Update Cara dan Biaya Transfer BCA ke CIMB Niaga

Bagi nasabah BCA, wajar jika penasaran ingin tahu biaya transfer dari rekening BCA ke bank lain, termasuk CIMB Niaga. Memang, BCA sudah menyediakan transfer antar-bank, tidak hanya ke CIMB Niaga, tetapi hampir seluruh bank di Indonesia. Nah, selain mengetahui biaya transfernya, pastikan juga Anda mengetahui cara transfer melalui produk layanan yang sudah disediakan bank tersebut.

ATM BCA (sumber: bca.co.id)
ATM BCA (sumber: bca.co.id)

Cara Transfer BCA ke CIMB Niaga via ATM

Salah satu cara transfer yang paling umum dilakukan oleh para nasabah BCA ke CIMB Niaga adalah melalui ATM. Apalagi saat ini ATM BCA sudah bertebaran di mana-mana, mulai dari mall hingga pinggir jalan. Cara transfer melalui ATM BCA juga tidak sulit, yang penting Anda memiliki rekening dan kartu ATM BCA.

Bacaan Lainnya

Pergilah ke ATM BCA terdekat atau ATM Bersama. Setelah itu, masukkan kartu ATM Anda. Pencet tombol bahasa yang Anda pilih, untuk mempermudah, Anda bisa memilih bahasa Indonesia. Masukkan PIN ATM dengan tepat dan jangan sampai salah. Kesalahan sebanyak 3 kali dalam memasukkan PIN membuat kartu Anda terblokir secara otomatis.

Setelah itu, ikuti instruksi yang ada pada ATM. Jangan lupa untuk mengisi nomor rekening, ditambah dengan kode CIMB Niaga, yaitu 022. Jika Anda sudah memasukkan kode bank dan nomor rekening tujuan, masukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Proses transfer dari BCA ke CIMB Niaga tidaklah lama, paling sekitar 2 hingga 3 menit. Lalu, berapa biayanya?

Baca juga  Update Kisaran Harga Mesin ATM (Berbagai Merk)

Biaya Transfer BCA ke CIMB Niaga

Jenis Transaksi Biaya
Transfer antar bank via ATM BCA Rp6.500
Transfer antar bank via ATM Prima & GPN Rp6.500

Untuk melakukan transfer antar-sesama rekening BCA, Anda tidak dikenai biaya administrasi alias gratis. Sementara itu, untuk melakukan transfer dari BCA ke CIMB Niaga, Anda akan dikenai tarif Rp6.500 per transaksi. Besaran biaya transfer via ATM ini rupanya masih sama seperti tahun lalu. Tarif transfer tersebut tidak hanya berlaku dari ATM BCA ke CIMB Niaga, tapi ke seluruh bank selain BCA.

Anda pun dapat melakukan transfer ke CIMB Niaga lewat teller cabang BCA. Adapun biaya transfer via LLG dikenai Rp2.900, sedangkan untuk RTGS dikenai biaya Rp30.000 per transaksi. Tarif layanan tersebut juga masih sama dari tahun lalu.

Ilustrasi: layanan Bank CIMB Niaga (sumber: bumiayu.id)
Ilustrasi: Bank CIMB Niaga (sumber: bumiayu.id)

Cara Transfer ke CIMB Niaga via BCA Mobile

Cara yang lebih praktis dan cepat untuk transfer dari BCA ke CIMB Niaga, yaitu melalui aplikasi BCA Mobile. Sebelum melakukan transaksi tersebut, Anda diharuskan mengunduh aplikasi BCA Mobile sekaligus membuat akun. Agar lebih mudah, sesaat setelah Anda mendapatkan rekening BCA, Anda dapat meminta pembuatan akun sekaligus verifikasi akun BCA Mobile ke CS BCA.

