Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi

No comment 48 views

Sakit gigi memang bisa terjadi pada siapa saja. Meski terdapat banyak jenis dan penyebab sakit gigi. Namun penyebab utamanya biasanya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang, apalagi yang sudah berhasil menjangkau bagian tengah gigi (saraf), pasti bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Pada awalnya mungkin penggunaan bahan alami atau obat sakit gigi di apotek akan bisa dijadikan alternatif yang mudah dan murah. Namun, jika penyebab sakit gigi belum sepenuhnya hilang, sakit gigi akan sering terjadi. Penggunaan obat pereda sakit, baik yang alami maupun yang berasal dari apotek pun akan menjadi lebih sering dilakukan.

Harga, perawatan, saluran, akar, gigi, klinik, puskesmas, dokter, rumah sakit, biaya, swasta, Jakarta, sakit, saraf, universitas, spesialis, konservasi, prosedur, langkah, cabut, fakultas, kedokteran, gejala, konsultasi, mematikan

sakit gigi

saluran akar gigi atau endodontik merupakan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi. ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu dicabut, sehingga kembali mampu mengunyah dengan nyaman dan menggigit dengan kuat. Selain itu juga melindungi gigi dan menjaga penampilan gigi tetap alami.

Tak perlu khawatir, karena perawatan saluran akar gigi tidak akan menyebabkan rasa sakit. Justru perawatan tersebut akan meredakan rasa sakit akibat infeksi atau peradangan. Umumnya perawatan saluran akar gigi menggunakan bius lokal untuk memastikan Anda tetap nyaman. Hanya saja gigi kemungkinan akan terasa lebih sensitif beberapa hari setelah perawatan. Untuk meredakan rasa tidak nyaman, dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri untuk dikonsumsi selama masa pemulihan.

Saluran akar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan rongga alami di tengah gigi, sedangkan pulpa adalah daerah lunak di dalam gigi, yang berisi pembuluh darah, saraf dan jaringan ikat. Jika jaringan pulpa mengalami gangguan, baik akibat gigi berlubang, kebersihan mulut yang kurang, atau terjadi cedera pada gigi, maka pulpa dapat meradang dan menimbulkan nyeri. Hal ini juga bisa memicu perkembangan bakteri sehingga dapat terjadi infeksi atau abses gigi.

Baca juga  Info Harga, Manfaat, dan Cara Pemakaian Cream Farma WDC

Adapun gejala yang meliputi dari infeksi tersebut adalah gigi terasa sakit saat terkena makanan atau minuman, gigi terasa sakit saat menggigit atau mengunyah, gigi terasa longgar/goyang. Secara khusus, gejala dirasakan terutama saat gigi terkena makanan atau minuman dingin atau terlalu panas. Rasa sakit bisa berlanjut, meski makanan atau minuman tersebut sudah tidak dikonsumsi. Kemudian, rasa sakit bisa saja timbul sewaktu-waktu, misalnya tengah malam, dan umumnya diikuti dengan sakit kepala.

Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter gigi. Jika benar terjadi infeksi pulpa, maka kemungkinan dokter akan memutuskan perawatan saluran akar gigi, sebab kondisi itu tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Selain abses, jika gangguan pada saluran akar gigi tidak ditangani dengan tepat, kemungkinan juga bisa menyebabkan kerusakan tulang di sekitar ujung akar yang mengalami masalah, atau pembengkakan yang bisa meluas ke sekitar area wajah dan leher.

Langkah-langkah Perawatan Saluran Akar Gigi

Harga, perawatan, saluran, akar, gigi, klinik, puskesmas, dokter, rumah sakit, biaya, swasta, Jakarta, sakit, saraf, universitas, spesialis, konservasi, prosedur, langkah, cabut, fakultas, kedokteran, gejala, konsultasi, mematikan

