Info Biaya Suntik Varises dengan Metode Skleroterapi

Varises merupakan kondisi pelebaran pembuluh vena yang bisa terjadi di mana saja, tetapi umumnya lebih sering terjadi di bagian tungkai bawah, khususnya betis. Tanda-tanda varises bisa dilihat secara kasat mata, yakni terlihat dari kontur berkelok-kelok atau munculnya area berwarna kebiruan di daerah betis yang diiringi keluhan lainnya seperti nyeri tungkai usai beraktivitas dalam jangka waktu lama. Untuk mengobati atau menghilangkan varises dapat dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari pemakaian stocking khusus hingga suntik varises.

Penyebab varises sendiri bermacam-macam, mulai dari terlalu banyak berdiri, faktor usia, , obesitas, faktor keturunan, hingga masalah kesehatan lainnya. Walau awalnya dianggap sebagai masalah kosmetis, nyatanya varises yang sudah pada tahap parah disebut-sebut bisa mengancam nyawa penderitanya. Kematian bisa terjadi karena akumulasi bekuan darah yang terjadi pada vena yang melebar.

skleroterapi, biaya, suntik, varises, penyakit, ditanggung, bpjs, gratis, kesehatan, pembuluh, darah, vena, stocking, stoking, di, rumah sakit, rs, apakah, polri, di, jakarta, venodenol, ringan, adalah, pdf

Anatomi varises/varicose veins (foto: WUFT Media,)

“Jika suatu saat sumbatan tersebut terlepas, varises dapat menyumbat pembuluh darah paru sehingga menyebabkan sesak napas berat secara mendadak atau disebut juga pulmonary embolism, maupun menyumbat pembuluh darah sehingga terjadi penyakit koroner.Penyakit ini lebih sering menyerang dibanding ,” kata dokter ahli bedah toraks dan kardiovaskular (BTKV), dr. Niko Azhari Hidayat Sp.BTKV, seperti dikutip dari Liputan6.

Baca juga  Harga Obat Penghilang Bekas Luka Dermatix Ultra (Ukuran Kecil & Besar)

Tentang Skleroterapi

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, salah satu metode pengobatan untuk mengatasi varises adalah dengan suntikan atau skleroterapi. Skleroterapi adalah penyuntikan cairan tertentu untuk menyumbat pembuluh darah yang membengkak. Dengan cara ini pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengerutan.[1]

Skleroterapi kabarnya telah ada sejak abad ke-16. Tetapi, ketika awal dikembangkan skleroterapi bukan menginjeksikan cairan sklerosan seperti saat ini. D. Zollikofer yang pertama kali melakukan skleroterapi tahun 1682 silam menyuntikkan suatu larutan ke pembuluh darah. Kemudian tahun 1853, Debout dan Cassaignatic berhasil merawat pasien varises dengan menyuntikkan perchlorate of iron.

Di tahun 1894 skleroterapi ditinggalkan lantaran mempunyai efek samping yang besar. Namun di tahun 1940-1950-an cairan sklerosan terus dibuat dan dikembangkan dengan kombinasi bahan kimia yang sesuai dan mampu meminimalisir efek samping yang tidak diinginkan.

Saat ini efek samping yang mungkin dialami oleh pasien setelah melakukan metode skleroterapi antara lain bisa berupa nyeri punggung bagian bawah, sakit kepala, daya penglihatan menjadi berkurang (sifatnya sementara), mengalami perubahan warna , penumpukan darah di pembuluh vena bagian lainnya, hingga pingsan.

Baca juga  Update Harga Alat Fogging Nyamuk Cegah DBD

Prosedur suntik varises ini biasanya sekitar 30-45 menit. Ketika proses injeksi berlangsung, pasien kemungkinan dapat mengalami sensasi kram 1-2 menit. Bekas injeksi pun dapat menghilang dalam beberapa hari atau bulan, meski pada 5% bisa menjadi permanen.

skleroterapi, biaya, suntik, varises, penyakit, ditanggung, bpjs, gratis, kesehatan, pembuluh, darah, vena, stocking, stoking, di, rumah sakit, rs, apakah, polri, di, jakarta, venodenol, ringan, adalah, pdf

Prosedur skleroterapi ataua suntik varises (foto: Europe Vein Center)

Suntik Varises

Suntik varises atau skleroterapi bisa dilakukan di sejumlah rumah sakit. Biaya suntik varises pun sangat beragam, tergantung di rumah sakit mana Anda melakukan pengobatan ini. Adapun untuk kisaran biaya skleroterapi di Siloam Hospitals Bogor mulai Rp3.382.000, di Mitra Keluarga Surabaya mulai Rp3.850.000, Awal Bros Bekasi Utara mulai Rp2.340.000, serta di Siloam Hospitals Balikpapan dan Siloam Putera Bahagia Cirebon masing-masing mulai Rp3.552.000.

Penentuan harga atau tarif suntik varises ini juga didasarkan pada derajat keparahan dan luasnya varises yang dialami. Ada pula rumah sakit yang mematok biaya suntik sekitar Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan per suntikan, yang mana untuk benar-benar sembuh butuh beberapa kali suntikan.

Baca juga  Update Manfaat dan Harga Transpulmin (10 gr & 20 gr)

Biaya suntik varises tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya suntik varises atau skleroterapi yang berlaku di setiap rumah sakit juga bisa berbeda-beda. Bagi Anda yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan pun tak perlu khawatir, sebab kabarnya suntik skleroterapi ini juga termasuk pengobatan yang ditanggung oleh pihak BPJS.

Hal ini bahkan dikonfirmasi oleh salah seorang dokter yang praktik di Rumah Sakit Awal Bros Panam, Kota Pekanbaru. “Bagi masyarakat jangan takut, karena saat ini BPJS telah meng-cover biaya pengobatan varises dan di Rumah Sakit Awal Bros Panam ini kita bisa tangani pasien-pasien penderita varises peserta BPJS,” kata Dokter Spesialis Bedah Thorak Kardio Vaskular dr. Hariadi Hatta Sp BKTV, seperti dilansir Riaupos.

[1] Suryo, J. 2010. Penyembuh Wasir dan Kanker Prostat. Sleman: Bentang Pustaka.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Biaya Suntik Varises dengan Metode Skleroterapi"