Update Tarif Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik)

No comment11032 views

Kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau memang membuat pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain menjadi agak menyulitkan. Karena itu, untuk memudahkan masyarakat yang ingin berkirim paket barang, dokumentasi, atau lainnya, kini marak bermunculan yang menawarkan layanan logistik, salah satunya PT Api Logistik atau biasa disingkat dengan KALOG.

Ilustrasi: kereta api logistik (KALOG)

Ilustrasi: logistik (KALOG)

KALOG, sesuai namanya, merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), yang bergerak di bidang barang berbasis kereta api. Fokus perusahaan ini adalah mewujudkan pengangkutan barang ke seluruh Indonesia dan pasar ekspor melalui kereta api, serta mengintegrasikan layanan mereka dengan antar-mode (pra dan lanjutan).

KALOG sendiri terus melakukan ekspansi angkutan barang. Pada tahun 2017 kemarin, perusahaan menargetkan bisa mengoperasikan 14 kereta api barang. Sebelumnya, KALOG telah mengoperasikan  9 kereta api yang digunakan untuk angkutan barang, dengan kereta api terbaru melayani Sei Mangke-Pelabuhan Belawan yang resmi dioperasikan pada bulan Desember 2016.

Layaknya perusahaan ekspedisi lainnya, PT KALOG juga menyediakan beragam produk dan layanan pengiriman kepada konsumen. Di antaranya layanan kurir dan kargo yang melayani pengiriman barang dan untuk kota-kota yang dilalui oleh jaringan rel kereta api di Pulau Jawa, angkutan kontainer yang menjadi andalan PT KALOG dengan skema distribusi door-to-station, depo kontainer yang menyediakan terminal barang di sejumlah kota untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan, hingga bongkar muat, pergudangan, serta forwarding.

Meski terus melakukan ekspansi bisnis, namun tantangan bisnis angkutan kereta api barang memang masih berat. Pasalnya, pengguna angkutan peti kemas kereta barang dikenakan pajak pertambahan nilai atau PPN sebesar 10 persen, sedangkan angkutan barang lewat truk bebas pajak. Hal inilah yang membuat tarif KALOG masih lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman truk sehingga masyarakat masih belum banyak yang meliriknya.

Meski demikian, seiring dengan naiknya tarif layanan kargo melalui pesawat terbang, KALOG pun ketiban untung. Pada kuartal pertama 209 kemarin, pengiriman logistik melalui perusahaan tersebut diklaim telah meningkat sekitar 20 persen. Saat ini, kapasitas KALOG sendiri sekitar 370 ton sehari dan ditargetkan bisa mencapai angka 70 juta ton pengiriman per tahun.

Tarif KALOG

Tarif, pengiriman, ongkos, kirim, ongkir, biaya, sepeda, motor, bebek, elektronik, barang, layanan, KALOG, kereta api, logistik, jakarta, cek, jawa, timur, tengah, bandung, paket, perusahaan,

Kereta api pengangkut penumpang dan barang

TujuanTarif
Banda AcehRp115.000
BandungRp50.000
BanyuwangiRp50.000
BogorRp70.000
DenpasarRp70.000
JambiRp55.000
MalangRp50.000
Medan Rp90.000
PadangRp80.000
PalembangRp50.000
SemarangRp50.000
SoloRp50.000
SurabayaRp50.000
TangerangRp70.000
YogyakartaRp50.000
  • Daftar tarif pengiriman kargo PT KALOG di atas berlaku dari Jakarta.
  • pengiriman kargo tersebut untuk dengan berat 10 kg.

Tarif layanan kirim PT KALOG sendiri bervariasi, tergantung barang apa yang akan dikirimkan oleh konsumen, apakah paket, dokumen, atau . Untuk melihat lebih lengkap tarif layanan PT KALOG, Anda bisa mengunjungi situs resminya, mengetik barang yang akan dikirim, asal kota, tujuan pengiriman, berat barang, dan kode keamanan. Setelah itu, klik ‘Cek’ dan tarif kirim akan langsung muncul.

Baca juga  Update Daftar Lengkap Tarif/Ongkir JNE Express YES ke Seluruh Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Tarif Pengiriman KALOG (Kereta Api Logistik)"