Update Pendaftaran dan Biaya Pesantren Jagat ‘Arsy

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy atau Jagat ‘Arsy World Civilization Boarding merupakan salah satu berbasis internasional yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Untuk bisa menempuh studi di tempat ini, calon wajib memenuhi dan membayar sejumlah pendidikan.

Profil Pesantren Jagat ‘Arsy

Dalam kegiatan sehari-hari, pesantren tersebut menekankan tiga poin. Pertama, santri diharapkan menjadi hafidz/hafidzoh yang bisa hapal 30 juz lewat program 40 hari menghafal . Kedua, academic excellent, santri berprestasi di bidang dan mendapat nilai yang memuaskan sehingga dipertimbangkan untuk masuk -universitas favorit baik di dalam atau di luar negeri. Ketiga, santri mampu mengaplikasikan bahasa asing khususnya bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

biaya, sekolah, pesantren, jagat, arsy, BSD, peradaban, dunia, bumi, serpong, damai, prosedur, daftar, ulang, dokumen, daftar, ulang, tes, masuk, calon, santri, penerimaan, informasi, program, luar, negeri

Gedung pendidikan di Pesantren Jagat Arsy (Instagram: @pesantren_jagat_arsy)

Santri-santri pesantren tersebut memang dibiasakan menggunakan bahasa Arab dan Inggris setiap harinya dengan pengawasan ketat dari Mahkamah Lughoh. Selain itu, Pesantren Jagat ‘Arsy berkomitmen bagi anak yang telah lancar membaca Al Quran, untuk bisa hafiz 30 juz melalui program 40 hari menghapal Al Quran di awal pertemuan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar mulai dilaksanakan. 

Untuk mendukung Kegiatan Belajar dan Mengajar, selain lingkungan belajar yang baik, pendukung keberhasilan santri Pesantren Jagat ‘Arsy adalah tersedianya asrama dan ruang kelas yang baik. yang ada di Pesantren Jagat ‘Arsy disesuaikan dengan visi pesantren dengan nuansa alam yang menyegarkan dan dilengkapi sarana penunjang berupa asrama, gedung, lingkungan, pembelajaran, hall, hingga lapangan olahraga.

Syarat Pendaftaran Pesantren Jagat ‘Arsy

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan fotokopi Akte Kelahiran
  • Menyerahkan fotokopi rapor kelas 4 sampai kelas 7.
  • Menyerahkan dua lembar foto berwarna ukuran 4 x 6.
  • Menyerahkan fotokopi KTP kedua orang tua.
  • Menyerahkan fotokopi kartu keluar.

Prosedur Pendaftaran Pesantren Jagat ‘Arsy

  • Seleksi administrasi yaitu seleksi kelengkapan dokumen pendaftaran.
  • Seleksi potensi akademik, yaitu tes akademik dan Islamic Studies yang terdiri dari Tes Tulis berupa Islamic Studies (PAI), IPA, English, Matematika dan menulis Arab. Lalu, ada tes untuk materi kelas 4, 5, 6 untuk calon santri SMP & materi kelas 7, 8, 9 untuk calon santri SMA. Calon santri juga mengikuti tes lisan berupa membaca Al Quran dan interview. Interview juga dilakukan oleh orang tua/wali calon santri.

Ketentuan Pelaksanaan Tes Masuk

  • Calon santri membawa New Student Book pada saat mengikuti pelaksanaan tes masuk.
  • Pesantren berhak untuk tidak mempersilakan calon santri mengikuti tes masuk dan mengeluarkannya dari ruang tes, apabila mereka tidak mengikuti Tata Tertib. Dalam kasus ini, tes akan dibatalkan dan biaya pendaftaran tidak dikembalikan.
  • Calon santri yang menyontek pada saat tes masuk akan dibatalkan tes masuknya.
  • Calon santri menggunakan pakaian rapi dan berjilbab bagi putri.
  • Kebijakan kriteria lulus/tidak lulus tes adalah wewenang pihak pesantren.
  • Calon santri membawa alat tulis sendiri.
  • Calon santri dipertimbangkan untuk diterima, jika mereka lulus standar kriteria tes sampai tahap wawancara, memenuhi semua persyaratan akademik dan administratif.