Dokter dan mengamati hasil foto rontgen

  1. Untuk memastikan gigi memerlukan perawatan saluran akar, maka dokter gigi akan melakukan pemeriksaan foto Rontgen gigi. Dokter gigi kemudian akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kondisi pulpa dan seberapa besar infeksi atau peradangan yang terjadi, guna menentukan perawatan yang diperlukan.
  2. Sebelum memulai perawatan saluran akar gigi, dokter akan memberikan bius lokal untuk memastikan kenyamanan pasien saat tindakan dilakukan. Selanjutnya, dokter akan menempatkan pelindung karet (rubber/dental dam) di atas gigi agar tetap bersih dan terisolasi dari air liur dan kontaminasi lain.
  3. Setelah itu, dokter gigi mulai membuat bukaan di bagian atas gigi, sehingga dapat menjangkau ruang pulpa. Kemudian, dokter gigi akan membersihkan saluran akar gigi dan jaringan sekitar yang terinfeksi menggunakan yang sangat kecil dan larutan khusus seperti natrium hipoklorit. Pada saat yang bersamaan, dokter gigi juga membentuk ruang untuk bahan tambalan.
  4. Setelah dibersihkan, dokter gigi akan memberikan tambalan sementara. Kemudian dokter gigi akan menyarankan untuk kontrol kembali (biasanya dalam waktu 1 minggu). Jika dokter gigi melihat masih ada perkembangan infeksi, maka dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi infeksi tersebut. Namun, bila dinilai saluran akar sudah dalam kondisi yang baik, maka langkah terakhir dari prosedur perawatan saluran akar gigi adalah penambalan atau tindakan restorasi seperti penggunaan crown gigi.
Baca juga  Update Info Kisaran Harga Test Pack Digital untuk Uji Kehamilan di Apotik

Perawatan saluran akar gigi biasanya memerlukan beberapa kali prosedur dan kontrol, dan setiap prosedur bisa memakan waktu yang cukup lama. Perawatan saluran akar gigi biasanya bertujuan untuk merevitalisasi kembali gigi dan untuk menghilangkan rasa sakit. Bisa juga sekaligus diberi obat-obatan ke dalam saluran akar tersebut, seperti anti nyeri/obat bius, antibiotik, dan lain-lain.

Dokter gigi yang ahli dalam perawatan saluran akar disebut spesialis konservasi gigi (drg, Sp.KG). Apabila dokter gigi di puskesmas tidak dapat menangani penyakit pasien, maka biasanya dokter gigi akan merujuk ke spesialis konservasi gigi apabila spesialis tersebut tersedia. Tetapi tentu saja dokter gigi umum pun berkompetensi mengobati gigi berlubang Anda apabila belum terjadi komplikasi.

Perawatan Saluran Akar Gigi di Jakarta

Harga, perawatan, saluran, akar, gigi, klinik, puskesmas, dokter, rumah sakit, biaya, swasta, Jakarta, sakit, saraf, universitas, spesialis, konservasi, prosedur, langkah, cabut, fakultas, kedokteran, gejala, konsultasi, mematikan

Pemeriksaan gigi oleh dokter

Perawatan saluran akar memang tidak bisa diprediksi biayanya. Semuanya tergantung dari kondisi masing-masing pasien dan lokasi serta fasilitas / tersebut. Ada pasien yang hanya perlu melakukan 2 sampai 3 kali kunjungan ke dokter gigi untuk bisa menyelesaikan semua prosedur. Namun ada juga pasien yang perlu biaya mematikan saraf gigi lebih banyak karena kondisinya yang cukup parah sehingga dia perlu melakukan berbagai kunjungan hingga berkali-kali dan memakan waktu berbulan-bulan.

Baca juga  Harga Garnier Sakura White Pinkish Radiance Whitening Day Cream (SPF21/PA+++)

Maka dari itu, biaya perawatan tidak bisa digeneralisasi. Namun, sebagai patokan total biaya perawatan saraf gigi sampai tuntas di klinik swasta wilayah Jakarta Selatan berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000. Sementara jika diperlukan untuk jacket crown porselen, maka biayanya sebesar Rp3.000.000 sampai Rp4.000.000.

Disarankan agar Anda mencari terlebih dahulu mengenai biaya perawatan saraf gigi yang akan Anda ambil. Selain rumah sakit, klinik swasta dan praktik pribadi, Universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi biasanya memiliki fasilitas untuk melakukan hampir semua perawatan gigi. Biaya sudah pasti lebih murah karena dikerjakan oleh dokter muda di bawah pengawasan dosen dokter gigi.

loading...

Leave a reply "Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi"