Update Biaya ONH Plus (Quad, Triple, Double)

No comment28822 views

Menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah merupakan impian bagi setiap umat Muslim di dunia. Pasalnya, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap umat Muslim yang mampu secara lahir maupun batin. Meski demikian, untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut, membutuhkan yang memang tidak sedikit, terlebih jika Anda menggunakan layanan ONH Plus.

Jemaah haji di dekat Kabah, Masjidil Haram (sumber: thenational.ea)

Jemaah haji di dekat Kabah, Masjidil Haram (sumber: thenational.ea)

Ditinjau dari berbagai perspektif, ibadah haji memiliki nilai yang tinggi dan menempati kedudukan istimewa dalam sistem ajaran Islam. Dari perspektif religi, haji adalah rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim yang telah mampu dan memenuhi syarat. Sementara, dari perspektif sosiologis, haji mempertemukan umat Islam dari seluruh penjuru dunia dalam satu event akbar tahunan, yang juga kerap dianggap dapat meningkatkan status sosial seseorang.[1]

Untuk sebagian masyarakat Muslim Indonesia, ibadah haji juga sering dianggap sebagai ritus kehidupan. Melalui etos sosial dan perilaku keagamaan, ibadah haji kerap diidentifikasikan sebagai upacara transisi yang mengakhiri kurun waktu kehidupan tertentu menuju kurun waktu yang baru.[2] Bagi anak muda misalnya, haji menjadi penutup ideal setelah pendidikan di pesantren, sedangkan bagi usia lanjut, ibadah ini dianggap sebagai akhir hidup untuk mengabdikan diri pada kehidupan agama.

Baca juga  Update Tarif atau Biaya Kirim Cargo ELTEHA Terkini

Perbedaan ONH dan ONH Plus

Di Indonesia sendiri, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjadi calon jamaah haji, yaitu secara reguler (biasa disebut ONH Reguler) dan plus (biasa disebut ONH Plus). Jika ONH Reguler diselenggarakan oleh pemerintah, maka ONH Plus diselenggarakan oleh pihak swasta (biasanya biro haji atau travel) dengan pengawasan ketat dari pemerintah.

Selain pihak penyelenggara, perbedaan lain antara ONH Reguler dengan ONH Plus adalah mengenai cara setoran pendaftaran, jumlah pembayaran (biaya yang disetorkan), hingga fasilitas yang diperoleh selama di Tanah Suci. Dibandingkan ONH Reguler, prosedur pendaftaran ONH Plus memang lebih simpel karena biasanya telah diurus oleh agen perjalanan atau travel yang menyelenggarakan ONH Plus ini.

Mengenai masalah biaya, baik ONH maupun ONH Plus sebenarnya berpatokan pada Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Besaran BPIH ini bervariasi setiap tahunnya sesuai dengan fluktuasi nilai tukar valuta asing dan kondisi perekonomian. Secara umum, ada tiga komponen yang memengaruhi besaran BPIH, yakni biaya penerbangan, biaya operasional selama di Arab Saudi, dan biaya operasional di dalam negeri (termasuk biaya operasional embarkasi).[3]

Baca juga  Info Terkini Biaya Ganti Warna Motor di STNK

Lalu, berapa biaya yang diperlukan jika ingin naik haji dengan ONH Plus. Tahun lalu, biaya untuk mendaftar ONH Plus berkisar USD 10.000 hingga USD 30.000, tergantung kebijakan masing-masing agen travel serta fasilitas hotel dan jumlah rekan sekamar yang dipilih (double, triple, atau quad). Nah, berikut kami sampaikan informasi kisaran biaya ONH Plus di beberapa agen perjalanan haji.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia (sumber: pedomanbengkulu.com)

Keberangkatan jemaah haji Indonesia (sumber: pedomanbengkulu.com)

Biaya ONH Plus

Nama PenyelenggaraPaket Haji PlusBiaya
Alhijaz IndowisataHaji Plus DoubleUSD 10.000
Haji Plus TripleUSD 9.500
Haji Plus QuadUSD 9.000
Khazzanah Tours & TravelHaji Plus DoubleUSD 19.650
Haji Plus TripleUSD 18.900
Haji Plus QuadUSD 17.900
ESQ Tours & TravelPaket Deluxe (Quad)USD 20.000 – USD 25.000
Paket A (Quad)USD 12.000 – USD 13.000
Paket B (Quad)USD 9.500 – USD 10.500
Arminareka Sekamar berempatUSD 10.250
Sekamar bertigaUSD 10.750
Sekamar berduaUSD 11.250
Annur MaarifHaji PlusUSD 9.000 (DP USD 5.000)
Haji FurodaUSD 17.500 (DP USD 3.000)
HaramainKUDoubleUSD 13.500
TripleUSD 12.500
QuadUSD 11.500
Baca juga  Update Harga Cetak Spanduk per Meter (Semua Bahan)

Biaya paket haji melalui ONH Plus di atas kami rangkum dari situs resmi masing-masing penyedia layanan ONH Plus. Ketika artikel ini diterbitkan, kurs 1 USD setara dengan Rp14.500. Perlu diingat bahwa biaya tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020 lalu, biaya haji melalui ONH Plus berkisar USD 11.000 hingga USD 19.000, tergantung kebijakan penyelenggara serta paket yang dipilih calon jamaah.

[1] Budiman, Mochammad Arif dan Dimas Bagus Wiranata Kusuma. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia. Jurnal Islam, Vol. 14(1): 1-15.

[2] Zainuddin, M. 2013. Haji dan Status Sosial: Studi tentang Simbol Agama di Kalangan Masyarakat Muslim. el Harakah, Vol. 15(2): 169-184.

[3] KPPU. 2008. Laporan Akhir Evaluasi Kebijakan Pemerintah terkait dengan Persaingan Usaha dalam Rancangan Perubahan Undang-Undang No. 17/1999 tentang Penyelenggaraan Haji. Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya ONH Plus (Quad, Triple, Double)"