Cara & Biaya Transfer Dari BRI Ke BNI Melalui ATM

No comment3985 views

PT Rakyat Indonesia (BRI) Tbk merupakan salah satu negeri milik pemerintah. tersebut memiliki beragam produk simpanan (tabungan), pinjaman, dan produk lainnya. Selain itu, BRI juga dikenal lokasi yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

ATM, biaya, transfer, sekali, transaksi, teller, Rp 6.500, Rp 5.000, BRI, ke, BNI, automatic, machine, Link, Himbara, pemerintah, milik, bank, Rp 4.000, turun, GPN, EDC, cara, melalui, pilih, kode

Ilustrasi: transaksi antarbank (infoperbankan.com)

Di ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine), Anda bisa melakukan berbagai transaksi, salah satunya adalah transfer. Transfer yang bisa dilakukan adalah transfer ke sesama bank atau antar bank.

Apabila Anda melakukan transfer sesama Bank BRI, maka tidak akan dikenakan biaya transfer atau gratis. Tetapi, jika Anda melakukan transfer ke bank berbeda (antar bank), Anda akan dikenai biaya transfer untuk sekali transaksi.

Dapat diambil contoh, Anda transfer dari BRI ke . Walaupun sama-sama bank milik pemerintah, tetapi Anda tetap dikenai biaya. Biaya untuk sekali transfer sekali Rp 6.500. Biaya itu bisa bertambah apabila Anda melakukan transfer ke beberapa bank berbeda dari ATM BRI.

Untuk melakukan transfer dari BRI ke BNI melalui ATM, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Mendatangi ATM BRI terdekat. Sebelum memasuki ATM, pastikan Anda mematuhi peringatan yang biasa ditempel di pintu ATM, seperti mencopot masker muka, helm, dan atribut lainnya.
  • Setelah itu, masukkan kartu ATM BRI Anda.
  • Pilih bahasa yang akan Anda gunakan, bisa Bahasa Inggris atau Indonesia. Misalkan di sini Anda memakai Bahasa Indonesia.
  • Masukkan nomor PIN kartu ATM. PIN terdiri dari 6 (enam) digit angka. Tekan ‘Enter’
  • Pilih ‘Transaksi Lain’
  • Pilih ‘Transfer’
  • Di layar akan tampak menu Pilih Bank Tujuan Transfer, karena di sini Anda akan melakukan transfer ke bank selain BRI, maka pilih ‘Bank Lain’
  • Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening Tujuan. Apabila Anda belum mengetahui kode bank untuk BNI, maka pilih ‘Daftar Kode Bank’. Tetapi, jika Anda sudah mengetahui kodenya, silahkan diisi dengan mengetik kode bank terlebih dahulu, baru diikuti dengan nomor rekening bank tujuan. Kode untuk BNI adalah 009. Jadi, contohnya 009123456789.
  • Lalu, masukkan nominal jumlah yang akan Anda transfer. Setelah itu, pilih ‘Benar’
  • Untuk nomor referensi, bisa Anda lewati dengan memilih ‘Benar’
  • Silahkan tunggu, transaksi Anda sedang diproses.
  • Setelah itu, di layar akan tertera Tujuan Transfer yang meliputi Bank (tujuan), Nomor Rekening (tujuan), Nama (penerima), nomor ref, dan jumlah (nominal uang yang ditransfer). Jika -data yang tertera sudah benar, maka Anda bisa melanjutkan dengan memilih ‘Ya’.
  • Tidak lama, pada layar ATM akan muncul pemberitahuan bahwa transaksi Anda berhasil dilaksanakan. Jika Anda ingin transaksi lainnya, bisa memilih ‘Ya’, tetapi jika tidak, maka pilih ‘Tidak’.
  • Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM Anda beserta kertas sebagai tanda bukti transfer.
ATM, biaya, transfer, sekali, transaksi, teller, Rp 6.500, Rp 5.000, BRI, ke, BNI, automatic, machine, Link, Himbara, pemerintah, milik, bank, Rp 4.000, turun, GPN, EDC, cara, melalui, pilih, kode

Back office BRI (kontakpf.com)

Dalam melakukan transaksi transfer antar bank seperti dari BRI ke BNI, Anda perlu memerhatikan saldo rekening terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan, pada saat bertransaksi, Anda akan dikenai biaya transfer.

Selain melalui ATM, Anda bisa melakukan transfer melalui teller. Tentunya ada biaya yang harus Anda tanggung, yaitu Rp 5.000 untuk sekali transaksi. Kemudian untuk transaksi transfer tunai di atas Rp 100 juta, ada dua pilihan, yaitu apabila Anda menginginkan uang tersebut sampai ke penerima dalam waktu 2-3 hari, biayanya sekitar Rp 30.000. Biaya transfer akan menjadi lebih mahal yaitu Rp 50.000, apabila Anda menginginkan uang sampai pada hari esok.

Berbicara mengenai transfer melalui ATM, biaya pengiriman uang atau transfer antar bank BUMN seperti dari ke BNI bisa saja berbeda. Hal itu bisa terjadi jika Anda melakukan transfer di ATM Link. ATM tersebut merupakan kerja sama antara bank-bank BUMN, di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Kumpulan bank-bank tersebut biasa disebut dengan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Untuk setiap transaksi di ATM Link, akan dikenai biaya sebesar Rp 4.000. Angka itu sudah termasuk turun, dari sebelumnya Rp 6.500. Bahkan, itu rencananya akan dipangkas lagi. Belum diputuskan berapa baru transfer dana antar bank BUMN tersebut. Tetapi, kisarannya akan berada di rentang Rp 1.500-RP 4.000. Ada informasi juga yang beredar, bahwa biaya transfer antar bank BUMN bisa saja gratis alias tanpa biaya.

Tetapi, rencana membebaskan biaya transfer tersebut masih dalam tahap diskusi dengan pemegang saham Himbara, yaitu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal tersebut bisa saja terjadi jika penghematan biaya dari patungan infrastruktur sudah didapatkan.

ATM, biaya, transfer, sekali, transaksi, teller, Rp 6.500, Rp 5.000, BRI, ke, BNI, automatic, machine, Link, Himbara, pemerintah, milik, bank, Rp 4.000, turun, GPN, EDC, cara, melalui, pilih, kode

ATM BRI (geunta.com)

Mengenai potensi penurunan pendapatan berbasis komisi atau fee based, pihak Himbara merasa tidak perlu khawatir. Hal itu dikarenakan transaksi di bank pelat merah dipastikan akan meningkat.

Sementara itu, biaya transfer sebesar Rp 4.000 untuk sekali transaksi akan bisa dirasakan nasabah jika bertransaksi melalui EDC (Electronic Data Capture). Hal itu dikarenakan biaya transaksi merchant discount ratenya (MDR) hanya sebesar 0,15 % untuk bank yang sama (on us), dan 1,0% untuk bank berbeda (off us).

Penurunan biaya tersebut dikarenakan diterapkannya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Menurut Deputi Direktur Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Seto Pranoto, mengatakan bahwa beberapa bank sudah merancang kartu berlogo GPN. Untuk pelaksanaannya, BI harus memastikan perbankan sudah mengenakan logo GPN pada kartu debitnya yang berlogo burung garuda.

Baca juga  Info Terbaru Rincian Biaya Administrasi & Limit Transaksi Payoneer
loading...

Leave a reply "Cara & Biaya Transfer Dari BRI Ke BNI Melalui ATM"