Update Pendaftaran & Biaya Pesantren Nurul Fikri Lembang 2019/2020

Lembang tidak hanya terkenal sebagai daerah wisata alam yang menarik, melainkan juga lokasi tempat berdirinya sebuah pondok pesantren bernama Nurul Fikri. Memiliki nama resmi Nurul Fikri Boarding , pondok pesantren ini merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam yang menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang setara SMP dan SMA.

Profil Pondok Pesantren Nurul Fikri

Seperti diutarakan sebelumnya, Pondok Pesantren Nurul Fikri merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Lembang, Bandung. Lembaga ini beralamat di Jalan Maribaya Timur, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung. Berlokasi di Lembang, Pondok Pesantren Nurul Fikri memiliki suasana yang nyaman dan sejuk khas pegunungan.

Biaya Pesantren Nurul Fikri Lembang - guru-potensial.blogspot.com

Pesantren Nurul Fikri Lembang - guru-potensial.blogspot.com

Di dalam situs resminya, pondok pesantren ini diketahui memiliki visi menjadi lembaga pendidikan berbasis kepesantrenan yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan generasi yang saleh, memiliki pemahaman syar’i, dan kompetensi di bidang sains dan , serta jiwa kepemimpinan. Di samping itu, Pondok Pesantren Nurul Fikri juga memiliki beberapa misi pendidikan, yaitu:

  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang kondusif terhadap pembentukan pribadi yang saleh.
  • Mengembangkan sistem pendidikan yang berorientasi pada terciptanya generasi yang memiliki pemahaman syar’i dan kompetensi di bidang sains dan teknologi.
  • Membentuk generasi yang memiliki jiwa kepemimpinan serta peduli terhadap umat.
  • Berperan dalam dakwah keumatan dan mendorong terciptanya masyarakat madani.

Untuk mewujudkan visi dan misi, Pondok Pesantren Nurul Fikri menerapkan yang terdiri dari nasional dan kepesantrenan. nasional mencakup mata pelajaran bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan, bahasa Inggris, matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), teknologi informasi, dan pendidikan olahraga. Sementara, kepesantrenan meliputi Tahfidhul Qur'an, Akidah Islam, Tafsir dan Ulumul Qur'an, Hadits dan Ulumul Hadits, Bahasa Arab, Sirah Nabawiyah, Fiqih, Life Skill, dan Leadership Course.

Untuk menunjang proses dan mengajar, pengelola juga telah melengkapi Pondok Pesantren Nurul Fikri dengan beberapa sarana dan fasilitas pendukung. Di tempat ini, telah tersedia unit kesehatan sekolah atau UKS, perpustakaan, restoran khusus santri, mini teater, laboratorium bahasa, laboratorium kimia, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, ruang kelas yang nyaman, masjid, untuk santri laki-laki dan perempuan, layanan laundry, minimarket, guest house, hingga area camping ground.

Berdasarkan pada moto pesantren yakni ‘Sholeh, Cerdas, dan Mampu Memimpin’, pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2010 ini memiliki unggulan untuk merealisasikan moto sholeh, salah satunya dengan mendidik para santri untuk senantiasa dekat dengan Al-Quran. Dalam kisaran waktu satu tahun, santri dididik untuk menghafal dua juz. Diharapkan selama tiga tahun, santri mampu menghafal enam juz. Terbukti, sejak pesantren didirikan, telah banyak para santri yang memenangkan berbagai perlombaan tahfidz.

Selain diberikan praktik langsung berupa setoran hafalan, para santri juga diberikan teori-teori tentang pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran itu di antaranya adalah tahsin Al-Quran. Para santri dibagi ke beberapa kelas untuk memudahkan pembelajaran Al-Quran sesuai kapasitas para santri tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan mereka dalam membaca dan menghafal Al-Quran.

Layaknya pondok pesantren pada umumnya, Nurul Fikri Boarding School juga memiliki jadwal dan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Jadwal dan kegiatan pondok pesantren ini adalah sebagai berikut.

NoJamKegiatan
104.00 - 04.30 WIBQiyamul Lail
204.30 - 05.00 WIBSholat Shubuh dan Dzikir
305.00 - 06.00 WIBTahfidzul Qur'an dan Bahasa
406.00 - 06.45 WIBPersiapan ke Sekolah
507.00 - 12.00 WIBKegiatan Belajar Mengajar
612.00 - 13.10 WIBShalat Dzuhur dan Makan
713.10 - 15.30 WIBShalat Dzuhur dan Makan
815.30 - 16.00 WIBShalat Ashar dan Dzikir
916.00 - 17.00 WIBMentoring, Bimbel, Remedial
1017.00 - 19.45 WIBPiket, Makan, Sholat, Tilawah, Tahfidz dan Bahasa
1120.00 - 21.00 WIBBelajar Mandiri/Kelompok
1221.00 - 21.30 WIBPersiapan Sekolah
1321.30 - 04.00 WIBIstirahat Tidur

Biaya Pendidikan Pesantren Nurul Fikri

Sayangnya, pihak pesantren tidak memberikan rincian biaya bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di tempat ini. Namun, berdasarkan penelusuran penulis, calon santri wajib melunasi biaya sebesar Rp500.000, sedangkan biaya masuk untuk jenjang SMP di Pondok Pesantren Nurul Fikri adalah sekitar Rp67 juta, sedangkan biaya SPP sebesar Rp2.800.000 per bulan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi nomor ponsel 0878 2340 7447.

Biaya Pesantren Nurul Fikri Lembang - www.flickr.com

Biaya Pesantren Nurul Fikri Lembang - www.flickr.com

Pendaftaran Pesantren Nurul Fikri

Untuk bisa menempuh pendidikan di Pesantren Nurul Fikri, calon santri wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Mengisi pendaftaran via online di alamat www.nfbslembang.com/psb.
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran dan fotokopi rapor.
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga.
  • Mengikuti dan lulus tes masuk berupa tes potensi , wawancara, psikotes, tes kesehatan, dan baca tulis Al Quran pada waktu yang telah ditentukan.
  • Melengkapi fotokopi ijazah terakhir jika sudah dinyatakan diterima.
  • Menyerahkan fotokopi NISN, tiga lembar pasfoto berwarna ukuran 4 x 6.
  • Membayar biaya pendidikan setelah lulus tes seleksi.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Nurul Fikri

Untuk tahun ajaran 2019/2020, pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Nurul Fikri Lembang sudah dibuka pada detik ini melalui online di situs resmi pesantren dan login ke menu PSB. Untuk informasi lebih detail mengenai pendaftaran, bisa menghubungi nomor telepon (022) 30003800 atau nomor ponsel 0877 2000 0226, 0853 1746 5393, dan email di alamat mail@nfbslembang.ac.id.

(Panca)

Baca juga  Info Update Perkiraan Biaya Hidup di Taiwan
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    bettiy luvieta2 bulan ago

    assalamualaikum….maaf mau tanya apakah masih buka pendaftaran untuk sma ? kapan pelaksanaan tes nya ? berapa biayanya ?

    Reply

Leave a reply "Update Pendaftaran & Biaya Pesantren Nurul Fikri Lembang 2019/2020"