Setelah berhasil mengaktifkan BCA Mobile, Anda bisa mencoba mentransfer sejumlah uang dari rekening BCA ke CIMB Niaga. Caranya tidak sulit, login ke aplikasi BCA Mobile dengan memasukkan 6 digit PIN yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah itu, pilih fitur m-transfer dan klik menu ‘antar bank’ atau ‘antar rekening’.

Baca juga  Review & Update Harga Pelembap Purbasari Moisturizer Daily Series

Jangan lupa untuk memasukkan kode CIMB Niaga (022) ditambah dengan nomor rekening tujuan transfer. Setelah itu, masukkan nominal atau jumlah saldo yang akan ditransfer, lalu ikuti langkah yang tertera pada BCA Mobile hingga transaksi diproses. Di akhir proses, Anda akan mendapatkan notifikasi tentang keberhasilan transfer dan bukti transaksi.

Simpan bukti transaksi yang diberikan oleh aplikasi sebagai pertanda bahwa proses transfer Anda telah berhasil. Selain bisa dipakai untuk transfer, BCA Mobile juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membayar listrik, beli pulsa, membayar cicilan kendaraan, hingga top-up e-money untuk jual beli online.

Cara Transfer ke CIMB Niaga via Klik BCA

Klik BCA merupakan salah satu produk perbankan elektronik yang menawarkan kemudahan bagi para nasabahnya dalam melakukan berbagai macam transaksi. Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi dari BCA, cukup mengakses websitenya pada komputer atau mobile phone.

Sebelum melakukan transfer dari internet KlikBCA ke CIMB Niaga, pastikan Anda sudah melakukan perubahan proses daftar rekening tujuan ke rekening bank lain. Proses tersebut dapat dilakukan di cabang BCA terdekat. CS akan menambahkan nomor HP Anda dan mengirim SMS berupa ID yang harus dimasukkan pada layar Klik BCA Individu, serta 8 digit angka untuk dimasukkan ke KeyBCA. 

Baca juga  Info Terbaru Harga Google Workspace (G Suite) Business Starter, Standard, Plus, & Enterprise

Selain melakukan proses tersebut secara langsung di cabang BCA, Anda juga bisa melakukannya di ATM BCA terdekat. Caranya dengan memasukkan kartu ATM dan PIN di ATM, lalu pilih menu ‘Daftar e-Banking’. Setelah itu, pilih menu ‘No. HP e-Banking’ dan masukkan nomor yang ingin didaftarkan. Pastikan nomor HP Anda aktif, dan setelah selesai, Anda akan menerima bukti struk pendaftaran. Struk tersebut bisa Anda pakai untuk memverifikasi bahwa rekening Anda telah terdaftar pada Klik BCA.

Pengguna Klik BCA (sumber: bca.co.id)
Pengguna Klik BCA (sumber: bca.co.id)

Jika rekening sudah terdaftar, Anda bisa melakukan transfer melalui Klik BCA dengan mudah. Kunjungi Klik BCA pada laman pencarian di Google, lalu login dan pilih menu ‘transfer antar bank’. Masukkan kode CIMB Niaga (022) ditambah nomor rekening tujuan transfer. Setelah itu, masukkan jumlah saldo yang akan ditransfer dan ikuti langkah yang tertera pada laman tersebut.

Biaya Transfer Klik BCA ke CIMB Niaga

Jenis Transaksi Biaya
Transfer antar bank via online Rp6.500
Transfer antar bank via LLG Rp2.900
Transfer antar bank via RTGS Rp25.000

Meskipun prosesnya cepat dan praktis, sebagai nasabah BCA, Anda akan dikenakan biaya transfer Rp6.500 per transaksi. Besaran biaya saat ini masih sama seperti tahun lalu. Selain bisa dipakai untuk transfer, Klik BCA juga bisa digunakan untuk keperluan transaksi lain, seperti beli pulsa, membayar listrik, dan lainnya. Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup sebelum Anda melakukan transaksi. Untuk itu, jangan lupa mengecek saldo terlebih dahulu.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *