Jadwal Pendaftaran dan Biaya Pesantren Bima (Bina Insan Mulia) Cirebon TA 2023/2024

Pondok Pesantren Bina Insan Mulia merupakan salah satu pesantren yang berlokasi di Cirebon. Biasa disingkat Pondok Pesantren Bima, lembaga ini menyelenggarakan pendidikan mulai SMP, SMK, hingga MA. Biaya pendidikan di Pondok Pesantren Bima sendiri bervariasi, tergantung jenjang yang ditempuh masing-masing siswa atau santri.

Aktivitas pendidikan Pesantren Bina Insan Mulia/Pesantren Bima (facebook: @galerifotobima)
Aktivitas pendidikan Pesantren Bina Insan Mulia/Pesantren Bima (facebook: @galerifotobima)

Profil Pondok Pesantren Bima Cirebon

Lahirnya Pondok Pesantren Bima tidak lepas dari keberadaan Pondok Pesantren Al Ikhlas Tegal Koneng yang dibangun oleh KH Sirojuddin pada 1942 silam. Abah Siroj, begitu panggilan akrab kiai ini, berhijrah dari Pondok Pesantren Bobos ke sebuah perkampungan yang pada saat itu dikenal masyarakat dengan nama Tegal Koneng. Di kampung itulah, Abah Siroj membeli tanah lalu mendirikan tempat ibadah, rumah, dan tempat pengajian.

Bacaan Lainnya

Seiring dengan waktu dan kiprah Abah Siroj di masyarakat, terutama di bidang keagamaan, maka dalam waktu yang tidak begitu lama, Tegal Koneng telah menjadi pusat pendidikan keislaman dan dakwah. Masyarakat kala itu mengenalnya sebagai Pondok Pesantren Tegal Koneng.

Sepeninggal Abah Siroj, pesantren diteruskan oleh putra sulungnya yang bernama KH Anas Sirojuddin, alumnus Pondok Pesantren Kempek dan Pondok Pesantren Lasem. Di masa kepemimpinan KH Anas Sirojuddin, sistem dakwah dan pendidikan di pesantren diperluas dengan mendirikan lembaga formal, antara lain Madrasah Diniyah dan Madrasah Tsanawiyah, PAUD, dan TK, yang semuanya diberi nama Al-Ikhlas.

Atas restu KH Anas Sirojuddin, pada tahun 2012, Pondok Pesantren Al-Ikhlas diubah nama dan sistemnya secara total oleh putra bungsunya, yaitu KH Imam Jazuli, yang menjadi generasi ketiga dari KH Sirojuddin. Nama pesantren pun diganti menjadi Pesantren Bina Insan Mulia (Pesantren Bima). Dengan berlangsungnya sistem pendidikan di bawah manajemen Pesantren Bina Insan Mulia, maka perubahan besar telah terjadi. Lembaga pendidikan yang dulunya ada di pesantren Al-Ikhlas seperti Madrasah Diniyah, TK, PAUD, dll diserahkan dan dipindahkan kepada pihak masyarakat sekitar.

Di tahun yang sama, pondok pesantren ini mendirikan SMK Broadcast Pertelevisian, sekaligus SMK berbasis pesantren pertama di Indonesia. Setahun berikutnya, didirikan SMP Islam Terpadu, yang kemudian disusul pembukaan jurusan Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Multimedia di SMK Bima. Lalu, di tahun 2016, Pesantren Bina Insan Mulia membuka MA Unggulan Bima.

Para santri Pesantren Bina Insan Mulia/Pesantren Bima (facebook: @galerifotobima)
Para santri Pesantren Bina Insan Mulia/Pesantren Bima (facebook: @galerifotobima)

Jenjang Pendidikan di Pondok Pesantren Bima

Seperti dituturkan sebelumnya, pondok pesantren ini menyelenggarakan jenjang pendidikan SMP, SMK, dan juga MA. Untuk SMP Islam Terpadu, menerapkan sistem full day school ala pesantren yang mengombinasikan kurikulum sekolah dan pesantren. Selain itu, SMP Islam Terpadu Bima juga menekankan pendidikan akhlak dan akhlak moral agar lulusan menjadi santri atau siswa yang kreatif, mandiri, komunikatif, dan berprestasi, tetapi tetap taat kepada Allah, berbuat baik kepada orang tua, hormat kepada guru, dan punya sopan santun yang tinggi.

Sementara itu, SMK Bina Insan Mulia menerapkan metode pembelajaran modern yang dilengkapi dengan aplikasi sistem ICT (Information, Communication, Technology). Tujuannya agar pembelajaran berlangsung efektif, efisien, dan memudahkan para santri dalam menyerap materi yang diajarkan oleh para guru atau pendidik. 

Untuk menambah nilai plus (competitive advantage) bagi seluruh santri yang telah mengenyam pendidikan di SMK Bina Insan Mulia, mereka telah dilatih sejak dini untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa harian (English Full Day). Saat ini, SMK Bina Insan Mulia memiliki tiga kompetensi keahlian, yaitu Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Keperawatan.

Nah, untuk MA Unggulan Bina Insan Mulia, hanya menerima 40 santri terbaik yang memiliki ranking satu sampai lima di tingkat SMP secara kontinyu. Siswa-siswa di sekolah ini kemudian di-cluster sesuai dengan minat, bakat, dan kecenderungan keahlian mereka. Metode pembelajaran sendiri mengadopsi sistem sekolah di Finlandia, yaitu siswa diberi kebebasan memilih program sesuai dengan yang mereka inginkan.

Untuk biaya studi di pondok pesantren ini, pihak Pondok Pesantren Bima sayangnya tidak menuliskan informasi secara rinci di website resmi maupun akun media sosial mereka. Demikian pula ketika dihubungi lewat nomor kontak, mereka hanya menyampaikan bahwa saat ini pendaftaran untuk tahun ajaran 2023/2024 telah ditutup. Pihak pesantren hanya menyarankan orang tua atau calon santri datang langsung ke lokasi pondok. Namun, sebagai gambaran, berikut kami sajikan informasi biaya studi di tempat ini pada tahun ajaran sebelumnya.

Pondok Pesantren Bima (Bina Insan Mulia) Cirebon - (@HabiL Jabbal Firdausy Jabbal Firdausyi)
Pondok Pesantren Bima (Bina Insan Mulia) Cirebon – (@HabiL Jabbal Firdausy Jabbal Firdausyi)

Biaya Pesantren Bima Cirebon

Komponen Studi Biaya SMP Biaya /MA
Daftar Ulang Rp1.000.000 Rp500.000
Uang Makan Agustus Rp380.000 Rp380.000
Uang Laundry Agustus Rp70.000 Rp70.000
Uang Istighosah Bulanan Rp10.000 Rp10.000
Total Rp1.460.000 Rp960.000

Perlu diingat, biaya tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pesantren. Apabila Anda tertarik mendaftarkan putra/putri ke Pesantren Bima, tak ada salahnya menyiapkan sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi saat .

Syarat Pendaftaran Pesantren Bima Cirebon

  • Mengisi formulir pendaftaran yang bisa di-download di situs resminya.
  • Mengikuti dan lulus tes seleksi ujian masuk (baca Al Quran, praktik ibadah sehari-hari, dan pengetahuan umum).
  • Mengikuti dan lulus tes psikologi, tes minat dan bakat, serta tes motivasi.
  • Menyerahkan dokumen-dokumen pendukung seperti fotokopi rapor terakhir, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi nilai UN terakhir, fotokopi KTP orang tua, fotokopi KK, dan pasfoto berwarna terbaru.
  • Membayar biaya pendaftaran.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Bima Cirebon 2023/2024

Dilansir dari akun Facebook resminya, pendaftaran santri baru untuk jenjang SMP IT, SMK, dan Madrasah Aliyah Unggulan tahun ajaran 2023/2024 gelombang dua sudah ditutup dengan tes seleksi yang dilaksanakan pada 26 Februari 2023 lalu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi nomor ponsel 0817-7077-6888 atau 0821-2080-9008, atau bisa datang langsung ke lokasi pondok.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *