapsul 30’S Rp9.500 – Rp15.000 Rp12.000
Vitonal F Tablet 10’S per strip Rp10.000 Rp12.000 – Rp20.761
Vitonal Genio per strip Rp11.000 Rp18.000
Vitonal F Tablet 5 strip @10 kapsul Rp49.500 Rp47.000

Seperti terlihat pada tabel di atas, harga suplemen Vitonal cenderung fluktuatif. Harga tersebut tentu dapat berbeda-beda, tergantung tempat pembelian. Anda pun dapat dengan mudah membeli suplemen Vitonal di apotek terdekat, seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Bahkan, saat ini Vitonal juga ditawarkan di sejumlah situs online dengan harga bersaing.

Ilustrasi: Konsultasi Kesehatan Janin (credit: upmc)
Ilustrasi: Konsultasi Kesehatan Janin (credit: upmc)

Cara Konsumsi Vitonal

Sebagai suplemen, Vitonal bisa diminum sesuai dengan petunjuk pada kemasan, atau sesuai petunjuk dokter. Misalnya, untuk Vitonal F, Anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 tablet setiap hari, bisa bersamaan dengan atau tidak. Meskipun berfungsi sebagai suplemen, tetapi mungkin saja ada beberapa ibu hamil yang tidak bisa mengonsumsinya. 

Baca juga  Update Harga Cendo Lyteers dan Efek Sampingnya

Efek Samping Vitonal

Tidak ada efek samping penggunaan Vitonal, dengan catatan digunakan dalam batas takaran yang dianjurkan. Namun, pada kondisi tertentu dengan dosis berlebihan, dimungkinkan terjadi efek samping, seperti perut kembung, penurunan nafsu makan, ketidakstabilan mood, mulut terasa kering dan pahit, hingga sakit kepala. Untuk itu, ada baiknya sebelum mengonsumsi Vitonal, Anda berkonsultasi dengan dokter.

Hal yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil Selama Mengonsumsi Vitonal

Biasanya, ibu hamil seringkali dianjurkan untuk mengonsumsi atau suplemen yang mengandung asam folat, termasuk Vitonal. Asam folat sendiri sangat berguna untuk kehamilan karena membantu dalam perkembangan janin. Vitonal sendiri tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup yang dapat dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Setelah dikonsumsi, Vitonal dapat disimpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius. 

Selain dari suplemen, asam folat juga bisa didapatkan dari sehari-hari seperti sayur-sayuran berwarna hijau dan buah-buahan. Rekomendasi lainnya yang dapat dikonsumsi adalah salmon. Anda bisa memasaknya dengan cara direbus. Ikan tersebut dikenal kaya akan kandungan omega 3 yang baik bagi otak janin dalam kandungan. Selain salmon, ada juga telur, susu, minyak ikan, buah berries, kacang polong, bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Suplemen Vitamin Vitonal - shopee.co.id
Suplemen Vitamin Vitonal – shopee.co.id

Ibu hamil juga baik jika mengonsumsi alpukat karena kaya akan kandungan vitamin K, vitamin E, dan vitamin B. Selain itu, bisa mengonsumsi daging. Daging yang bisa dikonsumsi adalah daging tanpa lemak, karena kandungan gizinya lengkap dan protein tinggi. Terlebih, kandungan zat besinya dianggap bisa membantu dalam produksi hemoglobin. Pastikan daging telah dimasak matang.

Baca juga  Info Kelebihan, Efek Samping, dan Harga IUD Copper T

Meski demikian, ada beberapa yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Makanan tersebut misalnya keju lembut. Mengonsumsi keju lembut dapat memberi efek buruk bagi ibu hamil. Kemungkinan di dalam keju tersebut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Lebih baik jangan memakan keju seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dan lainnya.

Selanjutnya, adalah sushi mentah. Beberapa jenis sushi memang disajikan dengan bahan mentah seperti ikan yang bahkan tidak dibekukan atau melalui proses khusus agar aman dimakan. Hal ini memungkinkan sushi tersebut mengandung parasit yang bisa mengakibatkan suatu penyakit muncul, bahkan pada ibu hamil. Karenanya, penting untuk konsumsi makanan ataupun daging yang matang sempurna untuk menghindari hal tersebut.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.