Harga Cat Jotun 25 Kg (Interior dan Eksterior)

No comment959 views

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan suasana rumah yang berbeda, salah satunya dengan mengecat dinding. Di pasaran sendiri, Anda dapat menemukan berbagai merk cat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Nah, jika Anda menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing serta menawarkan banyak varian, Jotun mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Produk ini sudah hadir dalam beragam kemasan, termasuk 25 kg.

Apa jadinya bangunan tanpa adanya dinding? Dinding atau tembok, bersama kolom dan balok, adalah komponen konstruksi yang berfungsi saling memperkuat struktur atau kerangka bangunan di atas pondasi.[1] Selain itu, tembok juga dapat berfungsi sebagai pembatas dari lingkungan luar dan pelindung dari perubahan cuaca, termasuk panas matahari dan air hujan.

Ilustrasi: mengecat dinding (sumber: bestlifeonline.com)

Ilustrasi: mengecat dinding (sumber: bestlifeonline.com)

Fungsi Cat

Untuk mempercantik tampilan dinding, diperlukan sebuah finishing atau pekerjaan penyempurnaan terakhir. Finishing ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan salah satu yang tetap dilakukan adalah memakai cat. Cat sendiri merupakan suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut.[2] Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Ketika cat diaplikasikan ke permukaan, maka pada saat itu pula proses pengeringan dimulai. Bagian mulai menguap dan meninggalkan lapisan film. Lapisan film ini terdiri dari binder, bahan aditif, dan pigmen. Saat cat mengering, air, pigmen, binder, dan bahan aditif tidak mengikat secara kimiawi.[3] Namun, partikel-partikel bergerak merapat atau menyatu bersama-sama untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh menguapnya partikel air yang disebut dengan istilah coalescence atau penyatuan.

Review Cat Jotun

Saat ini, tidak sulit menemukan cat dinding karena sudah ada banyak merk yang dapat Anda di toko bahan bangunan atau melalui platform e-commerce. Dari sekian banyak brand yang beredar, salah satu yang dapat dikatakan cukup populer adalah Jotun. Sudah eksis sejak tahun 1926 silam dan setidaknya telah memiliki lebih dari 40 produksi di seluruh dunia, produk ini diklaim mengusung banyak kelebihan.

Baca juga  Harga Terkini New Diatab di Apotik, Obat Diare Murah Meriah

Jotun memiliki varian cat untuk menjaga dinding Anda dari kondisi cuaca maupun dari lumut dan jamur. Cat ini dibuat dengan bahan dasar akrilik emulsi termodifikasi yang diformulasikan. Varian cat ini juga sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, ada pula cat Jotun yang diklaim dapat tahan dari segala cuaca. Cat ini dikatakan tahan terhadap guyuran hujan atau panas dan akan membuat warna cat Anda tahan lama dan bersinar sepanjang waktu.

Cat produksi Jotun juga disebutkan mudah dibersihkan, yang akan membantu Anda dalam memperindah tembok hunian Anda. Karena kemampuan yang dapat dibersihkan tersebut, berbagai kotoran rumah sehari-hari dapat dengan mudah dihapuskan. Varian cat Jotun ini mudah dibersihkan, rendah jamur, mudah diaplikasikan, dan rendah VOC.

Banyak produk Jotun yang mendapatkan predikat green label karena memiliki kandungan yang aman, demikian dilansir dari Kompas. Produk tersebut misalnya Jotaroof yang diklaim 100 persen bebas APEO, formaldehida, dan logam berat sehingga termasuk ke dalam Green Product (sesuai dengan Sertifikasi Singapore Green Label). Sementara itu, cat interior Essence Easy Wipe yang mengandung VOC yang rendah sehingga aman untuk digunakan.

Perusahaan pun menawarkan cat yang dikatakan dapat melindungi dinding rumah dari penetrasi air. Dinding rumah Anda dijamin terlindung dari penyerapan air karena cat ini diformulasikan menggunakan Water Lock Technology. Tidak hanya itu, cat ini juga kabarnya dapat mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan lapisan cat. Produk ini dikembangkan menggunakan formula modified acrylic satu komponen. Menggunakan cat Jotun varian ini, akan membuat bangunan Anda akan aman dari risiko kebocoran.

Varian cat Jotun (sumber: 99.co)

Varian cat Jotun (sumber: 99.co)

Varian Cat Interior Jotun

  • Jotun Majestic Perfect Beauty Care, adalah cat interior yang diklaim akan membuat rumah Anda sehat, menghasilkan warna yang indah dan kaya serta tahan lama, mampu menutup retak dinding secara sempurna, hampir tidak berbau, anti-bakteri dan anti-jamur.
  • Jotun Majestic True Beauty Matt, adalah cat interior untuk dinding yang lebih halus dan lebih mudah dibersihkan.
  • Jotun Majestic True Beauty Sheen, merupakan cat interior dengan hasil akhir yang halus dan mewah serta mudah dibersihkan dan rendah bau.
  • Jotun Essence Cover Plus Sheen, adalah cat yang dioptimalkan yang dapat memenuhi ekspektasi Anda hanya dalam dua lapis.
  • Jotun Essence Easy Wipe, adalah cat yang mudah dicuci dan telah dioptimalkan untuk selalu memastikan Anda mendapatkan rumah yang terlihat sangat bagus.
  • Jotun Jotaplast, adalah cat dengan harga terjangkau dan mudah diaplikasikan, yang akan memenuhi kebutuhan dasar Anda.
Baca juga  Harga Pompa Air Shimizu 125 Watt dan 128 Bit

Varian Cat Eksterior Jotun

  • Jotun Jotashield Colour Extreme, adalah cat luar ruangan terbaik dengan warna yang terlindung maksimal dari sinar UV, memiliki perlindungan yang superior terhadap debu dan kotoran, memiliki perlindungan yang superior terhadap lumut dan jamur, serta punya ketahanan warna hingga 12 tahun.
  • Jotun Jotashield Antifade Colours, adalah cat dengan perlindungan superior dengan warna yang tahan lama dan terproteksi dari sinar UV, mengurangi temperatur, anti-watermark, serta punya performa warna hingga delapan tahun.
  • Jotun Jotashield Flex, adalah cat yang dibuat khusus untuk retakan dinding yang terlihat, perlindungan kedap air, punya warna yang terlindungi dari sinar UV hingga dua kali lipat, mencegah dan menutup retak rambut, serta tahan air atau waterproof.
  • Jotun Jotaroof, adalah cat untuk perlindungan atap, memantulkan panas hingga dua kali lipat, punya warna yang terlindungi dari sinar UV hingga dua kali lipat, anti-lumut dan anti-jamur, menghemat energi, dan mencegah debu atau kotoran menempel.
  • Jotun Essence Tough Shield, adalah cat yang diklaim dapat melindungi rumah Anda dari kondisi cuaca yang sulit, tahan terhadap lumut dan jamur, punya daya tutup yang baik, mudah diaplikasikan, serta diformulasikan tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.
  • Jotun WaterGuard, adalah cat yang digunakan untuk melindungi dinding rumah dari penetrasi air karena punya Water Lock Technology, dapat menutup retak rambut, serta tahan terhadap debu dan serangan jamur.
Baca juga  Info Terbaru Harga Asam Nitrat (Eceran dan per Liter)

Umumnya, kemasan cat ditulis dalam ukuran liter. Lalu, bagaimana jika Anda membutuhkan cat dalam kemasan kg? Rumus umum yang berlaku, 1 liter sama dengan 1,3 kg. Jadi, misalnya Anda membutuhkan cat dengan kapasitas 25 kg, maka Anda bisa memilih varian cat dengan kemasan sekitar 18 liter atau 20 liter. Sebagai referensi, berikut kisaran harga cat Jotun kemasan 25 kg.

Varian cat Jotun (sumber: studiobangunan.co.id)

Varian cat Jotun (sumber: studiobangunan.co.id)

Harga Cat Jotun 25 Kg

Varian Cat JotunHarga
Jotun Jotaplast 25 kgRp435.000 – Rp600.000
Jotun Essence Tough Shield 25 kgRp683.000
Jotun Essence Easy Wipe 25 kgRp689.000
Jotun WaterGuard 25 kgRp695.000
Jotun Essence Cover Plus Sheen 25 kgRp770.780
Jotun Majestic True Beauty Matt 25 kgRp1.209.000
Jotun Majestic True Beauty Sheen 25 kgRp1.340.000
Jotun Jotashield Antifade Colours 25 kgRp1.700.000
Jotun Jotashield Flex 25 kgRp1.733.000
Jotun Majestic Perfect Beauty Care 25 kgRp1.794.000
Jotun Jotashield Colour Extreme 25 kgRp2.087.000

Harga cat Jotun kemasan 25 kg di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan beberapa situs beli online. Perlu Anda catat bahwa harga cat Jotun tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke toko material bangunan terdekat di daerah Anda.

[1] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

[2] Nurlela dan Risnawati. 2016. Pengaruh Resin terhadap Perubahan Warna pada .  Jurnal Sains Natural Nusa Bangsa, Vol. 5(2): 132-136.

[3] Dwandaru, W. S. Brams, Z. M. Chrishar Putri, E. Yulianti. 2016. Pengaruh Konsentrasi Bahan Aditif Larutan Nanopartikel Perak terhadap Sifat Anti-Jamur Cat Dinding sebagai Aplikasi Teknologi Nano dalam Industri Cat Dinding. Inotek, Vol. 20(1).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat Jotun 25 Kg (Interior dan Eksterior)"