Komposisi, Indikasi, Dosis dan Harga Scopma Plus Terkini

Rupanya, banyak orang yang belum cukup familier dengan Scopma Plus. Ini merupakan salah satu obat yang biasa dipakai untuk mengatasi kram perut dengan berbagai macam penyebab. Obat tersebut dijual secara bebas di apotek dengan harga yang terjangkau, sehingga mudah didapatkan.

Ilustrasi: kram perut (sumber: okezone)
Ilustrasi: kram perut (sumber: okezone)

Komposisi Scopma Plus

Scopma Plus dikemas dalam wadah strip yang terbuat dari aluminium. Satu strip terdiri dari 10 tablet berwarna kuning dan berbentuk silinder. Dalam satu tablet Scopma Plus, mengandung dua bahan obat, yaitu Hyoscine-N-butylbromide sebanyak 10 mg dan paracetamol sebanyak 500 mg.

Bacaan Lainnya

Hyoscine-N-butylbromide merupakan salah satu jenis obat antispasmodik, yakni obat yang dipakai untuk spasme otot atau kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba. Obat jenis ini biasanya dianjurkan pada pasien dengan riwayat kram perut atau nyeri perut.

Sementara itu, paracetamol termasuk obat golongan analgesik atau pereda nyeri sekaligus antipiretik atau pereda demam.[1] Tak heran jika Anda memiliki keluhan panas atau demam, biasanya dokter akan meresepkan parasetamol. Pada Scopma Plus, paracetamol akan bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin sendiri merupakan senyawa yang diproduksi tubuh untuk menimbulkan sakit.

Baca juga  Update Harga Obat Lipitor untuk Kolesterol 10 mg, 20 mg, dan 40mg (Semua Kemasan)

Indikasi Scopma Plus

Komposisi pada Scopma Plus membuat obat ini memiliki beberapa indikasi. Selain bisa mengobati nyeri perut akibat kondisi pencernaan tertentu, Scopma Plus mampu mengobati nyeri paroksismal, yakni rasa sakit yang muncul secara sering dengan durasi singkat. Nyeri paroksismal biasanya terjadi akibat adanya gangguan pada lambung atau usus halus.

Selain itu, Scopma Plus dapat meredakan nyeri spastik pada perut atau biasa disebut dengan sakit akibat adanya kontraksi otot perut. Nyeri spastik pada perut biasanya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada saluran empedu, saluran kemih, dan organ genital pada wanita.

Kontraindikasi Scopma Plus

Dilansir dari doktersehat, Scopma Plus tidak boleh dikonsumsi oleh pasien yang memiliki kontraindikasi dengan obat tersebut, seperti gangguan fungsi hati dan ginjal, tukak saluran pencernaan, hipertrofi prostat dengan retensi urin, glaukoma, miastenia gravis, dan takiaritmia. Selain itu, Scopma Plus tidak bisa dikonsumsi oleh pasien yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan obat. Jika dipaksakan, pasien bisa mengalami gejala alergi, seperti mulut kering, mual, muntah, diare, gatal-gatal, hingga sesak napas.

Baca juga  Dosis dan Update Harga Caloma Plus (Strip & Box)

Dosis Scopma Plus

Scopma Plus kemasan kaplet (sumber: shopee.co.id)
Scopma Plus kemasan kaplet (sumber: shopee.co.id)

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi Scopma Plus, pastikan Anda mengetahui dosis yang tepat atau menyesuaikannya dengan resep dokter. Secara umum, Scopma Plus dapat diminum 1 hingga 2 tablet sebanyak 3 kali sehari. Anda bisa mengatur pemakaiannya sesuai dengan jam makan Anda sehari-hari. Perlu Anda ketahui juga, Scopma Plus memiliki dosis maksimal sebanyak 6 tablet setiap hari. Sehingga, obat tidak boleh dikonsumsi lebih dari 2 tablet setiap dosisnya.

Dosis tersebut adalah dosis Scopma Plus untuk dewasa. Untuk anak-anak, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak. Ini karena obat tidak bisa diberikan secara sembarangan. Selain itu, obat tersebut tidak disarankan diberikan pada ibu menyusui dan balita.

Efek Samping Scopma Plus

Perlu Anda ketahui, setiap obat kimia pasti memiliki efek samping yang beragam, sama seperti Scopma Plus. Obat ini memiliki efek samping berupa mulut kering, kulit kering, konstipasi atau sembelit, gangguan irama jantung, palpitasi atau jantung berdebar, gangguan penglihatan, kantuk, kerusakan hati, dan reaksi alergi.

Efek samping di atas dapat terjadi jika Anda menghiraukan dosis yang dianjurkan atau resep dokter. Selain itu, efek samping juga bisa terjadi jika obat dipakai dalam jangka panjang. Hentikan pemakaian obat jika sakit yang Anda rasakan sudah hilang. Obat ini juga tidak bisa dipakai untuk terapi penyakit. Sebagai informasi, berikut harga Scopma Plus di pasaran pada 2021.

Baca juga  Info Terbaru Harga Acyclovir (Tablet dan Salep)

Harga Scopma Plus

Nama Obat Harga (Rp)
Scopma Plus Tab 100s per tablet 1.726
Scopma Plus kaplet per strip isi 10 tablet 10.000 – 15.000
Scopma Plus kaplet per box isi 10 strip x 10 kaplet 106.000

Jika membutuhkan obat ini, Anda bisa langsung datang ke apotik terdekat, seperti Apotek K24, Kimia Farma, atau apotek-apotek lainnya. Selain itu, saat ini Scopma Plus juga dijual di e-commerce Indonesia dengan harga terjangkau. Sebagai perbandingan, tahun 2020 lalu harga Scopma Plus di pasaran berkisar Rp2.144 per tablet hingga Rp25.000 per strip. Ada juga pedagang yang menjual Scopma Plus per kotak dengan harga Rp58.200. Harga Scopma Plus tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1]Kusuma, Valencia. 2018. Pengkajian Resep pada Fase Prescribing Resep Pediatri di Apotek Mandiri Kota Surakarta Tahun 2017 (Skripsi) Program Studi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.