Pengumuman hasil tes seleksi akan dilakukan 14 hari setelah tes. Pengumuman hasil tes disampaikan melalui telepon orang tua/wali calon santri dan bisa diakses melalui website resmi pesantren. Jika pada pengumuman hasil tes calon santri dinyatakan lulus, maka calon santri terkait wajib melakukan daftar ulang paling lambat 14 hari setelah pengumuman. Jika calon santri tidak melakukan daftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan tanpa konfirmasi, maka calon santri dianggap mengundurkan diri. Bagi santri yang dinyatakan masuk dalam Daftar Tunggu/waiting list, maka calon santri menunggu informasi.

biaya, sekolah, pesantren, jagat, arsy, BSD, peradaban, dunia, bumi, serpong, damai, prosedur, daftar, ulang, dokumen, daftar, ulang, tes, masuk, calon, santri, penerimaan, informasi, program, luar, negeri

Santri Pesantren Jagat Arsy sedang beraktivitas ekstra kulikuler olahraga (Instagram: @jagat_arsy_ekskul)

Dokumen Daftar Ulang Pesantren Jagat ‘Arsy

  • Pas foto warna terbaru ukuran 4 x 6.
  • Fotokopi Akta Kelahiran calon santri.
  • Fotokopi rapor kelas 4,5,6 untuk calon santri SMP dan fotokopi rapor kelas 7, 8, 9 untuk calon santri SMA.
  • Fotokopi KTP orang tua.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Hasil nilai UN SD/SMP atau sederajat.
  • NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Dokumen kesehatan, yang meliputi dokumen/surat kesehatan dari dokter berupa hasil pemeriksaan fisik. Selain itu, calon santri juga diwajibkan membawa hasil pemeriksaan laboratorium yang mencakup pemeriksaan H2TL, SGOT, SGPT, Ro Thorax, urine lengkap, dan Narkoba (Canabis atau ganja, morphine).

Prosedur Daftar Ulang Pesantren Jagat ‘Arsy

  • Orang tua calon santri menandatangani surat Pernyataan Pemenuhan Biaya Sekolah di atas materai Rp6.000.
  • Orang tua calon santri menandatangani surat Pernyataan Umum di atas meterai Rp6.000.
  • Melakukan pembayaran uang pangkal.
  • Menyerahkan berkas pendaftaran yang belum lengkap.

Biaya Pesantren Jagat ‘Arsy

Mengenai biaya, sayangnya pihak Pesantren Jagat ‘Arsy tidak memberikan rincian resmi. Ketika dihubungi lewat surat elektronik, pihak pesantren menyarankan calon santri untuk datang langsung ke lokasi pondok. Namun, menurut bocoran beberapa orang tua santri, biaya pendidikan di Pesantren Jagat ‘Arsy berkisar Rp30 jutaan. Pesantren Jagat ‘Arsy sendiri juga menawarkan program diskon untuk para santri yang hasil tes-nya di atas rata-rata dan beasiswa khusus jalur prestasi akademik.

Jadwal Tes Pesantren Jagat ‘Arsy

Tes BersamaTes Mandiri
Tanggal pelaksanaan tes ditentukan oleh pesantrenTanggal pelaksanaan tes ditentukan oleh calon santri dan akan dikonfirmasi oleh pihak pesantren
Terdapat ketentuan jumlah minimal pesertaTidak ada ketentuan minimal jumlah peserta

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pendidikan di Pesantren Jagat ‘Arsy, Anda dapat langsung mengunjungi lokasi pondok di Kompleks Nusaloka BSD Sektor 14-6, Yapen Raya, Jalan PAM No. 21, Rawa Mekar Jaya, Serpong, Tangerang. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor ponsel 081 1154 3738 dan email di alamat [email protected]

biaya, sekolah, pesantren, jagat, arsy, BSD, peradaban, dunia, bumi, serpong, damai, prosedur, daftar, ulang, dokumen, daftar, ulang, tes, masuk, calon, santri, penerimaan, informasi, program, luar, negeri

Kawasan resapan air di Pesantren Jagat Arsy (Instagram: @pesantren_jagat_arsy)

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Harga dan Jenis Minyak Zaitun untuk Memasak
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Pendaftaran dan Biaya Pesantren Jagat ‘Arsy"