Update Terbaru Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut

Pondok Pesantren Darussalam yang terletak di Desa Sindangsari Kersamanah, Cibatu, Garut, Jawa Barat (Jl. Bandung-Tasikmalaya via Ciawi KM 60) adalah salah satu pondok pesantren salafiyah yang masih eksis di wilayah Jawa Barat, khususnya di Garut. Bagi mereka yang berminat melanjutkan studi di tempat ini, akan dikenakan biaya yang bisa dikatakan tidak terlalu mahal, bahkan cukup terjangkau.

Profil Pondok Pesantren Darussalam

Meskipun di Garut sendiri banyak berdiri pondok-pondok yang lain, akan tetapi Pondok Pesantren Darussalam masih menjadi salah satu rujukan bagi para orang tua untuk memondokkan anaknya. Di pondok pesantren ini, para diajarkan berbagai hal, seperti mengaji kitab kuning, tilawatil Al Quran, serta yang terpenting adalah para dilatih supaya memiliki moral yang baik.

Masjid Pondok pesantren Darussalam Garut

Masjid Pondok pesantren Darussalam Garut (sumber: darussalamgarut.or.id)

Pendirian Pondok Pesantren Darussalam merupakan perwujudan dari niat amal ibadah, rasa cinta dan ittiba terhadap pendiri Pondok Modern Gontor yang bercita-cita mendirikan seribu Gontor di Indonesia. Dengan semangat tersebut, sejak awal didirikan tahun 1990-an sampai sekarang, Pondok Pesantren Darussalam berjalan sesuai dengan nilai-nilai dan falsafah kehidupan pondok pesantren.

Tabiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Darussalam memiliki visi untuk unggul dalam prestasi dan non-, dengan misi untuk mendidik dan membina generasi muda Muslim yang bertakwa, berakhlak mulia, dan berkepribadian Islami. Pondok ini bertujuan mendidik dan mempersiapkan kader-kader Muslim yang memiliki kualitas iman, ilmu, dan amal, serta mengembangkan dan meningkatkan bakat, potensi dan kompetensi para siswa melalui pembinaan yang edukatif, aktif, efektif, dan partisipatif dalam suasana yang kondusif.

pendidikan yang dijalankan di ponpes ini berdasarkan Kurikulum Satuan Pendidikan Mu’adalah (SPM) berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014, terdiri dari kelompok bidang studi keislaman, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Umum, dengan masa belajar 6 tahun bagi tamatan SD/MI dan 4 tahun bagi tamatan SMP/MTs.

Keberlangsungan pendidikan tingkat TMI Pondok Pesantren Darussalam sudah mendapat pengakuan, antara lain:

  • Di dalam negeri dengan SK. MENDIKNAS No. 25/c/Kep/MN/2005, bahwa ijazah TMI setara SMA, dan PMA (Peraturan Menteri Agama) RI No. 18 tahun 2014 setara madrasah Aliyah, sehingga lulusannya berhak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, bahkan layak dipergunakan untuk memasuki lapangan kerja.
  • Di luar negeri dari pemerintah Mesir, seperti tertera di dalam SK yang diterbitkan oleh Kantor Urusan Asing Al-Azhar Kairo dan ditandatangani oleh direkturnya Fauzi Abdel Samii Zaidan. Status Mu’adalah bagi ijazah TMI Pondok Pesantren Darussalam, yakni disamakan dengan ijazah SMA Al-Azhar Mesir, sehingga lulusan TMI berhak untuk melanjutkan pendidikan ke tersebut.

Untuk bisa menempuh pendidikan di Ponpes Darussalam, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon santri.

