Update Cara dan Biaya Transfer BRI ke BNI via ATM

No comment7349 views

Bagi para , pasti sudah tidak asing lagi dengan . Ini adalah kirim uang atau dana yang bisa dilakukan melalui cabang atau via ATM. Jika Anda melakukan uang antar- yang berbeda via ATM, misalnya dari BRI ke BNI, akan dikenakan , yang langsung dipotong dari tabungan Anda.

Ilustrasi: transfer dana lewat mesin ATM (sumber: moneysmart.id)

Ilustrasi: transfer dana lewat mesin ATM (sumber: moneysmart.id)

Anda pasti sudah familiar dengan mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandari. Ini adalah layanan yang biasanya dimiliki bank, yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan, seperti transfer uang maupun tarik tunai. Dengan menggunakan mesin ini, transaksi keuangan akan berlangsung secara otomatis, praktis, dan lebih cepat.

Dilansir dari Wikipedia, ATM atau Automated Teller Machine (dalam bahasa Indonesia merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri), adalah sebuah alat elektronik yang bertujuan melayani nasabah bank untuk mengambil uang atau mengecek saldo rekening tabungan tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller manusia”. 

ATM sendiri sudah tersebar di berbagai kota dan daerah. Biasanya, selain di kantor mereka sendiri, bank-bank meletakkan fasilitas ATM mereka di pusat-pusat keramaian, seperti di swalayan, restoran, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, terminal bus, hingga lokasi kampus. Selain melayani penarikan uang dan cek saldo, nasabah juga dapat melakukan transfer uang atau bahkan melakukan pembayaran listrik dan membeli pulsa ponsel melalui ATM.

Selain untuk transaksi perbankan, mesin ATM saat ini juga bisa digunakan untuk layanan pembayaran beberapa dari perusahaan di luar bank tersebut. Layanan tersebut bisa secara langsung dengan memasukkan nomor atau kode dari perusahaan, misalnya saja nomor telepon, nomor kontrak, dan sebagainya atau menggunakan virtual account.

Untuk dapat menggunakan mesin ATM, Anda harus memiliki kartu ATM terlebih dahulu. Kartu tersebut dapat berupa ataupun kartu . Setelah memiliki kartu ATM, Anda juga perlu memiliki password. Password ini digunakan saat Anda akan melakukan transaksi di mesin ATM, yang biasanya berupa pin dengan kode angka 4-6 digit yang diberikan oleh bank.

Pertama kali, Anda harus memasukkan kartu ke slot mesin ATM. Pastikan tidak ada yang mencurigakan di slot mesin, artinya kartu Anda bisa leluasa keluar masuk pada mesin dan tidak ada ganjalan atau tambahan alat yang menghalangi kartu tersebut. Pastikan juga bahwa di atas mesin Anda hanya ada kamera pengawas punya bank, tidak ada yang lain.

Langkah kedua, pastikan kartu tidak dalam keadaan terbalik. Cek kartu Anda, biasanya ada kode panah yang menunjukkan bahwa posisi panah berada di bagian atas dan mengarah ke slot mesin. Secara mudah diartikan bagian atas kartu tidak boleh Anda balik dan masukkan ke slot. Ketiga, masukkan pin Anda. Terakhir, pilih menu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Transfer BRI ke BNI via ATM

Seperti disampaikan di atas, selain untuk menarik dana tunai, salah satu aktivitas yang sering dilakukan nasabah melalui mesin ATM adalah mentransfer sejumlah uang, baik ke rekening sesama bank maupun ke rekening bank lain. Pasalnya, melalui mesin ATM ini, transfer uang akan menjadi lebih mudah dan praktis, karena nasabah tidak perlu menuju kantor bank.

ATM, biaya, transfer, sekali, transaksi, teller, Rp 6.500, Rp 5.000, BRI, ke, BNI, automatic, machine, Link, Himbara, pemerintah, milik, bank, Rp 4.000, turun, GPN, EDC, cara, melalui, pilih, kode

Ilustrasi: transaksi antarbank (infoperbankan.com)

Pada dasarnya, cara transfer uang melalui mesin ATM antar-bank tidak ada perbedaan untuk bank yang satu dengan bank yang lain. Jika kebetulan Anda adalah nasabah BRI dan hendak melakukan transfer uang ke rekening BNI, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Mendatangi mesin ATM BRI terdekat. Sebelum memasuki ATM, pastikan Anda mematuhi peringatan yang biasa ditempel di pintu ATM, seperti mencopot masker muka, helm, dan atribut lainnya.
  • Setelah itu, masukkan kartu ATM BRI Anda.
  • Pilih bahasa yang akan Anda gunakan, bisa Bahasa Inggris atau Indonesia. Misalkan di sini Anda memakai Bahasa Indonesia.
  • Masukkan nomor PIN kartu ATM. PIN terdiri dari 6 (enam) digit angka. Tekan ‘Enter’.
  • Pilih ‘Transaksi Lain’.
  • Pilih ‘Transfer’.
  • Di layar akan tampak menu Pilih Bank Tujuan Transfer, karena di sini Anda akan melakukan transfer ke bank selain BRI, maka pilih ‘Bank Lain’.
  • Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening Tujuan. Apabila Anda belum mengetahui kode bank untuk BNI, maka pilih ‘Daftar Kode Bank’. Tetapi, jika Anda sudah mengetahui kodenya, silakan diisi dengan mengetik kode bank terlebih dahulu, baru diikuti dengan nomor rekening bank tujuan. Kode untuk BNI adalah 009.
  • Lalu, masukkan jumlah uang yang akan Anda transfer. Setelah itu, pilih ‘Benar’.
  • Untuk nomor referensi, bisa Anda lewati dengan memilih ‘Benar’.
  • Silakan tunggu, transaksi Anda sedang diproses.
  • Setelah itu, di layar akan tertera Data Tujuan Transfer yang meliputi Bank (tujuan), Nomor Rekening (tujuan), Nama (penerima), nomor ref, dan jumlah (nominal uang yang ditransfer). Jika data-data yang tertera sudah benar, maka Anda bisa melanjutkan dengan memilih ‘Ya’.
  • Tidak lama, pada layar ATM akan muncul pemberitahuan bahwa transaksi Anda berhasil dilaksanakan. Jika Anda ingin transaksi lainnya, bisa memilih ‘Ya’, tetapi jika tidak, maka pilih ‘Tidak’.
  • Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM Anda beserta struck sebagai tanda bukti transfer.

Biaya Transfer BRI via ATM

Ketika melakukan pengiriman uang dari BRI ke BNI via ATM, Anda harus memerhatikan jumlah saldo rekening Anda terlebih dahulu. Pasalnya, selain uang yang ditransfer, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk administrasi. Dilansir dari situs resmi BRI, kegiatan transfer melalui ATM akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500 per transaksi, baik di ATM Artajasa, ATM Prima, maupun ATM Link.

[Update: Panca]

Baca juga  Update Syarat Pembukaan, Fasilitas, & Saldo Minimal BNI Taplus Muda
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Cara dan Biaya Transfer BRI ke BNI via ATM"