Update Harga Ban TublesVario 110 (Depan dan Belakang)

Untuk versi keluaran pabrikan, Honda Vario 110 memang tidak dibekali dengan ban tipe tubeless (biasa juga ditulis tubles). Namun, bagi Anda yang ingin menggantinya dengan ban ini, tidak perlu khawatir. Karena, sudah ada banyak merk ban tubeless yang cocok untuk skuter matik tersebut. Tersedia di toko ban, bengkel, hingga situs jual beli online, harga komponen ini rata-rata ratusan ribu rupiah per unit (ban depan atau belakang saja).

Ban Honda Vario 110 (sumber: bmspeed7.com)
Ban Honda Vario 110 (sumber: bmspeed7.com)

Dalam dunia otomotif, entah itu sepeda motor, mobil, bus, hingga truk, ban merupakan salah satu bagian penting yang memiliki banyak fungsi. Ban punya banyak fungsi, sebagai penyangga beban kendaraan, meneruskan daya dorong dan pengereman, mengontrol arah kendaraan, hingga sebagai peredam getaran dari jalan atau medan yang dilalui.[1]

Bacaan Lainnya

Ban sendiri secara umum terbuat dari material dasar karet. Sayangnya, karet dalam penggunaannya sering mengalami kerusakan, di antaranya pengerasan dan pengurangan daya elastisitas, yang memang bergantung pada kondisi pemakaian, yang dapat memengaruhi kualitas dan umur simpan produk karet.[2] Seiring waktu, ban juga rentan mengalami kerusakan, termasuk kempes dan bocor.

Keunggulan Ban Tubeless

Nah, untuk meminimalkan risiko kempes maupun bocor, saat ini sudah tersedia ban tipe tubeless. Ini adalah ban yang dirancang tanpa memiliki ban dalam. Ban ini adalah ban pneumatik, memiliki tulang rusuk terus-menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban. Meski baru dipakai pada beberapa tahun belakangan, namun ban ini sebenarnya sudah diciptakan pada tahun 1990 silam.

Baca juga  Specs dan Info Terbaru Harga Kawasaki W175 Cafe

Dibandingkan ban tubetype, ban tubeless dikatakan punya banyak kelebihan. Meski tanpa menggunakan ban dalam, ban tubeless diklaim tetap bisa menampung udara untuk tetap mengembang. Berbeda dengan ban dalam dari ban tubetype yang langsung sobek, luar ban tubeless jauh lebih tebal sehingga tidak langsung kekurangan angin saat kebetulan tertusuk benda tajam.

Selain itu, ban ini dikatakan cenderung lebih stabil karena tekstur ban yang lebih keras sehingga mampu mencengkeram aspal. Saat digunakan dalam kecepatan tinggi untuk menikung, ban tubeless akan lebih ‘menggigit’ jika dibanding dengan ban tubetype. Ban ini juga memiliki umur yang lebih panjang, atau lebih awet, bahkan hingga pemakaian 1,5 tahun. Kebanyakan ban tubeless menggunakan tipe mid-compound sehingga bertekstur lebih keras dan awet meski sering melintasi yang panas.

Saat ini, tidak sulit menemukan ban tubeless karena sudah banyak bengkel maupun toko otomotif yang menjual ban jenis ini. Semua model sepeda motor pun dapat menggunakan ban tersebut, termasuk Vario 110 yang sebenarnya dibekali ban tubetype oleh pabrikan. Ukuran ban yang cocok untuk salah satu skuter matik Honda ini adalah 80/90-14 di bagian depan dan 90/90-14 untuk roda belakang. Namun, tidak menutup kemungkinan menggunakan ukuran di bawah atau di atasnya, selama dimensi velg tetap 14 inch, Sebagai referensi, berikut informasi kisaran harga ban tubeless untuk Vario 110.

Baca juga  Update Harga Ban Luar dan Ban Dalam Motor BeAT (All Merk)

Harga Ban Tubles Vario 110

Ban tubeless (sumber: bukalapak)
Ban tubeless (sumber: bukalapak)
Merk & Ukuran Ban Harga
Aspira A-Track 70/90-14 Maxio Tubeless Rp199.796
CorsaEcomax H01 70/90-14 Tubeless Rp136.000
CorsaEcomax H01 80/90-14 Tubeless Rp168.000
PresaPlaneto 70/90-14 Tubeless Rp185.000
Corsa R99 80/80-14 Tubeless Rp224.000
IRC SS 530 F 80/90-14 Tubeless Rp166.500
CorsaEcomax H01 90/90-14 Tubeless Rp158.000
PresaPlaneto 80/90-14 Tubeless Rp192.000
Corsa R99 80/90-14 Tubeless Rp266.000
Corsa V22 90/90-14 Tubeless Rp196.000
IRC SS 530 F 90/90-14 Tubeless Rp198.000
Aspira A-Track 90/90-14 Maxio Tubeless Rp204.000
Michelin City Grip Pro 70/90-14 Tubeless Rp273.000
PresaPlaneto 90/90-14 Tubeless Rp269.000
Pirelli Diablo Rosso Sport 70/90-14 Tubeless Rp290.000
AspiraPremioStretto 80/90-14 Tubeless Rp300.000
Pirelli Diablo Rosso sport 80/80-14 Tubeless Rp295.000
Swallow Street Enduro SB 117 110/80-14 Tubeless Rp260.000
Michelin City Grip 80/80-14 Tubeless Rp264.000
Michelin City Grip Pro 80/90-14 Tubeless Rp310.000
AspiraPremioStretto 90/80-14 Tubeless Rp300.000
Corsa R99 100/80-14 Tubeless Rp320.000
AspiraPremioStretto 90/90-14R Tubeless Rp320.000
Michelin City Grip Pro 90/80-14 Tubeless Rp310.000
Corsa R99 120/70-14 Tubeless Rp421.000
Michelin City Grip Pro 90/90-14 Tubeless Rp351.000
Pirelli Diablo Rosso 80/90-14 Tubeless Rp299.000
AspiraPremioSportivo 110/80-14 Tubeless Rp397.000
Pirelli Diablo Rosso Sport 90/80-14 Tubeless Rp380.000
Pirelli Diablo Rosso Sport 90/90-14 Tubeless Rp380.000
AspiraPremioStretto 100/80-14R Tubeless Rp375.000
Michelin Pilot Street 2 R14 Tubeless Rp334.000
Michelin Sirac Street 80/90-14 Tubeless Rp409.000
Pirelli Diablo Rosso Sport 100/80-14 Tubeless Rp455.000
Michelin Sirac Street 90/90-14 Tubeless Rp453.000
Michelin City Grip Pro 110/80-14 Tubeless Rp475.000
Michelin Pilot MotoGP 100/80-14 Tubeless Rp406.000
Michelin Pilot MotoGP 90/80-14 Tubeless Rp341.000
Pirelli Diablo Rosso Scooter 120/70-14 Tubeless Rp756.000
Baca juga  Update Harga Oli Samping Castrol 2T (Castrol Activ 2T, Castrol Power 1, Castrol A747)

Harga ban tubeless yang cocok untuk Honda Vario 110 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ban sepeda motor dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya ada yang naik dan ada yang turun.

Aspira A-Track 70/90-14 Maxio Tubeless misalnya, awalnya dijual Rp130 ribu dan tahun 2021 turun menjadi Rp125 ribuan, kemudian naik drastis jadi Rp199 ribuan pada 2022. Sebaliknya, CorsaEcomax H01 70/90-14 Tubeless yang semula dilepas Rp109 ribu, naik menjadi Rp120 ribuan, dan sekarang naik lagi jadi Rp136 ribuan.

[Update: Dian]

[1]Handoyo, Yopi. 2014. Analisis Performance Ban dengan Alat Drum Test. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas 45 Bekasi, Vol. 2(1): 17-26.

[2]Prasetya, Hari Adi. 2016. Karakteristik Ban dalam Kendaraan Bermotor Roda Dua dengan Bahan Pengisi Karbon Ampas Tebu. Jurnal Riset Industri, Vol. 10(3): 162-169.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *