Update Pendaftaran & Biaya Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Pondok Gede

Pondok Pesantren As-Syafi’iyah merupakan pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di kawasan Jatiwaringin Raya, Pondok Gede, Bekasi dan khusus menerima putri. Di samping itu, terdapat juga Pondok Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah yang lokasinya berdekatan, yang sesuai namanya, menerima dari golongan yatim tanpa pendidikan alias gratis.

Fasilitas anak yatim Pondok Pesantren As-Syafi'iyah (sumber: yatim-asyafiiyah.com)

Fasilitas anak yatim Pondok Pesantren As-Syafi'iyah (sumber: yatim-asyafiiyah.com)

Profil Pondok Pesantren As-Syafi’iyah

Pondok Pesantren As-Syafi’iyah telah berdiri sejak tanggal 15 Januari 1977 silam, yang kala itu dibangun oleh KH Abdullah Syafi’ie. Beliau dikatakan sebagai seorang ulama besar di Jakarta dan sangat dikenal olah masyarakat luas, khususnya muslimin dan muslimat yang selalu mengikuti kajian dakwah beliau di masjid-masjid maupun madrasah.

Berdiri lebih dari 40 tahun, Pondok Pesantren As-Syafi’iyah sekarang sudah memiliki fasilitas yang modern untuk kelancaran proses belajar dan mengajar. Layaknya pondok pesantren lainnya, lembaga ini juga punya gedung-gedung asrama dengan 12 sampai 14 kamar tidur dan 12 kamar mandi di setiap asrama. Setiap kamar tidur mampu menampung hingga enam orang santri. Selain itu, disediakan pula dapur umum yang terletak di ujung setelah asrama-asrama, dan tiap santri wajib makan di dapur tiga kali sehari degan menu yang berbeda setiap hari.

Untuk kegiatan belajar dan mengajar, pondok pesantren ini sudah membangun 12 kelas yang awalnya hanya mampu menampung 30 santri, namun sekarang diperluas sehingga bisa menampung 40 santri di tiap kelasnya. Di samping itu, Pondok Pesantren As-Syafi’iyah juga memiliki fasilitas laboratorium komputer dan laboratorium bahasa, serta laboratorium kimia, biologi, dan hidroponik.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Kuliah di Jerman

Karena kegiatan belajar tidak hanya dilakukan di kelas, maka pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas pendidikan di luar ruangan. Di tempat ini, santri bisa belajar di aula yang bisa menampung hingga 700 orang, perpustakaan, maupun lingkungan belajar lainnya. Sementara, untuk memfasilitasi santri yang gemar beraktivitas fisik, telah disediakan lapangan olahraga, dan tidak ketinggalan poliklinik dengan dua dokter pengawas, kantin, serta jaringan internet atau Wi-Fi.

Layaknya sekolah konvensional pada umumnya, Pondok Pesantren As-Syafi’iyah tidak lupa menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk mewadahi hobi dan minat para santri. Para santri bisa mengikuti kegiatan muhadharah, tahfizhul Quran, komputer, marching band, marawis, olahraga, pramuka, klub hidroponik, atau klub jurnalistik.

Biaya Pondok Pesantren As-Syafi’iyah

Sayangnya, di dalam situs resminya, pihak Pondok Pesantren As-Syafi’iyah tidak memberikan bocoran mengenai biaya pendidikan di tempat ini. Namun, komponen pembiayaan di Pondok Pesantren As-Syafi’iyah terdiri dari:

Pondok Pesantren As-Syafi’iyah - yatim-asyafiiyah.com

Pondok Pesantren As-Syafi’iyah - yatim-asyafiiyah.com

  • Infak Pembangunan Pesantren
  • Keperluan santri (seragam dan perlengkapan kamar).
  • Buku Paket Pendidikan.
  • Biaya Ujian per tahun.
  • Kegiatan Pesantren.
  • Tabungan BRI Junio.

Sementara, untuk Pondok Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah, tidak mengenakan biaya pendidikan kepada santri baru alias gratis. Sebaliknya, pesantren tersebut setiap hari memberikan subsidi, baik untuk kebutuhan pokok maupun seragam para santri. Meski demikian, Pondok Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah memang membatasi penerimaan santri baru karena dikhawatirkan membutuhkan dana yang berlimpah jika semua kaum duafa ditampung.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes IELTS di Indonesia

Syarat Pondok Pesantren As-Syafi’iyah

Untuk bisa mengenyam pendidikan di pondok pesantren ini, calon santri wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Membeli formulir pendaftaran dan mendaftar untuk mengikuti ujian masuk Pesantren Putri As-Syafi’iyah.
  • Menyerahkan tiga lembar fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir.
  • Menyerahkan tiga lembar fotokopi nilai rapor yang telah dilegalisir.
  • Menyerahkan masing-masing empat lembar fotokopi SKHUN, Nilai UN, NISN, dan Akta Kelahiran.
  • Menyerahkan masing-masing empat lembar pasfoto berwarna terbaru dengan ukuran 3 x 4 dan 2 x 3.
  • Mengikuti dan lulus ujian masuk yang terdiri dari membaca Al Quran, menulis aksara Arab, praktik salat, pengetahuan umum dan agama, pemeriksaan kesehatan oleh dokter di pesantren, wawancara dengan santri, dan wawancara dengan orang tua atau wali.

Alur Pendaftaran Pondok Pesantren As-Syafi’iyah

Ilustrasi: santriwati Pondok Pesantren As-Syafi-iyah (sumber: putri-assyafiiyah.wixsite.com)

Ilustrasi: santriwati Pondok Pesantren As-Syafi-iyah (sumber: putri-assyafiiyah.wixsite.com)

  • Orang tua bersama calon santri mendaftar secara langsung melalui sistem online.
  • Panitia menyerahkan berkas pendaftaran dan orang tua bersama calon santri mengisi formulir beserta lampiran plu surat pernyataan lengkap dengan materai.
  • Orang tua bersama calon santi menghadiri testing dengan membawa berkas pendaftaran, dan penguji akan melakukan testing wawancara, mengaji, serta tes tulis.
  • Kelulusan ditentukan oleh panitia dengan kriteria yang telah ditentukan bersama. Santri yang dinyatakan lulus segera mendaftar ulang dengan mengisi formulir data lengkap secara online dan melakukan pembayaran infak pembangunan, SPP, dan perlengkapan santri.
  • Ketika tahun ajaran baru dimulai, santri masuk asrama, mengambil perlengkapan paket santri, mengikuti orientasi perkenalan santri baru, dan memulai pelajaran.
  • Setelah diterima, santri harus memiliki perlengkapan sekolah maupun untuk kebutuhan sehari-hari. Perlengkapan yang wajib dimiliki santri antara lain baju seragam sekolah (hijau-putih, putih-biru/abu-abu, batik-putih, pramuka, jilbab, seragam olahraga, jas konsulat, baju Melayu), Al Quran dan buku pelajaran, perlengkapan salat, pakaian harian, sepatu berwarna hitam, perlengkapan makan, alat mandi dan cuci, alat-alat tulis, serta selimut. Jika ada yang kurang, bisa membelinya di Koperasi SMESCO SMART milik pesantren.
Baca juga  Info Terbaru Biaya Les Bimbingan Belajar (Bimbel) Primagama

Pendaftaran Pondok Pesantren As-Syafi’iyah

Untuk tahun 2019/2020, ketika artikel ini diterbitkan, Pondok Pesantren As-Syafi’iyah belum membuka pendaftaran santri baru. Namun, berdasarkan rujukan tahun sebelumnya, penerimaan santri baru di lembaga ini biasanya dilakukan pada bulan Februari setiap tahunnnya dan melalui jalur online.

Untuk lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi lokasi pondok di Jalan Raya Jatiwaringin No. 45, Pondok Gede, Bekasi, atau menghubungi nomor telepon (021) 8462237 dan email di alamat [email protected] atau [email protected] Sementara, untuk Pondok Pesantren Khusus Yatim As-Syafi’iyah, berlokasi di Jalan Jatiwaringin No. 46, Pondok Gede, Bekasi, dengan nomor telepon (021) 8462234.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Pendaftaran & Biaya Pondok Pesantren As-Syafi’iyah Pondok Gede"