Pondok pesantren Darussalam Garut

Pondok pesantren Darussalam Garut (sumber: darussalamgarut.or.id)

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Darussalam

  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp200.000.
  • Mengisi formulir pernyataan ditandatangani di atas materai (meterai disiapkan oleh masing-masing peserta).
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir, Kartu Keluarga dan KTP Orang Tua/Wali (pada saat pendaftaran).
  • Menyerahkan pasfoto berwarna 3 x 4 dan 2 x 3 (masing-masing 3 lembar), dengan ketentuan putri berjilbab dan putra berkemeja putih berdasi.
  • Menyerahkan fotokopi STTB dan Surat Kelulusan Ujian Nasional berikut Nomor Induk Siswa Nasional dan fotokopi rapor terakhir.
  • Menyerahkan surat kelakuan baik dan bebas narkoba dari sekolah asal.
  • Berbadan sehat dengan menunjukkan bukti surat keterangan dari POSKESTREN Darussalam
  • Mengikuti ketentuan-ketentuan dan iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.
  • Lulus ujian seleksi masuk yang terdiri psikotes, membaca dan menulis Al Quran dan Bahasa Arab, doa sehari-hari, dan praktik ibadah pada waktu pendaftaran (ujian lisan).
  • Mengikuti dan lulus tes tulis dengan materi Fiqih, Bahasa Indonesia (bagi WNI), Matematika, dan Bahasa Inggris untuk kelas Intensif dan WNA.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di tempat ini, Pondok Pesantren Darussalam Garut menerapkan biaya pendidikan yang terdiri dari biaya formulir pendaftaran, uang masuk, infak gedung, dan uang SPP per bulan. Berikut informasi lengkap biaya pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Garut tahun ajaran 2020/2021 yang kami rangkum dari situs resminya.

Biaya Pondok Pesantren Darussalam

Komponen BiayaBiaya
Uang PendaftaranRp200.000
Uang Meja dan KursiRp1.600.000
Uang Sumbangan Rp1.600.000
Uang Khutbatul ‘ArsyRp240.000
Uang Listrik per SemesterRp330.000
Uang Kertas per SemesterRp250.000
Uang Organisasi per SemesterRp150.000
Uang Kesehatan per SemesterRp80.000
Uang Sewa Lemari per SemesterRp100.000
Uang sewa kasur per semesterRp100.000
Uang Buletin (Mingguan FIGUR)Rp50.000
Kaos olahraga pondokRp150.000
Uang dapur per bulanRp400.000
Uang infaq per bulanRp250.000
TOTALRp5.500.000

Apabila dibandingkan dengan biaya pada tahun ajaran lalu, banyak komponen biaya yang naik pada tahun ini. Hanya ada beberapa komponen yang biayanya tetap, seperti uang kertas, uang organisasi, dan uang kesehatan per semester. Tahun ini juga ada komponen biaya yang turun seperti uang buletin, dari yang sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp50 ribu saja. Tetapi ada komponen biaya tambahan seperti uang sewa kasur dan kaos olahraga pondok.

Kegiatan belajar santriwati di Ponpes Darussalam Garut

Kegiatan belajar santriwati di Ponpes Darussalam Garut (Instagram: @sabiel_alkareem)

Jadwal Pendaftaran Pondok Pesantren Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam Garut membuka pendaftaran santri yang terbagi menjadi dua gelombang, yakni Gelombang 1 pada 2 Januari – 16 Februari 2020 dan Gelombang 2 mulai tanggal 14-16 Maret 2020. Gelombang 2 hanya akan dibuka apabila kuota santri belum terpenuhi oleh jumlah peserta yang lulus tes pada Gelombang 1.

Nah, apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi Pondok Pesantren Darussalam di alamat yang telah dijelaskan di atas, dengan Kantor Panitia Pendaftaran buka setiap Sabtu sampai Kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor ponsel 0812 2109 0328, 0817 9109 078, 0819 1182 333, dan 0812 1902 0467 atau nomor telepon (0262) 2249003 dan (0265) 7083285.

[Dian]

Baca juga  Update Biaya Kuliah STP Sahid (Politeknik Sahid) TA 2020/2021
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Terbaru Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut"